Sukses

Doa Saat Dihidangkan Makanan oleh Seseorang

Berikut doa saat dihidangkan makanan oleh seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Membaca doa dalam kondisi apapun sangat dianjurkan dalam Islam, termasuk ketika dihidangkan makanan oleh seseorang. Ini berlaku terutama bila Anda adalah tamu.

Membacakan doa atas hidangan makanan tuan rumah adalah sebagai bentuk rasa syukur serta terima kasih untuk orang tersebut. Berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Busr, dia bercerita:

"Rasulullah SAW pernah singgah di rumah bapakku, maka kami suguhkan kepada beliau makanan dan adonan kurma gandum. Beliau pun memakannya. Kemudian disuguhkan kurma kering, beliau pun memakannya dan membuang biji dengan dua jari, telunjuk dan tengah.

Kemudian disuguhkan minuman dan beliau meminumnya. Setelah itu, beliau letakkan ke samping kanannya. (Setelah hendak pergi), ayahku memohon kepada beliau sambil memegang kekang tunggangan beliau, ‘Berdoalah kepada Allah untuk kami. Kemudian Rasulullah SAW berdoa, ‘Allahumma barik lahum fima rozaqtahum waghfirlahum warhamhum.’"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat dihidangkan makanan

Berdasarkan riwayat di atas, begini bacaan doa untuk orang yang menghidangkan makanan:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيمَا رَزَقْتَهُمْ، واغْفِرْ لَهُمْ، وارْحَمْهُمْ

Allahumma barik lahum fima rozaqtahum waghfirlahum warhamhum

Artinya: “ Ya Allah, berilah keberkahan atas apa yang engkau rezekikan pada mereka, ampunilah dan kasihanilah mereka.”

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Imsakiyah 1444 H Ramadhan 2023 untuk DKI Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini