Sukses

Catat, Pemudik Sepeda Motor Tak Boleh Mudik Lewat Pelabuhan Merak

Pemudik sepeda motor resmi dilarang mudik melewati Pelabuhan Merak. Pemudik sepeda motor yang akan menyeberang ke Sumatera akan dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo.

Liputan6.com, Jakarta Pemudik sepeda motor resmi dilarang mudik melewati Pelabuhan Merak. Pemudik sepeda motor yang akan menyeberang ke Sumatera akan dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo.

Keputusan resmi itu di umumkan PT ASDP Indonesia Ferry, melalui akun resmi instagramnya di @asdp191. Antisipasi peak season angkutan lebaran 2023 di lintasan penyerahan Merak Bakauheni, pelayanan kendaraan roda dua dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan tertanggal 15-21 April 2023 dengan rute Ciwandan-Bakauheni, serta 19-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang.

Kemudian pelayanan truk golongan V-B, sejak 15-17 April 2023, dilayani melalui Pelabuhan Merak Bakauheni. Sedangkan tanggal 18-21 April 2023, melalui Pelabuhan Ciwandan.

Selanjutnya truk golongan VII sampai IX, dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), sejak 15-21 April 2023.

Penetapan rute berdasarkan surat Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) nomor A.P201/1/15/DRJD/2023, perihal antisipasi peak season periode angkutan lebaran tahun 2023, di lintasan penyebrangan Merak-Bakauheni.

Penetapan Rute PenyeberanganPenetapan rute penyeberangan secara resmi juga di umumkan Polda Banten melalui akun Instagram di @humaspoldabanten. Dalam unggahannya menerangkan bahwa pemudik sepeda motor sejak H-7 sampai H-1 dilayani melalui Pelabuhan Ciwandan menuju Bakauheni. Kemudian H-3 hingga H-1 melewati Ciwandan menuju Panjang.

Selanjutnya untuk truk golongan V-B, sejak H-4 hingga H-1 melalui Ciwandan. Kemudian truk golongan VI-B, sejak H-7 hingga H-1 wajib melalui Pelabuhan Pelindo.

Antisipasi penumpukan pemudik juga akan dilakukan Polda Banten, yakni Jalan Lingkar Selatan (JLS) Kota Cilegon, menjadi jalur alternatif pemudik menuju Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Polda Banten akan menerapkan delaying system untuk menahan laju kendaraan agar tidak terlalu cepat dan menumpuk di sekitar Pelabuhan Merak. Lokasinya berada di rest area KM43, KM68 serta di buffer zone KM97. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awas Macet, H-7 Idul Fitri Jadi Puncak Mudik di Tol Tangerang-Merak

Sebelumnya, Puncak mudik Lebaran 2023 di tol Tangerang Merak diprediksi terjadi pada H-7 Idul Fitri 1444 H, atau terjadi pada Minggu, 16 April 2023. Diprediksi akan ada 184.984 kendaraan yang melintas saat arus puncak mudik tersebut.

Kemudian trafik selama arus mudik dan balik Lebaran 1444H, diprediksi meningkat sebesar 6,68 persen dibandingkan periode sebelumnya di 2022, dari 156.162 unit menjadi 166.588 unit untuk rata-rata hariannya.

"Puncak arus mudik di Tol Tangerang-Merak diprediksi terjadi pada Minggu, 16 April 2023, dengan lalu lintas mencapai 184.984 kendaraan," ujar Presiden Direktur Astra Tol Tangerang-Merak, Kris Ade Sudiyono, Selasa (04/04/2023).

Penambahan ruas tol Tangerang-Merak juga sudah dilakukan, tepatnya di segmen Cikande-Serang Timur, dari dua lajur menjadi tiga lajur, yang ditargetkan pada H-10 Idup Fitri 1444H sudah dapat difungsikan.

Daya tampung kendaraan di rest area KM 43 arah Merak, serta KM 35, tepatnya di gerbang tol Balaraja yang sudah tak terpakai, di alih fungsikan menjadi lahan parkir kendaraan pemudik.

Kemudian seluruh kantor Tol-Tangerang Merak juga bisa dijadikan rest area bagi pemudik, untuk beristirahat, ke toilet atau mencarger handphone nya.

"Kami mengoptimalkan area parkir maupun toilet di seluruh kantor gerbang, untuk dapat digunakan oleh pengguna jalan yang masih menunggu waktu untuk menyeberang ke pelabuhan dari Merak menuju Sumatera," terangnya.

Pelabuhan Merak di khususkan melayani kendaraan roda empat saja, sedangkan truk akan di sebrangkan melewati Pelabuhan Pelindo di Ciwandan.

 

3 dari 3 halaman

Antrean Gerbang Tol Merak

Jika terjadi antrean lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Merak atau pelabuhan Merak, maka kendaraan di keluarkan dari gerbang tol sebelumnya, yakni Cilegon Barat, Cilegon Timur, dan seterusnya. Kemudian dilakukan opsi melakukan pengaturan bukaan lajur transaksi di GT Cikupa.

"Kendaraan barang (truk) yang menyeberang ke Pulau Sumatera keluar di GT Cilegon Timur melalui Pelabuhan Pelindo Ciwandan yang dimulai dari H-7. Sedangkan kendaraan penumpang keluar di GT Merak untuk selanjutnya menyeberang melalui Pelabuan Merak," ucap Kepala Divisi Teknik dan Operasional, Samsul Chair, Selasa (04/04/2023).

Pemudik hanya bisa berada di dalam rest area selama 30 menit dan harus keluar untuk bergantian dengan yang lainnya. Ratusan toilet telah disiapkan diseluruh rest area Tol Tangerang Merak.

"Maksimal durasi istirahat selama periode arus mudik dan balik bagi pengguna jalan adalah 30 menit," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini