Sukses

Kiat Agar Waktu Menjadi Berkah di Bulan Ramadhan

Macam-macam ibadah yang bisa dilaksanakan selama Ramadhan antara lain Shalat Tarawih, Tadarus Al-Quran, infak dan sedekah

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan Allah SWT. Pada bulan ramadan, semua umat muslim melaksanakan ibadah puasa dan berlomba mengerjakan kebaikan.

Selain melaksanakan ibadah puasa, umat muslim berlomba mengerjakan ibadah sunah lainnya. Karena pada bulan ramadan ini Allah telah melipatgandakan pahala bagi hamba-Nya yang senantiasa berdoa.

Berikut dalil tentang perintah melaksanakan ibadah puasa,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ.

Yang artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (puasa) agar kamu bertakwa.” (Surah Al-Baqarah : 183)

وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah :185)

Macam-macam ibadah yang bisa dilaksanakan selama Ramadhan antara lain Shalat Tarawih, Tadarus Al-Quran, infak dan sedekah. Namun karena kesibukan pekerjaan terkadang beberapa orang tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakannya.

Tentunya, banyak yang tidak ingin menyia-nyiakan moment Ramadhan ini sekalipun tengah disibukkan denganaktifitas yang padat.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaatkan Waktu

Untuk memanfaatkan moment Ramadhan yang hanya dijalani setahun sekali, kamu perlu mengetahui cara memanfaatkan waktumu agar mendapat berkah.

Mengutip dari ceramah Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri melalui chanel Youtube pribadinya, beliau menjelaskan cara agar waktu yang kita lalui saat Ramadhan dapat menjadi berkah.

Menurutnya, meski sedang dalam kesibukan pekerjaan sekalipun, kita tetap harus menyempatkan membaca Al-Quran jika ingin mendapatkan berkah.

"Kalau kita sibuk, sedang banyak kegiatan, tetap bisa dapat keutamaan ramadhan dengan baca Al quran, jika ingin berkah, jangan tinggalkan alquran, Maka setiap kita punya interaksi dengan al-quran, waktumu akan semakin berkah, " Ujarnya

Dalam Al-Qur'an surah Al-An'am : 155, dijelaskan bahwa Al-Qur'an merupakan kitab yang diberkahi,

وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ فَٱتَّبِعُوهُ وَٱتَّقُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat (QS. Al-An'am : 155)

Lebih lanjut, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri menambahkan bahwa Al-Qur'an merupakan solusi dari apa yang kita cari.

"Sesungguhnya Allah memudahkan apa yang kamu cari sesuai dengan kadar ayat yang kamu baca" Pungkasnya

Nah, itu dia cara memanfaatkan waktu agar menjadi berkah di bulan Ramadhan

Penulis: Fatiyah Nurjanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.