Sukses

Keutamaan Puasa, Tarawih dan Doa di Hari ke-14 Ramadhan

Pada bulan ini, umat muslim diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa selam satu bulan penuh.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang amat dinanti oleh seluruh umat muslim dunia termasuk Indonesia. 

Pada bulan ini, umat muslim diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa selam satu bulan penuh.  

Ibadah puasa Ramadhan sendiri termasuk kedalam rukun Islam yang ke-3. Perintah menjalankan ibadah puasa ramadhan tertera pada Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW. 

Seperti yang tertera pada salah satu ayat dalam Al-Qur'an berikut ini

Surah Al-Baqarah : 183

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ.

Yang artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (Berpuasa) agar kamu bertakwa.” 

Surah Al-Baqarah : 185 

 وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah :185)

Berikut dalil tentang puasa Ramadhan yang tertera pada Hadits Nabi SAW, 

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari,” (HR Bukhari).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Tarawih

Pada bulan Ramadhan, Allah menjanjikan ampunan yang luas dan ganjaran yang setimpal bagi hamba-Nya yang senantiasa beribadah. Dan, setiap hari di Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan.

Limpahan pahala dan rahmat dari yang maha kuasa itulah yang menjadi keistimewaan tersendiri pada Bulan Ramadhan.Tak terasa, Bulan Ramadhan 1444 H telah sampai di hari ke-14, dimana pada hari ini terdapat keutamaan tersendiri. 

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. Termasuk pada hari ke-14. Berikut keutamaan berpuasa dan tarawih pada hari ke-14 Ramadhan. 

Menurut kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, Keutamaan berpuasa seperti berjumpa dan beribadah dengan para Nabi selama 100 tahun. 

Keutamaan Tarawih pada Hari ke-14 

Keutamaan melaksanakan shalat Tarawih pada hari ke-14 adalah Para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah membebaskannya dari Hisab pada hari kiamat.

3 dari 3 halaman

Doa Hari ke 14

Selain keutamaan berpuasa dan shalat tarawih, terdapat juga Doa yang dapat dipanjatkan oada hari ke-14 bulan Ramadhan, berikut doanya

اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ فِيْهِ بِالْعَثَرَاتِ وَ أَقِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَ الْهَفَوَاتِ وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ فِيْهِ غَرَضًا لِلْبَلايَا وَ الْآفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِيْنَ

"Ya Allah, jangan Kau siksa aku di bulan ini karena kesalahan-kesalahanku, selamatkanlah aku di bulan ini dari segala kesalahan, dan jangan Kau jadikan aku di bulan ini tempat persinggahan malapetaka dan bala. Dengan kemuliaan-Mu wahai Kemuliaan muslimin"

Penulis: Fatiyah Nurjanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.