Sukses

Ibadah Puasa di Ramadhan 2023, Lalu Muhammad Zohri Terapkan Siasat agar Latihan Tetap Maksimal

Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri tengah mempersiapkan diri untuk SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei. Agar tetap maksimal berlatih sembari menjalani ibadah puasa Ramadhan, dia memiliki siasat.

Liputan6.com, Jakarta - Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri tengah mempersiapkan diri untuk SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei. Agar tetap maksimal berlatih sembari menjalani ibadah puasa Ramadhan, dia memiliki siasat.

Sosok asal Lombok Utara ini menyantap makanan bergizi tinggi saat sahur. Dengan begitu, dia tetap bisa mengasah kemampuan meski lebih letih.

"Saat sahur saya lebih banyak makan daging dan karbohidrat agar tubuh lebih kuat. Memang perbedaan lari saat berpuasa, tubuh lebih capek karena selama berjam-jam tidak makan dan minum," kata Zohri.

Menurut Zohri, latihan di lapangan bukan menjadi halangan untuk menjalankan kewajiban puasa yang menjadi salah satu dari lima rukun Islam. Dia pun bertekad untuk bisa menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

"Bersyukur masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Tidak ada kendala berarti karena jadwal latihan juga ada penyesuaian selama Ramadan," ujar Zohri.

Jika biasanya latihan dilakukan pagi dan sore di lapangan, Zohri dan kawan-kawan melakukan sejumlah penyesuaian.

"Saat ini latihan tetap dilakukan pagi dan sore. Tapi paginya kami berlatih di hotel atau di kolam. Sorenya baru kami berlatih di lapangan," jelas Zohri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Tidak Diganggu Cedera

Zohri membidik prestasi maksimal pada pesta olahraga terbesar Asia Tenggara edisi ke-32 di Kamboja. Dia mengaku tak ada kendala berarti selama berlatih pada kesempatan kali ini.

Kondisi tersebut berbeda dengan tahun lalu ketika hendak mengikut SEA Games 2021 di Vietnam. Zohri mengalami cedera hamstring jelang kompetisi sehingga gagal merebut medali.

Pada nomor 100 meter andalannya, Zohri hanya finis keenam dengan catatan waktu 10,59 detik. Zohri berharap dapat memperbaiki pencapaian di Kamboja.

"Saat ini tidak ada kendala. Semoga hingga SEA Games Kamboja dan seterusnya tidak ada masalah apa pun. Harapannya bisa tampil maksimal di Kamboja nanti," ujar Zohri.

Dia diproyeksikan turun pada dua nomor yakni 100 meter putra dan estafet 4x100 meter putra. "Mungkin bisa juga turun di nomor 200 meter," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.