Sukses

Punya Calon Pasangan Baik tapi Tidak Shalat? Habib Husein Ja'far: Allah Aja Dikhianati Apalagi Kamu

Habib Husein Ja'far jelaskan beberapa pertimbangan memilih pasangan menurut Islam.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah kesempatan, Habib Husein Ja'far melakukan sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah, bagaimana jika memiliki calon pasangan yang baik tapi tidak pernah menunaikan shalat?

"Baik dari Hong Kong? Enggak pernah salat, baik" celetuk pemilik nama lengkap Husein Ja'far Al Hadar dikutip dari video yang diunggah akun TikTok sendifernanda, Selasa (4/4/2023).

Ulama berusia 34 tahun ini menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih jodoh. Salah satunya merujuk pada hadis Nabi Muhammad SAW.

"Kata Nabi yang pertama dan utama dalam mencari jodoh guidance-nya adalah agamanya dia, dia memegang agama apa enggak. Itu yang pertama dan utama. Kalau agamanya dia pegang, baru (poin) yang kedua, ketiga, dan keempat," ujarnya.

"Kata Nabi, Jamaluha, ketampanan dan kecantikannya. Maluha kekayaannya. Boleh mencari yang kaya? boleh kata Nabi asalkan yang baik agamanya," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah Calon Pasangan Memiliki Penyakit Keturunan Tertentu?

Yang terakhir adalah genetiknya. Dalam mencari jodoh, seseorang juga perlu tahu tentang genetika calon pasangannya, apakah memiliki penyakit keturunan tertentu.

"Misalnya 'Wah, saya punya penyakit keturunan, dia juga punya penyakit itu. Repot nih kayaknya rumah tangganya, jangan deh' misalnya," papar Habib Ja'far.

Kata Nabi Muhammad Saw, seseorang juga boleh mencari pasangan yang sesuku.

3 dari 4 halaman

Dipertemukan dengan Jodoh untuk Mengingat Allah

Habib Husein Ja'far lantas mengutip surat Az Zuriat ayat 49. Dalam surat ini jelas diterangkan bahwa seseorang harus mencari jodoh yang baik agamanya.

"Allah katakan, 'Kamu itu dipertemukan dengan jodohmu untuk kamu mengingat Allah, mengingat kebesarannya Allah'. Jadi kalau jodohmu orang yang enggak shalat, sedangkan perjodohan itu fungsinya untuk mengingat Allah, ya enggak nyambunglah," tegas sang Habib.

4 dari 4 halaman

Menghianati Allah

Menurut Habib Husein Ja'far, semakin pasangan itu berjodoh, maka mereka akan semakin mengingat Allah. Jadi, bagaimana mungkin seseorang dapat mengingat Allah jika shalat tidak ditunaikan?

"Makanya jodohnya harus orang yang shalat. Dan yang ketiga, Allah aja dihianati sama dia, apalagi kamu?" tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.