Sukses

Makanan, Gadget, dan Pakaian Jadi Produk Paling Diburu Orang Indonesia pada Ramadhan 2023

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan kali ini diprediksi akan mengalami lonjakan euforia, dibandingkan momen bulan suci tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini pertama kalinya tidak ada pembatasan pandemi Covid-19.

Ramadan sendiri kerap dikaitkan dengan momen spesial, mulai dari kegiatan berkumpul bersama keluarga dan kerabat, berbelanja baju baru, hingga bertukar hampers dengan kolega kantor.

Data Navigating Ramadan with Digital 2023 Playbook oleh Google, menyebutkan konsumen digital di Indonesia disebut semakin gencar berburu produk incaran pada kategori makanan, gadget, dan pakaian.

Selain itu, kendaraan bermotor dan perlengkapan rumah tangga juga merupakan produk yang banyak dicari di periode menjelang Ramadhan.

Berangkat dari tren tersebut, Blibli meluncurkan kampanye Ga Sabar (Gas Ambil Rejeki Ramadan) selama periode 4-14 April 2023 dengan menghadirkan beragam promo menarik.

Antara lain mulai dari diskon 90% untuk semua pembelian, voucher combo hingga Rp 2,5 juta sampai peluang gratis ongkir berkali-kali tanpa minimal transaksi belanja.

"Melalui kampanye “Ga Sabar” Ramadan di Blibli, kami ingin wujudkan antusias pelanggan dalam membeli berbagai kebutuhan selama Ramadan, mulai dari kebutuhan harian sampai perlengkapan ibadah," kata SVP of Campaign Blibli, Cindy Kalensang, melalui keterangannya, Jumat (24/3/2023).

Data internal Blibli juga menemukan di momen Ramadan pada 2022, terdapat peningkatan jumlah transaksi sebanyak dua kali lipat dibandingkan hari biasa (year on year).

Dari segi perilaku belanja, Blibli mencatat pelanggan biasanya mulai mencari dan membeli kebutuhan Ramadan sejak dua minggu sebelum bulan puasa.

“Karena itu, kami optimis dan berkomitmen untuk memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam berbelanja sebelum maupun pada saat berpuasa melalui fitur-fitur inovatif kami seperti layanan 2 Jam Sampai, Click & Collect, dan Blibli Instore,” Cindy memungkaskan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Bikin Ucapan Ramadhan yang Menarik Pakai AI ChatGPT

Bulan Ramadhan telah hadir di Tanah Air. Biasanya, dalam memulai bulan suci, memberikan ucapan Ramadhan untuk menyambut bulan puasa, banyak dilakukan masyarakat di Indonesia.

Ucapan selamat menjalani ibadah puasa atau selamat Ramadan juga sering dibagikan melalui media sosial, atau secara personal maupun dalam grup, lewat aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram.

Buat yang tidak punya ide untuk membuat ucapan seperti apa, saat ini, platform ChatGPT buatan OpenAI yang sedang tren belakangan, mungkin bisa jadi tempat untuk mencari referensi ucapan selamat Ramadhan.

Buat yang masih belum tahu bagaimana cara membuat ucapan Ramadan memakai ChatGPT secara gratis, berikut ini langkah-langkahnya. Kamu tidak perlu memasang aplikasi apa pun di PC, atau di ponsel dari Google Play atau App Store.

Cara Daftar ChatGPT

  1. Buka situs https://chat.openai.com di PC/laptop atau smartphone.
  2. Setelah itu, kamu akan diminta untuk login sebelum menggunakan ChatGPT.
  3. Bila belum punya login, kamu dapat mendaftarkan diri menggunakan email atau langsung pakai akun Google atau Microsoft.
  4. Setelah registrasi, buka link di poin (1) menggunakan akun OpenAI yang sudah dibuat.
  5. Kamu akan dibawa ke laman dashboard dan bisa langsung chatting dengan ChatGPT menggunakan boks chat AI di bawah laman.

Cara Bikin Ucapan Ramadhan Pakai ChatGPT

  1. Kamu dapat memulainya dengan mengetik di kotak chat mengenai "ucapan selamat Ramadhan" atau kata kunci yang terkait, sesuaikan dengan keinginanmu misalnya "ucapan selamat Ramadhan unik" atau "ucapan selamat Ramadhan lucu."
  2. Nantinya, ChatGPT akan memberikan balasan atau jawaban atas pertanyaan atau topik yang kamu berikan.
  3. Kamu bisa terus berinteraksi dengan ChatGPT dengan mengetik pertanyaan atau topik lainnya yang ingin dibahas.
  4. Jika kamu ingin mengakhiri sesi chatting dengan ChatGPT, cukup tutup halaman chat atau tutup aplikasi yang kamu gunakan untuk chatting.

Tentu saja, setelah mendapatkan referensi yang diinginkan, kamu bisa mengeditnya untuk melakukan penyesuaian agar lebih pas dan sesuai dengan yang diinginkan.

Tak cuma itu, kamu juga bisa meminta saran lain dari ChatGPT, misalnya "ucapan selamat berpuasa" atau rekomendasi game maupun aktivitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit. Selamat mencoba.

3 dari 5 halaman

Apa Itu ChatGPT?

Buat yang belum tahu apa itu ChatGPT, ini adalah platform kecerdasan buatan berkemampuan menjawab pertanyaan lebih baik, jika dibandingkan mesin penelusuran lain.

Layaknya berbicara dengan seseorang di dunia nyata, ChatGPT mampu berinteraksi secara alami dalam percakapan. Bot ini juga mampu menolak permintaan jawaban yang tidak pantas.

"Format dialog memungkinkan ChatGPT menjawab pertanyaan tindak lanjut, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan tidak pantas," tulis OpenAI dalam unggahan saat ChatGPT rilis.

ChatGPT memang bisa dipakai secara gratis, tetapi OpenAI juga sudah meluncurkan versi berbayar yang bernama ChatGPT Plus.

Keunggulan dari ChatGPT Plus di antaranya, waktu respon yang lebih cepat, fitur-fitur yang lebih lengkap, hingga dukungan teknis yang lebih baik. 

4 dari 5 halaman

Batasan ChatGPT

Salah satu kemampuan ChatGPT yang menarik adalah bisa mengenali pertanyaan yang dibuat-buat dengan lebih baik. Sebagai contoh, kecerdasan buatan ini dapat menjawab pertanyaan mengada-ada seperti kapan Columbus tiba di Amerika pada 2015.

Meski memiliki kemampuan yang menjanjikan, bot ini tetap mempunyai batasan. Mengingat pelatihan data kecerdasan buatan ini kebanyakan mengambil informasi hingga 2021, informasi yang ditampilkan kadang tidak terlalu aktual.

Kendati demikian, ChatGPT saat ini belum bisa menjelajah internet atau mengakses informasi eksternal. Karenanya, sistem ini baru memberikan jawaban atau saran untuk pertanyaan yang lebih bersifat lokal, seperti rekomendasi restoran di kota tertentu.

5 dari 5 halaman

Infografis Kebiasaan Saat Puasa Ramadan di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.