Sukses

6 Doa Keluar Rumah agar Terhindar dari Hal-Hal yang Tidak Diinginkan

Dengan membaca doa keluar rumah, diharapkan selama perjalanan kita senantiasa berada dalam perlindungan dari Allah SWT dari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di luar rumah, apalagi jika kita melakukan perjalanan yang jauh. Oleh karena itulah penting bagi kita sebagai orang yang beriman untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dengan membaca doa keluar rumah.

Dengan membaca doa keluar rumah, diharapkan selama perjalanan kita senantiasa berada dalam perlindungan dari Allah SWT dari berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan. Dengan begitu, mulai dari keluar rumah hingga kembali keluar rumah kita bisa selamat lahir dan batin.

Sangat penting untuk membaca doa keluar rumah ketika hendak melakukan perjalanan ke mana pun. Sebab ada banyak kemungkinan seperti tersesat, kendaraan rusak, ancaman tindak kejahatan, dan sebagainya.

Setidaknya ada sejumlah bacaan doa keluar rumah yang bisa kita baca agar perjalanan kita dilancarkan dan senantiasa dalam berilindungan Allah SWT. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (20/3/2023), berikut bacaan doa keluar rumah sesuai yang diajarakan Nabi Muhammad SAW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Keluar Rumah Secara Umum

Bacaan doa keluar rumah yang pertama adalah bacaan doa yang paling umum. Dalam doa ini tidak disebutkan secara spesifik apa yang kita harapkan selama meninggalkan rumah. Adapun bacaan doa keluar rumah yang singkat ini adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Meski bacaan doa tersebut relatif singkat jika dibandingkan dengan doa keluar rumah lainnya, namun bacaan itu sudah cukup bagi seseorang untuk mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa: 'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah', maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan syetan pun akan menjauh darinya.” (HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud).

Doa agar Perjalanan Jauh Dilancarkan

Ada berbagai macam kepentingan dan tujuan ketika seseorang keluar rumah. Bahkan beberapa di antaranya merupakan perjalanan jauh. Semakin jauh perjalanannya, maka semakin banyak kemungkinan aral yang merintang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa keluar rumah. Dengan membaca doa keluar berikut ini, insya Allah, perjalanan kan dilancarkan.

اللهمَّ الطفْ بي في تيسيرِ كلِّ عسيرٍ فإن تيسيرَ كلِّ عسيرٍ عليك يسيرُ وأسألُك اليسرَ والمعافاةَ في الدنيا والآخرةِ

Allahummalthuf bi fi taisiri kulli 'asir fa inna taisira kulli 'asirin 'alaika yasir, wa as alukal yusra wal mu'afata fid dunya wal akhirati.

Artinya: "Ya Allah, lunakkanlah kepadaku dalam memudahkan setiap sesuatu yang sulit karena memudahkan setiap sesuatu yang sulit bagi-Mu sangat mudah, dan aku memohon kepada-Mu kemudahan dan kesehatan di dunia dan akhirat."

3 dari 5 halaman

Doa agar Selamat ketika Berkendara

Ketika meninggalkan rumah, ada sebagian orang yang menempuh perjalanannya ke suatu tujuan dengan mengendarai kendaraannya sendiri. Seperti yang sudah kita tahu, ada banyak risiko yang mengancam ketika kita berkendara, baik itu dengan naik kendaraan roda empat maupun roda dua. Bisa jadi kita sudah berhati-hati dalam berkendara, risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan selama di jalan tetap saja ada.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca doa keluar rumah berikut ini, terutama jika kita berkendara. Adapun bacaan keluar rumah dan berkendara adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhanalladzi sakhkhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina wa inna ila rabbina lamunqalibun.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami-lah kami akan kembali."

Doa agar Perjalanan Jauh Terasa Lebih Dekat

Perjalanan jauh tentu saja melelahkan. Rasa lelah inilah yang kadang dapat meningkatkan risiko dalam perjalanan. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk memudahkan perjalanan jauh yang ditempuh dan terasa lebih dekat. Berikut adalah bacaan doa keluar rumah agar perjalanan jauh terasa lebih dekat:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waathwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

4 dari 5 halaman

Doa Istirahat di Tengah Perjalanan

Perjalanan jauh tentu saja sangat melelahkan, dan tak jarang diperlukan waktu istirahat sebelum sampai ke tujuan. Agar selama istirahat tidak terjadi hal yang diinginkan selama waktu istirahat yang bisa menjadi rintangan, penting untuk membaca doa keluar rumah berikut ini.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A'udzu bi kalimaatillahit taammaati min syarri maa khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya."

Doa agar Tidak Tersesat atau Dibegal

Ada banyak risiko yang bisa timbul selama perjalanan, bisa jadi tersesat atau bertemu orang jahat yang berniat merampas harta kita. Agar mendapat perlindungan dari Allah dari hal-hal sedemikian, hedaknya sebelum meninggalkan rumah untuk membaca doa keluar rumah berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a’uzubika an adhilla aw udholla aw azilla aw uzalla aw udzlima aw udzlama aw ajhal aw ujhala ‘alayya.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau aku dibodohi.”

5 dari 5 halaman

Adab Keluar Rumah

Selain membaca doa keluar rumah, hendaknya kita juga menjaga adab ketika hendak meninggalkan rumah. Adapu adab ketikan meninggalkan rumah antara lain adalah sebagai berikut:

1. Langkah Pertama Kaki Kiri

Adab pertama keluar rumah yang pertama adalah dengan menggunakan kaki kiri untuk langkah pertamanya. Dalam sebuah kitab yang bernama Riyadhus Shalihin, Imam An-Nawawi menjelaskan, "Didahulukan bagian kanan dalam perkara-perkara yang mulia maupun berhias dan didahulukan bagian kiri dalam perkara selainnya.”

2. Membaca Doa Keluar Rumah dengan Menghadap Langit

Adab keluar rumah berikutnya adalah membaca doa sembari menghadap langit. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Ummu Salamah ra, yakni salah satu istri Nabi Muhammad saw saat beliau keluar rumah selalu membaca doa keluar rumah sambil mengarahkan pandangannya ke langit.

3. Pamit dan Mengucap Salam

Adab keluar rumah berikutnya adalah pamit dan mengucap salam kepada orang-orang yang ada di rumah. Selain merupakan adab, mengucapkan salam juga memberitahukan bahwa kita akan meninggalkan rumah, sehingga orang-orang yang ada di rumah bisa mendoakan keselamatan kita juga.

4. Tutup Pintu dengan Perlahan

Ketika keluar rumah, tutup pintu dengan perlahan. Menutup pintu akan membuat perasaan kita menjadi lebih tenang, karena rumah akan menjadi lebih aman. Jangan lupa juga untuk menguncinya jika tidak ada orang yang tinggal di rumah.

5. Hindari Hal yang Tidak Halal

Selama di luar rumah upayakan untuk terus menghindari dari hal-hal yang tidak halal, maka insya Allah di situlah sahabat Dream juga akan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.