Sukses

Doa yang Diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam Ketika Keluar Rumah

Inilah doa ketika keluar rumah yang diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam.

Liputan6.com, Jakarta Doa menjadi senjata ampuh umat muslim. Tak sedikit doa yang telah diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam, untuk dipanjatkan sebelum atau sesudah menjalani aktivitasnya. Salah satunya keluar rumah.

Namun tak sedikit manusia yang lalai atau lupa membaca doa ketika keluar rumah. Padahal doa tersebut akan membuat pembacanya selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa ta'Ala.

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah. Artinya, "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Doa

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa ini.

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah', maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya,’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud 5095, Turmidzi 3426, dan dishahihkan al-Albani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.