Sukses

Lafal Doa untuk Saudara yang Tertimpa Musibah atau Bencana Lengkap dengan Artinya

Kumpulan doa untuk orang yang tertimpa musibah atau bencana

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupannya manusia akan selalu diuji, baik dengan perkara yang menyakitkan maupun perkara yang menyenangkan. Hal ini telah dijelaskan Allah dalam Al-Qur'anyang artinya:

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. al-Anbiya: 35).

Mengutip jurnal Musibah dalam Al-Qur’an tulisan Muhammad Abdul Ghaniy Morie, musibah/cobaan dapat dipandang sebagai ujian, teguran, hukuman, ataupun petunjuk dari Allah kepada umat-Nya. Berapapun besarnya ujian yang menimpa manusia lebih sedikit jika dibandingkan dengan ganjaran yang akan diterima.

Musibah dapat dialami siapa saja, baik diri sendiri maupun orang lain. Ketika mengalami musibah, seseorang dianjurkan untuk membaca kalimat istirja, yakni innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun. Rasulullah bersabda:

“Siapa saja dari hamba yang tertimpa suatu musibah, lalu ia mengucapkan: Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Allahumma’jurnii fii mushibatii wa akhlif lii khairan minhaa. (Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ga jaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik)’, maka Allah SWT akan memberinya ganjaran dalam musibahnya dan menggantinya dengan yang lebih baik…

Melalui doa kita bisa meminta apa pun, bercerita apa pun, mengeluh, dan bersyukur atas kejadian yang terjadi. Oleh sebab itu, sebagai umat Muslim kita tidak boleh melupakan bahwa diri ini lemah dan membutuhkan perlindungan Allah SWT.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bacaan Doa

Jika ada sesama Muslim yang sedang tertimpa musibah dan cobaan, sebaiknya didoakan juga. Dengan begitu, sesama Muslin akan saling doa mendoakan.

Namun, untuk menjaga perasaan kepada orang yang terkena musibah dan cobaan, doa ini hendaknya dibaca di dalam hati saja, tidak boleh membacanya di depan orang tersebut. Hal ini dimaksudkan agar tidak menyakiti perasaan orang yang sedang terkena musibah dan cobaan tersebut. 

Berikut doanya:

1. “Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha”.

Artinya: Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik

2. “Allahumma rabban nasi, adz hibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.”

Artinya: Tuhanku, Tuhan Manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri

3. “Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa”.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya). Kalau kalimat itu diucapkan, maka ia akan diselamatkan dari musibah tersebut, musibah apa pun itu semasa ia hidup. (HR. Tirmidzi, No. 3431)

4. “An Ibni umaro qoola qoola rosulullahi shollallahu alaihi wasallama man fajiahu shoo hibubalaa im faqoo lalhamdulillahilladzi aafaa nii mimmaabtalaa kabihi wafadndolanii ala kasiirin mimman kholaqo tafndiilan uufiya min ndalikal balaa ikaa inanmaa kaana”.

Artinya: Dari Ibnu Umar dia berkata, Rasulullah saw. Bersabda: “Barang siapa dikejutkan oleh orang yang tertimpa musibah, kemudian dia mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari musibah yang menimpamu, dan memberi kelebihan kepadaku atas semua yang diciptakan-Nya dengan kelebihan yang sempurna.”Maka dia akan diselamatkan dari musibah itu bagaimana pun juga”. (Hadis Sunan Ibnu Majah No. 3882).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.