Sukses

Lagi, 3 Kapal Pengangkut Muslim-Rohingya Terpantau 3 Mil dari Aceh

Nelayan di Aceh melaporkan keberadaan tiga kapal yang diyakini mengangkut puluhan pengungsi Rohingya. Simak beritanya:

Liputan6.com, Aceh - Sebanyak tiga kapal yang diyakini mengangkut puluhan Muslim-Rohingya dilaporkan terlihat di sebelah selatan Pulau Rondo, yang merupakan gugusan kepulauan Aceh, tepatnya Sabang. Otoritas setempat telah mengonfirmasi info ini.

Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftachuddin Cut Adek, mengatakan bahwa info kedatangan tiga kapal tersebut diteruskan dari Panglima Laot Ie Meulee, Saiful Bahri. Jarak ketiga kapal dari Pulau Rondo yakni sekitar 3 mil jauhnya.

"Benar ada tiga kapal diperkirakan perkapal ada 80 sampai dengan 90 orang," sebut Miftachuddin, menjawab Liputan6.com, Sabtu malam (7/1/2023).

Akhir tahun lalu, Aceh kembali menjadi sorotan dunia sejak pemberitaan kapal yang mengangkut pengungsi Rohingya berlabuh di sana intens ditayangkan.

Otoritas setempat melalui sokongan berbagai lembaga kemanusiaan lokal hingga internasional telah melakukan penanggulangan darurat dengan mendirikan kamp pengungsi.

Saat ini, terdapat dua selter baru sejak dua kluster pengungsi mendarat di Aceh Besar dan Pidie. Selter sebelumnya tercatat berada di Lhokseumawe.

Otoritas setempat di berbagai media berharap pemerintah pusat segera menurunkan satuan tugas penanganan pengungsi luar negeri ke provinsi itu.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.