Sukses

Kisah Alqamah, Sahabat Nabi yang Sulit Ucapkan La Ilaha Illallah Saat Sakaratul Maut

Meski Alqamah adalah sahabat nabi yang sangat rajin ibadah, namun saat sakaratul mautnya ia merasa kesulitan untuk mengucapkan kalimat La Ilaha Illallah. Kenapa bisa demikian?

Liputan6.com, Jakarta - Pada zaman Rasulullah SAW ada seorang sahabat yang rajin melaksanakan ibadah. Ia sangat taat untuk menjalankan perintah Allah SWT. Salat dan puasanya tak pernah ditinggal, begitu pun dengan zakat dan sedekahnya yang tak pernah terhenti. Dia adalah Alqamah.

Meski Alqamah adalah sahabat nabi yang sangat rajin ibadah, namun saat sakaratul mautnya ia merasa kesulitan untuk mengucapkan kalimat La Ilaha Illallah. Kenapa bisa demikian?

Setelah ditelusuri, ternyata Alqamah pernah melukai hati ibu kandungnya sendiri. Perhatian Alqamah lebih diutamakan pada sang istri dibandingkan ibunya. Ini menjadi sebab Aqamah kesulitan dalam mengucap kalimat thayyibah yakni la ilaha illallah saat sakaratul mautnya.

Rasulullah SAW lantas meminta agar sang ibunda Alqamah memaafkan tingkah laku anaknya. Rasulullah SAW juga sempat meminta para sahabat yang lain mengumpulkan kayu bakar untuk membakar Alqamah.

Melihat anaknya tak tega jika dibakar hidup-hidup, akhirnya hati sang ibu luluh. Sang ibu rela memaafkan Alqamah sampai akhirnya bisa mengucapkan kalimat la ilaha illallah di embusan nafas terakhirnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hikmah Kisah

Di balik kisah singkat tentang Alqamah, ada beberapa catatan penting yang dapat dijadikan hikmah kisah. Hikmah ini dapat menjadi bahan renungan dalam kehidupan.

Berikut adalah hikmah dari kisah Alqamah yang sempat kesulitan mengucapkan kalimat thayyibah saat sakaratul maut.

1. Jangan sekali-kali melukai hati orangtua, meskipun telah ibu atau ayah telah berusia lanjut namun harus tetap berbakti padanya.

2. Segera meminta maaf kepada orangtua, tak perlu menunggu waktu lagi. Minta maaf bisa dilakukan sekarang sebelum ajal menjemput.

3. Meski telah berumah tangga, namun berbakti pada orangtua khususnya pada ibu harus terus berlanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.