Sukses

Amalan Doa Agar Selamat di Perjalanan Saat Pergi Liburan

Bagi seorang muslim, ada beberapa doa yang dapat diamalkan selama pergi liburan. Mulai dari saat berangkat, di perjalanan, hingga kembali ke rumah atau tujuan asal.

Liputan6.com, Jakarta - Libur Natal dan Tahun Baru 2023 telah tiba. Saatnya mengajak keluarga, sahabat, atau teman kantor untuk liburan bersama. Kamu bisa juga liburan sendiri alias solo traveler dengan mengunjungi tempat yang diinginkan.

Berbagai tempat wisata siap mengukir kesan terindah liburan kamu. Mulai dari wisata murah hingga wisata yang sedikit harus merogoh kocek lebih dalam siap memanjakanmu.

Selain karena tempatnya yang ciamik, liburan akan berkesan ketika selama perjalanannya selamat. Selamat di perjalanan saat pergi atau pulang liburan adalah harapan setiap orang.

Bagi seorang muslim, ada beberapa doa yang dapat diamalkan selama pergi liburan. Mulai dari saat berangkat, di perjalanan, hingga kembali ke rumah atau tujuan asal. 

Mengamalkan doa-doa seperti ini harapannya mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT saat liburan.

Berikut ini beberapa amalan doa agar selamat sampai tujuan selama perjalanan liburan yang dinukil dari NU Online.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Amalan Doa Saat Liburan

Doa Keluar dan Masuk Rumah   

Doa keluar rumah:

‎بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه    

Arab-latin: Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm.

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Doa masuk rumah:

‎اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا   

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.”

3 dari 4 halaman

Amalan Doa Saat Liburan

Doa Naik Kendaraan

‎الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ   

Arab-latin: Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna. 

Artinya: “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Dianjurkan juga untuk memperbanyak doa berikut.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ    

Arab-latin: Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.   

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

4 dari 4 halaman

Amalan Doa Saat Liburan

Doa Saat Sedang dalam Perjalanan Yakni Membaca Surah Al-Ikhlas 

(‎قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١) اللَّهُ الصَّمَدُ (٢) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤   

Arab-latin: Qul huwallâhu ahad. Allâhus shamad. Lam yalid, wa lam yûlad. Wa lam yakullahû kufuwan ahad.  

Artinya: “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.” 

Doa Saat Sudah Sampai di Tempat Tujuan   

‎اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا​​​​​​​

Arab-latin: Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.   

Artinya: "Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.