Sukses

20 Kata-Kata Motivasi Islami Semangat Belajar dan Menuntut Ilmu, Kembali Bergairah

Seorang muslim tidak hanya memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat lima waktu, tapi ia juga wajib untuk menuntut ilmu. Kewajiban muslim menuntut ilmu telah ditegaskan oleh Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Bogor - Seorang muslim tidak hanya memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat lima waktu, tapi ia juga wajib untuk menuntut ilmu. Kewajiban muslim menuntut ilmu telah ditegaskan oleh Rasulullah SAW. 

Dalam HR Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ 

Artinya: ”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah no. 224).

Dari sabda Rasulullah SAW di atas mengisyaratkan bahwa semua orang yang beriman kepada Allah baik laki-laki maupun perempuan wajib untuk menuntut ilmu. 

Lantas, mengapa harus menuntut ilmu? 

Dengan ilmu dapat mengantarkan seseorang meraih kebahagiaan baik dunia maupun akhirat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam HR Turmudzi.

من أراد الدنيا فعليه بالعلم، ومن أراد الأخرة فعليه بالعلم، ومن أرادهما فعليه بالعلم 

Artinya: “Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu.” (HR. Turmudzi).

Dengan demikian, menuntut ilmu itu penting dan suatu keharusan. Namun, dalam praktiknya seringkali dihadapi dengan berbagai persoalan. Mulai dari malas belajar, kehilangan semangat mencari ilmu, dan sebagainya.

Bagi Anda yang merasa sedang di fase terpuruk dan kehilangan semangat belajar atau menuntut ilmu, berikut ini kata-kata motivasi belajar islami yang dikutip dari berbagai sumber. Semoga dapat menginspirasi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata-Kata Motivasi Belajar Islami

1. Jika seorang mencari ilmu, maka itu akan tampak di wajah, tangan dan lidahnya serta dalam kerendahan hatinya kepada Allah. – Hasan al-Bashri

2. Ilmu yang sejati, seperti barang berharga lainnya, tidak bisa diperoleh dengan mudah. Ia harus diusahakan, dipelajari, dipikirkan, dan lebih dari itu, harus selalu disertai doa.

3. Semakin dalam iman dan ilmu yang kamu miliki, maka kamu akan semakin merasakan kedamaian.

4. Esensi dari ilmu adalah untuk mengetahui apa itu ibadah dan ketaatan. – Imam Ghazali

5. Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa. – Al-Ghazali

6. Ilmu yang tidak bermanfaat ibarat obat yang tidak menyembuhkan.

7. Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal. - Imam Syafi'i

8. "Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu di antara kamu sekalian." (Q.S Al-Mujadilah: 11)

9. Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman, bagaikan lentera di tangan pencuri. – HAMKA

10. Dengan cinta hidup menjadi indah. Dengan ilmu hidup menjadi mudah. Dengan agama hidup menjadi terarah.

3 dari 3 halaman

Kata-Kata Motivasi Belajar Islami

11. Menuntut ilmu semata-mata demi ilmu bukan sesuatu yang dipandang baik dalam Islam. - (Dr. Bilal Philips)

12. Ilmu membuat seseorang rendah hati, sementara kesombongan menjadikan seseorang bodoh. - (Boona Mohammed)

13. Raihlah ilmu dan untuk meraih ilmu, belajarlah untuk tenang dan sabar. - Umar bin Khattab

14. Ilmu bukanlah dengan banyaknya riwayat. Ilmu tidak lain adalah sebuah cahaya yang Allah tempatkan di dalam hati. - Imam Malik

15. Bukan ilmu yang seharusnya mendatangimu, tapi kamu yang seharusnya mendatangi ilmu. - Imam Malik

16. Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekadar hanya dihafal. - Imam Syafi'i

17. Menuntut ilmu di masa muda bagai mengukir di atas batu. - Hasan al-Bashri

18. Supaya iman kita meningkat, kita seharusnya juga meningkatkan pengetahuan ilmu agama kita. Makin kamu mengenal Allah, makin kamu cinta dan bertakwa kepada-Nya.

19. Islam itu berbasis ilmu pengetahuan. Makin kamu mengenal Islam, makin cinta pula kamu kepadanya. makin sedikit pengetahuan kamu tentang Islam, makin berkurang pula kecintaanmu kepadanya.

20. Tuntutlah ilmu. Di saat kamu miskin, ia akan menjadi hartamu. Di saat kamu kaya, ia akan menjadi perhiasanmu. - Luqman al-Hakim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.