Sukses

4 Pesona Sungai Nil, Sungai Terpanjang di Dunia yang Disebut Rasulullah SAW Berasal dari Surga

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa di dunia ini ada empat sungai yang berasal dari surga. Keempat sungai tersebut antara lain sungai Eufrat, Nil, Saihan, dan Jaihan.

Keempat sungai ini disebut berasal dari surga sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut dari Abu Hurairah.

فجرت أربع أنهار من الجنة: الفرات، والنيل، وسيحان وجيحان

Arab-latin: Fujjirat arba’atu anhaarin minal-jannati, Al-furaatu wa an-niilu, wa saihaana wa Jaihana

Artinya: “Telah dipancarkan empat buah sungai dari surga, yakni Eufrat, Nil, Saihan (sungai yang terletak di bagian selatan Turki, Asia), dan Jaihan (sungai yang terletak di perbatasan antara Turki dengan Suriah).”

Salah satu sungai yang sering terdengar adalah Nil. Sungai Nil memiliki panjang 6.650 km dan termasuk sungai terpanjang di dunia yang membelah sembilan negara, di antaranya, Etiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Ruwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir.

Sungai Nil memiliki banyak keistimewaan yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Berikut ini Liputan6.com ulas pesona sungai Nil yang menakjubkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Wisata Kapal Pesiar dan Lembah Raja

1. Berwisata dengan Kapal Pesiar

Menikmati sungai Nil tidak serta merta dari kejauhan. Wisatawan dapat menaiki kapal pesiar yang akan membawanya menikmati keindahan sungai Nil lebih dekat. Menikmati pesona sungai Nil dengan kapal pesiar adalah salah satu cara favorit wisatawan menikmati keindahan panorama sungai terpanjang di dunia ini.

2. Lembah Raja

Lembah Raja atau Valley of the Kings yang berada di tepi sungai Nil menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan dunia. Di tempat ini terdapat 63 makam yang dua di antaranya diketahui sebagai makam Firaun Thutmose I dan Ramses X. Sayangnya, setelah bertahun-tahun ditelusuri, hanya 16 dari 63 makam yang bisa ditemukan.

3 dari 3 halaman

Sungai Nil Malam Hari dan Bendungan Aswan

3. Pesona Sungai Nil di Tengah Kegelapan

Keindahan sungai Nil tidak hanya di siang hari. Justru malam adalah waktu yang pas untuk menikmati panorama sungai Nil di tengah kegelapan. Cahaya dari gedung pencakar langit akan melengkapi keindahan sungai Nil di malam hari.

4. Bendungan Aswan

Keistimewaan lain dari sungai Nil yang diakui dunia adalah Bendungan Aswan. Konon, bendungan yang berada di Aswan, Mesir ini merupakan salah satu bendungan terbesar di dunia. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS