Sukses

Bacaan Doa Agar Mudah Hafal dan Paham Pelajaran Arab, Latin hingga Artinya

Liputan6.com, Bogor - Ketika kita menuntut ilmu, baik perkara dunia maupun agama, seringkali dituntut harus menghafal dan memahami suatu pelajaran. Untuk mencapai itu, kita melakukan berbagai cara agar apa yang dipelajari tidak sia-sia.

Ikhtiar untuk hafal dan paham pelajaran sudah dilakukan. Mencoba untuk mempelajari materi sebelum dan sesudah belajar namun tak kunjung paham juga. 

Jika demikian, kita dapat melengkapi ikhtiar yang sudah dilakukan dengan doa. Dengan ikhtiar batiniah, harapannya Allah SWT memberikan kemudahan dalam menghafal dan memahami pelajaran.

Bacaan doa agar mudah hafal dan paham pelajaran terdapat dalam kitab Perukunan Melayu Besar. Kitab ini setengahnya diambil dari karya Syekh Muhammad Arsyad Banjar.

Berikut adalah bacaan doa agar mudah hafal dan paham yang dapat diamalkan.

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Arab-latin: Fafahhamnā Sulaimāna, wa kullan ātaynā hukman wa ‘ilman, wa sakhkharnā ma‘a Dāwūdal jibāla yusabbihna wat thayra, wa kunnā fā‘ilīn. Yā hayyu, yā qayyūmu, yā rabba Mūsā wa Hārūn, wa rabba Ibrāhīm, way ā rabba Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallama ‘alayhim ajma‘īn. Allāhummarzqniyal fahma, wal ‘ilma, wal hikmata, wal ‘aqla, bi rahmatika, yā arhamar rāhimīn.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Artinya

Mengutip situs resmi NU, berikut arti dari doa agar mudah dan paham pelajaran.

Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kami lah yang melakukan itu semua. 

Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. 

Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih." (Lihat Perukunan Melayu Besar, [Jakarta, Alaydrus: tanpa catatan tahun], halaman 99). 

Dengan membaca doa tersebut harapannya Allah SWT memberikan kemudahan kepada orang yang membacanya dalam menghafal dan memahami pelajaran, baik pelajaran yang berhubungan dengan dunia maupun akhirat.

Wallahu’alam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS