Sukses

10 Nama Malaikat dan Tugasnya yang Wajib Diketahui, Cekidot!

Liputan6.com, Bogor - Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan dari cahaya (nur). Malaikat tidak berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan. 

Sifat lain dari malaikat adalah tidak makan dan minum. Malaikat selalu taat kepada perintah Allah SWT dan tidak bosan ketika menjalankannya.

Firman Allah SWT yang menerangkan bahwa malaikat taat dan menjalankan perintah-Nya dapat dilihat dari salah satu ayat Al-Qur’an, yakni surah Al-Anbiya ayat 20.

يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ 

Artinya: “Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang." (selengkapnya bisa dilihat di sini )

Jumlah malaikat ada banyak sekali. Secara spesifik jumlah malaikat hanya Allah yang mengetahui. Namun, ada 10 nama malaikat yang mesti diketahui oleh seorang muslim.

Nama-nama malaikat yang wajib diketahui antara lain Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Raqib, Atid, Munkar, Nakir, Malik, dan Ridwan. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Mengenal nama-nama malaikat dan tugasnya akan menambah keimanan seorang muslim. Iman kepada malaikat merupakan salah satu dari enam Rukun Iman, tepatnya pada Rukun Iman kedua.

Maka dari itu, berikut adalah 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui juga diimani oleh seorang muslim.

1. Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah.

2. Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan.

3. Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa manusia.

4-5. Malaikat Raqib-Atid bertugas mencatat amal manusia. Setiap manusia dijaga oleh dua malaikat di sisi kanan dan sisi kirinya.

6-7. Malaikat Munkar-Nakir bertugas memberikan pertanyaan di alam kubur.

9. Malaikat Malik bertugas menjaga neraka.

10. Malaikat Ridwan bertugas menjaga surga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.