Sukses

Merinding, Peristiwa Gempa Bumi dalam Al-Qur'an di Masa Nabi dan Rasul

Dalam tarikh Islam, gempa bumi dan tsunami juga tercatat. Misalnya, gempa bumi Ramallah, Palestina dan yang terjadi di Iran. Gempa bumi juga disebut dalam Al-Qur'an. Gempa ini terjadi pada masa Nabi dan Rasul

Liputan6.com, Semarang - Berada di daerah cincin api Pasifik, Indonesia kerap diguncang gempa bumi. Tak hanya itu, daerah pesisir yang membentang dari Sabang hingga Merauke adalah wilayah rawan bahaya lainnya, tsunami.

Di Indonesia juga terdapat puluhan gunung berapi. Beberapa di antaranya kerap meletus atau erupsi. Misalnya, Gunung Sinabung di Sumatera atau Gunung Merapi di Pulau Jawa.

Gempa yang terjadi di Indonesia terjadi karena aktivitas tektonik dan vulkanik. Gempa tektoniklah yang paling kerap mengguncang dan paling berpotensi berdampak besar.

Dalam tarikh Islam, gempa bumi dan tsunami juga tercatat. Misalnya, gempa bumi Ramallah, Palestina dan yang terjadi di Iran.

Gempa bumi juga disebut dalam Al-Qur'an. Gempa ini terjadi pada masa nabi dan Rasul.

Beberapa ayat Al-Qur'an yang menyebut gempa bumi di antaranya, surah Al A'raf ayat 78, 91, 155, 171, surah Hud ayat 67,dan surah Al Ankabut ayat 37.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lafal dan Makna Surah Al Qur'an Sebut Gempa Bumi

Berikut adalah ayat Al-Quran yang menyebut gempa bumi:

1. Surah Al A'raf ayat 78 gempa bumi pada masa Nabi Shaleh:

فَأَخَذَتْهُمُ ٱلرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا۟ فِى دَارِهِمْ جَٰثِمِينَ

"Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka."

2. Surah Al A'raf ayat 91 gempa bumi pada masa Nabi Syuaib:

فَأَخَذَتْهُمُ ٱلرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا۟ فِى دَارِهِمْ جَٰثِمِينَ

"Lalu, mereka dibinasakan oleh gempa bumi sehingga pagi harinya mereka bergelimpangan dalam rumahnya."

3. Surah Al A'raf 155

وَٱخْتَارَ مُوسَىٰ قَوْمَهُۥ سَبْعِينَ رَجُلًا لِّمِيقَٰتِنَا ۖ فَلَمَّآ أَخَذَتْهُمُ ٱلرَّجْفَةُ قَالَ رَبِّ لَوْ شِئْتَ أَهْلَكْتَهُم مِّن قَبْلُ وَإِيَّٰىَ ۖ أَتُهْلِكُنَا بِمَا فَعَلَ ٱلسُّفَهَآءُ مِنَّآ ۖ إِنْ هِىَ إِلَّا فِتْنَتُكَ تُضِلُّ بِهَا مَن تَشَآءُ وَتَهْدِى مَن تَشَآءُ ۖ أَنتَ وَلِيُّنَا فَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَا ۖ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْغَٰفِرِينَ

“Dan Musa memilih tujuh puluh orang dari kaumnya untuk (memohonkan taubat kepada Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan. Maka ketika mereka digoncang gempa bumi, Musa berkata: “Ya Tuhanku, kalau Engkau kehendaki, tentulah Engkau membinasakan mereka dan aku sebelum ini. Apakah Engkau membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang akal di antara kami? Itu hanyalah cobaan dari Engkau, Engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau beri petunjuk kepada siapa yang Engkau kehendaki. Engkaulah Yang memimpin kami, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkaulah Pemberi ampun yang sebaik-baiknya."

 

 

3 dari 3 halaman

Lafal dan Makna Surah Al Qur'an Sebut Gempa Bumi

4. Surah Al A'raf ayat 171

وَإِذْ نَتَقْنَا ٱلْجَبَلَ فَوْقَهُمْ كَأَنَّهُۥ ظُلَّةٌ وَظَنُّوٓا۟ أَنَّهُۥ وَاقِعٌۢ بِهِمْ خُذُوا۟ مَآ ءَاتَيْنَٰكُم بِقُوَّةٍ وَٱذْكُرُوا۟ مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Dan (ingatlah), ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka): “Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya supaya kamu menjadi orang-orang yang bertakwa."

5. Surah Hud ayat 67 peristiwa, gempa bumi pada masa Nabi Shaleh:

وَأَخَذَ ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ ٱلصَّيْحَةُ فَأَصْبَحُوا۟ فِى دِيَٰرِهِمْ جَٰثِمِينَ

"Dan, orang-orang yang aniaya itu ditimpa suara gemuruh, lalu mereka bergelimpangan dalam rumahnya."

6. Surah Al-'Ankabut ayat 37 gempa bumi pada masa Nabi Syuaib:

فَكَذَّبُوهُ فَأَخَذَتْهُمُ ٱلرَّجْفَةُ فَأَصْبَحُوا۟ فِى دَارِهِمْ جَٰثِمِينَ

"Mereka mendustakannya (Syuaib), maka mereka ditimpa gempa yang dahsyat, lalu jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka."

Itulah ayat Al Quran tentang gempa bumi sebagai petunjuk yang dapat dijadikan pelajaran bagi orang-orang yang beriman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini