Sukses

Bacaan Doa Arwah Jamak, Ibu, dan Ayah Beserta Artinya

Doa arwah ditujukan untuk memohonkan ampunan.

Liputan6.com, Jakarta Memahami bacaan doa arwah jamak, ibu, ayah, hingga para ulama penting mengingat doa ini ditujukan untuk memohonkan ampunan dan memohonkan maaf mereka yang sudah meninggal dunia.

Dalam buku berjudul Kumpulan Doa Kebajikan untuk Anak oleh Ajen Dianawati, ada tiga bacaan doa arwah yang wajib dimengerti dan dihafalkan. Bacaan doa arwah jamak yang ditujukan untuk orang lebih dari satu, bacaan doa arwah untuk ibu, dan bacaan doa arwah untuk ayah.

Imam Muslim meriwayatkan hadis yang menyatakan, sesungguhnya bila manusia meninggal dunia terputuslah amalnya kecuali tiga hal, yakni amal jariyah, ilmu bermanfaat, dan doa anak saleh. 

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam bacaan doa arwah jamak, ibu, ayah, laki-laki, perempuan, para ulama, dan orang tua lainnya, Selasa (19/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Arwah dan Arti

1. Bacaan Doa Arwah Jamak dan Artinya

Allahummaghfir lahum warhamhum wa’aafihim wa ‘fu anhum waj’alil jannata matswaahum

Arti bacaan doa arwah: “Ya Allah, ampunilah mereka, kasihanilah mereka, maafkan lah kesalahan-kesalahan mereka serta jadikan lah surga tempat mereka tinggal.”

2. Bacaan Doa Arwah Ibu dan Artinya

Allahummaj’al wa aushil du’aaii ilaaruuhi umami ... Allahummaghfir lahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi’madkhalahaa wataqabbal hasanaati haawakaffir sayii-aatihaa birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Arti bacaan doa arwah:

“Ya Allah, jadikan lah dan sampaikan lah doaku kepada roh ibuku… Ya Allah ampunilah dosanya, kasihanilah dan sejahterakanlah dia maafkan lah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah kuburnya, terima lah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih.”

3. Bacaan Doa Arwah Ayah dan Artinya

Allahummaj’al wa aushil du’aaii ilaaruuhi abii ... Allahummaghfir lahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu wa akrim nuzulahu wawassi’madkhalahu wataqabbal hasanaatihi wakaffir sayii-aatihaa birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Arti bacaan doa arwah:

“Ya Allah, jadikan lah dan sampaikan lah doaku kepada roh Ayahku… Ya Allah ampunilah dosanya, kasihanilah dan sejahterakanlah dia maafkan lah kesalahannya, muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah kuburnya, terima lah kebaikannya, hapuskanlah kesalahannya dengan rahmat-Mu, Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih."

4. Bacaan Doa Arwah Para Ulama’

Man kana ya'budu Muhammadan, fa inna Muhammadan qad mata. Wa man kana ya'budullaha fa innallaha hayyun la yamutu.

Arti bacaan doa arwah:

"Siapa yang menyembah Muhammad, sungguh Muhammad telah wafat. Siapa yang menyembah Allah, ketahuilah bahwa Allah Zat Yang Hidup Takkan Mati."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Arwah dan Arti Lainnya

5. Bacaan Doa Arwah Perempuan

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Arti bacaan doa arwah:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

6. Bacaan Doa Arwah Laki-Laki

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Arti bacaan doa arwah:

"Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka."

7. Bacaan Doa Arwah Orang Tua

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Arti bacaan doa arwah:

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.