Sukses

Quraish Shihab: Bersangka Baiklah kepada Allah karena Dia Sesuai Persangkaan Hamba-Nya

Menurut Quraish Shihab, Allah memperkenalkan dirinya sebagai Tuhan yang sangat kasih. Bukan hanya kepada yang taat, tapi juga kepada mereka yang tidak taat.

Liputan6.com, Jakarta Cendekiawan muslim Quraish Shihab mengatakan, pengenalan terhadap Allah adalah inti keberagaman. Jika tidak mengenal-Nya, maka tidak akan mencintai-Nya. 

Dijelaskan pula bahwa Allah memperkenalkan dirinya sebagai Tuhan yang sangat kasih. Bukan hanya kepada yang taat, tapi juga kepada mereka yang tidak taat. 

Menurut Quraish Shihab, itulah makna dari rohman dan rohim. "Rohman adalah pelimpah rahmat di dunia ini bagi seluruh makhluk. Sedangkan rohim pelimpah rahmat bagi orang-orang yang taak kepada-Nya di akhirat kelak," jelasnya. 

Lebih lanjut Pendiri Pusat Studi Al-Qur'an ini menjelaskan, bahwa tak sedikit dari kita yang kerap salah paham dengan Tuhan.

"Yang disampaikan lebih banyak kepada ancaman-ancaman dan siksa-siksaan-Nya. Tak banyak yang menyampaikan rahmat dan kasih sayang-Nya," ucap Quraish Shihab.

Hal inilah, katanya lagi, yang membuat banyak orang yang tidak mengenal Allah dengan baik.

Jika kita mengenalnya dengan baik, maka seperti dikatakan dalam firman-Nya: "Rahmatku mencakup segala sesuatu. Rahmatku mengalahkan amarahku."

"Karena itu, mari kita bersangka baik pada Allah. Mari kita mengenal Allah dengan sifat-sifatnya yang maha kasih," jelas Quraish Shihab. 

Seperti dalam firmannya, Allah berkata: 

"Aku akan menyesuaikan sikap-Ku terhadap seseorang, sesuai dengan sangka baiknya kepadaku."

 

 

Tonton video Quraish Shihab dalam Mutiara Hati SCTV berikut ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.