Sukses

4 Cara Mudah Mencegah Kulit Belang Bagi Wanita Berhijab

Pemakaian hijab harus lebih diperhatikan untuk mencegah kulit belang.

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadan ini, kita mungkin lebih banyak berada di rumah, terutama karena pandemi Covid-19 belum berlalu. Namun bukan berarti Anda pasti terbebas dari masalah kulit. Begitu pula Anda yang memakai hijab.

Kulit belang menjadi masalah paling umum yang dialami wanita berhijab. Alasannya, bagian tubuh yang paling sering terpapar dan menerima banyak sinar matahari adalah kulit wajah.

Paparan sinar matahari bisa memicu hiperpigmentasi yang membuat kulit wajah menghitam. Hal itu bisa membuat warna kulit di wajah bagian depan dan sekitar rahang terlihat berbeda.

Kulit belang tentu sangat merusak penampilan, meski tak diperlihatkan di depan umum. Meratakan kulit belang juga bukan perkara mudah kalau sudah kebablasan. Jadi, pemakaian hijab harus lebih diperhatikan untuk mencegah kulit belang. Dilansir dari laman dream.co.id, berikut empat tips dan cara memakai hijab agar kulit tidak belang:

1. Pemilihan Bahan

Bahan hijab akan memengaruhi kenyamanan Anda dalam berhijab. Hindari bahan tebal karena akan memicu keringat berlebih dan membuat kulit jadi mudah kusam.

2. Hindari Hijab Ketat

Hijab berbahan latex cenderung bersifat ketat dan menempel merapat dengan kulit wajah. Jadi sebaiknya hindari pemakaian hijab yang terlalu ketat agar kulit bisa bernapas lebih lega.

Cara ini juga berlaku untuk pemakaian kerudung segi empat yang berbahan tipis sekalipun. Saat memakai peniti di bawah dagu, rekatkan dengan menyisakan sedikit celah sehingga hijab tidak terlalu rapat.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pemakaian Skincare

Skincare atau perawatan wajah terdiri dari berbagai jenis produk, tapi Anda dapat berfokus pada pemakaian serum berformula whitening. Serum akan memberi hasil lebih baik dibandingkan dengan krim wajah. Gunakan serum di malam hari usai membersihkan wajah. Di pagi harinya, Anda juga bisa mengenakan serum sebelum memakai makeup.

Jangan lupa gunakan sunscreen agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Pakai sunscreen berformula ringan agar tidak lengket. Hindari kadar SPF terlalu tinggi karena dapat memicu jerawat bagi kulit acne prone atau mudah timbul jerawat.

Masker Wajah

Masker wajah dapat digunakan sebagai relaksasi usai membersihkan wajah. Gunakan masker dengan bahan baku yang bersifat whitening seperti susu dan bengkuang.  Anda juga dapat membuatnya dari bahan alami.

Campurkan susu ke dalam air perasan bengkuang, gunakan untuk mencuci wajah. Anda juga bisa mencampurkan madu sampai teksturnya terasa lebih pekat. Aplikasikan pada wajah sebagai masker. 

3 dari 3 halaman

Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.