Sukses

Dapur Ramadan, Program ACT di Bali Bagikan Puluhan Ribu Makanan Buka Puasa

Proses persiapan makanan melibatkan masyarakat, mulai dari proses hingga penerimaan melalui program Dapur Ramadan yang dilaksanakan selama bulan Ramadan 1440 Hijriah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga sosial dan kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bali menyiapkan 10.000 makanan berbuka puasa Ramadan.

Proses persiapan makanan melibatkan masyarakat, mulai dari proses hingga penerimaan melalui program Dapur Ramadan yang dilaksanakan selama bulan Ramadan 1440 Hijriah ini.

"Program Dapur Ramadan yang didirikan pada 26 titik yang tersebar hampir di seluruh kabupaten di Bali itu juga dirangkai dengan program Ramadhan Card untuk masyarakat miskin," ujar Marketing dan Communication ACT Bali Apiska Antoni dalam keterangan pers yang diterima, seperti dikutip dari Antara, Kamis (14/5/2020).

Menurutnya, kegiatan tersebut tak hanya membagikan makanan buka puasa saja, tetapi juga turut melibatkan masyarakat.

Karena, kata Apiska, masyarakat itu juga ikut memasak dan menikmati, sekaligus menjadi wadah untuk memperat silaturahmi antarwarga.

Sementara itu, program Ramadan Card merupakan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu atau miskin dalam bentuk kartu.

Apiska menjelaskan, Ramadan Card ACT hadir untuk membantu program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.

"Untuk tahap awal ini, akan disalurkan untuk 1.000 penerima manfaat kartu di seluruh wilayah Bali selama bulan Ramadhan. Walaupun namanya Ramadan Card, penerima manfaatnya tidak hanya dari kalangan Muslim saja, namun juga dari masyarakat non-Muslim," ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Diperpanjang

Apiska menyebut, program Ramadan Card ini akan dilanjutkan untuk jangka panjang dengan nama Humanity Card dan jumlah penerima manfaat akan lebih besar.

"Mekanisme dari bantuan ini sangat inovatif, ACT menggandeng salah satu bank besar untuk menyediakan kartu dengan merchant pembayaran tersebar luas di Bali," paparnya.

Dia menjelaskan, masyarakat penerima manfaat akan dapat dengan mudah mengambil bantuannya di gerai-gerai toko yang sudah bekerjasama dengan merchant kartu yang disediakan pihak bank tersebut, seperti Alfamart, Indomaret, CocoMart, Circle K, maupun gerai toko lainnya.

"Untuk Ramadan kali ini, Ramadan Card akan mengalokasikan Rp 300 ribu per jiwa. Nantinya jika program ini berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan dana bantuan ditingkatkan. Kesuksesan program-program ini tidak terlepas dari donasi para mitra donatur ACT yang berkontribusi aktif membantu sesama," terangnya.

Apiska berharap, program-program tersebut dapat membuat Ramadan kali ini menjadi lebih baik, penuh berkah dengan banyak membantu masyarakat yang membutuhkan dan juga ladang amal bagi para mitra donatur ACT untuk memanfaatkan bulan penuh kebaikan ini.

"Berbagi itu membahagiakan, Berbagi itu kebaikan. Insya-Allah, kebaikan yang dikerjakan di bulan Ramadhan mendapat balasan berjuta-juta kali lipat. Mari berbondong-bondong melakukan kebaikan di bulan yang penuh berkah ini," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.