Sukses

5 Tips Berhemat Selama Bulan Ramadan

Memasuki bulan Ramadan biasanya pengeluaran cenderung meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Umat muslim di seluruh dunia tengah bersiap untuk menyambut masuknya bulan Ramadan. Namun segala hal juga harus dipersiapkan dalam menyambut bulan suci ini, termasuk dalam hal keuangan.

Memasuki bulan Ramadan biasanya pengeluaran cenderung meningkat, di mana umat Islam diminta untuk menjaga hal-hal agar minimum, dan berpuasa pada siang hari (dengan waktu yang dialokasikan Secara regional).

Secara umum, diyakini bahwa bulan mengajarkan kesabaran, kerendahan hati, dan spiritualitas di kalangan Muslim.

Berikut tips tentang merencanakan Ramadan yang hemat tahun ini, di mana kadang-kadang konsumerisme bisa meluap-luap, dilansir dari laman iMoney, Jumat (17/4/2020):

1. Tentukan Anggaran untuk Makan

Pada saat Ramadan kita berpuasa dari sebelum subuh sekitar jam 4 hingga pukul 6 sore, membuat Anda lapar tentunya. Biasanya Anda akan cenderung mengidamkan makanan yang diinginkan untuk berbuka puasa.

Untuk mencegah Anda menjadi pribadi yang konsumtif segala membeli makanan, namun pada akhirnya perut Anda tak bisa menampung lagi sehingga makanan yang dibeli itu jadi mubadzir. Ada beberapa pilihan hidangan yang bisa Anda pilih. Anda dapat merencanakan dengan bijak apa yang Anda butuhkan untuk menghindari pemborosan.

Sebelum Anda membeli makanan, tetapkan anggaran. Jika Anda membeli makanan untuk berbuka puasa sendiri, batasi pengeluaran Anda. Jika memungkinkan, kurangi. Karena  selalu ada kecenderungan untuk menghabiskan lebih banyak ketika Anda lapar. Sama saja, awasi dompet atau tas Anda.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kurangi Aktivitas

Sebelumnya Anda memiliki komitmen untuk mengatur keuangan Anda agar tidak boros, ingat komitmen keuangan Anda tidak berhenti selama bulan puasa. ada baiknya menyiapkan rencana sebelum Anda mulai kegiatan.

Seperti yang disebutkan, pengeluaran cenderung naik selama waktu ini dan penting bagi Anda untuk menyeimbangkan anggaran Anda dengan baik, mengingat Hari Raya akan segera datang, di mana pengeluaran mungkin lebih.

Kurangi pengeluaran lain selama bulan itu untuk mengakomodasi pengeluaran lain. Satu tempat yang bisa Anda kurangi adalah hiburan. Misalnya, kurangi perjalanan ke bioskop selama periode ini. Pastikan pengeluaran Anda tidak meroket, gunakan bulan Ramadan sebagai platform yang baik untuk melatih ketajaman finansial Anda.

3. Berbelanja Satu per Satu

Pengeluaran tidak dapat dihindari dalam persiapan untuk Raya Idul Fitri nanti. Namun, jika Anda berbelanja pakaian baru, Anda dapat mulai membeli jauh-jauh hari atau menugaskan penjahit Anda untuk membuatnya terlebih dahulu. Karena jika menjelang Idul Fitri biasanya harga baju naik berkali-kali lipat.

Tenang dan ingat niat awal puasa di tempat pertama. Ini adalah bulan bagi Anda untuk terus memeriksa kesehatan fisik dan keuangan Anda.

3 dari 3 halaman

4. Hindari Acara Buka Puasa yang Mewah

Perlu diingat bahwa meskipun Anda merasa lapar, Anda akan kesulitan makan cukup untuk membuat pengeluaran yang berharga karena tubuh Anda sebenarnya bisa makan lebih sedikit setelah lama berpuasa.

Jika Anda tidak dapat hidup tanpa prasmanan untuk buka puasa, rencanakan terlebih dahulu, dan batasi berapa kali Anda mengunjungi hotel atau restoran untuk prasmanan selama periode ini.

Hotel dan restoran mungkin menawarkan makanan yang enak dan mewah, tetapi ketika menyangkut harga makanan, mereka masih merupakan pengeluaran besar dibandingkan dengan makanan di rumah atau di restoran sederhana untuk berbuka puasa dengan keluarga atau teman-teman Anda.

5. Terus Menabung

Apa pun yang Anda belanjakan selama bulan Ramadan, pastikan Anda menjaga kegiatan menabung Anda berjalan dan konsisten.

Faktanya, Anda mungkin sudah memiliki tabungan terpisah yang ingin Anda gunakan untuk berbelanja secara royal selama acara setahun sekali ini, yang baik-baik saja, tetapi jangan lupa bahwa hidup terus berjalan setelah musim perayaan Idul Fitri, dan Anda harus menyiapkan tabungan lagi untuk ke depannya.

Ini adalah waktu untuk menghemat energi Anda, menjaga ketenangan pikiran Anda, dan menolak dorongan untuk menjaga pengeluaran Anda sesederhana mungkin.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.