Sukses

Mau Uang Tambahan saat Ramadan? Yuk, Mulai Bisnis Ini

Cek bisnis berikut untuk dapat uang tambahan di bulan puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Seharusnya bulan Ramadan bisa menjadi bulan di mana seseorang bisa menghemat pengeluarannya. Namun sayangnya bulan Ramadan di Indonesia identik justru identik sebagai bulan dengan pengeluaran besar hingga menjelang hari Raya Idul Fitri.

Mengapa ini terjadi?

Sebab saat bulan Ramadan harga kebutuhan pokok malah cenderung naik. Ditambah lagi dengan pengeluaran-pengeluaran tambahan seperti untuk buka puasa bersama hingga uang persiapan untuk mudik dan lebaran.

Selain itu, pengeluaran cenderung lebih besar dari pemasukan, untuk itu ada beberapa pilihan usaha atau bisnis sampingan yang dapat dipilih saat bulan Ramadan seperti ini untuk menambah pemasukan Anda. Mau tahu apa saja?

Berikut beberapa usaha sampingan yang dapat Anda kerjakan saat bulan Ramadan seperti dikutip dari laman HaloMoney.co.id:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jualan Takjil

Jika Anda pandai dalam memasak maka cobalah belajar membuat takjil, karena ini merupakan salah satu jenis makanan dan minuman yang akan laku keras dijual pada bulan Ramadan. Jika Anda tidak bisa memasak, maka carilah teman atau saudara untuk bekerja sama menjalani bisnis musiman ini.

Jangan berekspektasi terlalu tinggi, Anda bisa memulai menjual takjil tersebut ke teman-teman di kampus atau kantor. Meskipun tidak banyak, namun lumayan bukan untuk menambah pemasukan selama Ramadan?

3 dari 4 halaman

2. Jualan Baju Muslim

Busana Muslim akan laku keras selama bulan Ramadan karena banyak yang mencari baju baru untuk merayakan Lebaran. Namun, jika Anda tidak memiliki budget yang cukup untuk memulainya, maka Anda bisa kerjasama dengan rekan atau saudara untuk menjalani bisnis ini.

Atau jika saudara sudah terlebih dahulu mempunyai bisnis ini maka Anda bisa membantunya untuk menjual atau mempromosikan barang dagangannya tersebut dan mendapatkan komisi atas baju yang telah berhasil terjual.

4 dari 4 halaman

3. Menjual atau Menghias Parsel Lebaran

Mendekati hari Lebaran tentu akan banyak orang yang mencari jasa penghiasan parsel atau orang-orang yang menjual parsel. Jika Anda memiliki keterampilan tangan yang cukup baik, maka cobalah usaha sampingan satu ini.

Anda bisa membeli terlebih dahulu semua isi barang parsel tersebut atau menunggu barang dari client baru menghiasnya. Usaha ini akan menghasilkan hasil yang cukup lumayan loh!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.