Sukses

Thailand Berikan Pelayanan Haji Gratis bagi Warganya yang Muslim

Pemerintah memberikan pelayananan haji dan umrah secara gratis bagi masyarakatnya yang beragama muslim

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Thailand selama 10 tahun terakhir ini,memberikan pelayanan ibadah haji dan umrah ke Tanah Suci secara gratis kepada umat Islam yang tinggal di Thailand bagian Selatan,yakni Provinsi Yala,Narathiwat dan Pattani.

"Layanan haji dan umrah gratis ini sudah diberikan sejak sepuluh tahun terakhir ini," ujar Gubernur Provinsi Yala, Anusyit Tra’kulmu'thu'ta seperti dilansir Antara.

Untuk memudahkan umat Islam yang berangkat ibadah haji, pihaknya menyediakan penerbangan langsung dari bandara di Narathiwat karena ketiga provinsi tersebut saling berdekatan.

"mereka bisa berangkat langsung dari Narathiwat. Sehingga, tidak harus ke bandara di Bangkok dan Bandara Hat Yai," tuturnya.

Tidak hanya memberikan layanan haji dan umrah,pihaknya juga memberikan fasilitas beasiswa.

Jumlah penduduk di Provinsi Yala saat ini sekitar 530.000 orang, dimana 85 persen di antaranya beragama Islam sedangkan sisanya beragama Budha.

Pemerintah juga memberikan kemudahan izin untuk umat Islam membangun masjid. Bahkan untuk pembangunan masjid Agung Yala, Narathiwat dan Pattani pemerintah memberikan subsidi. Sementara untuk pembagunan masjid di kampung-kampung, biasanya subsidi dari swadaya masyarakat.

Wakil Ketua Majelis Ulama Yala Ustadz Nimu' Ma Kace membenarkan, jika pemerintah Provinsi Yala telah memberikan layanan gratis bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah haji dan umrah.

Ia menambahkan, setiap tahun total jemaah haji yang diberangkatkan mecapai 200 orang dan jemaah umrah sekitar 100 orang.

 

(Desti Gusrina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.