Sukses

Doa Pasrah dan Berserah Diri dari Segala Kehendak Allah SWT

Melalui doa ini, manusia bisa memasrahkan segala yang terjadi pada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia memang memiliki kemampuan untuk mencapai keinginannya. Seperti misalnya mereka ingin mendapatkan uang bisa mencapainya dengan bekerja dan lain halnya.

Manusia memang diharuskan berusaha keras untuk menggapai keinginan kita. Manusia memang bisa merencanakan dengan sebaik-baiknya, meski demikian rezeki tetap berada di tangan yang Maha Kuasa. 

Sebagai manusia biasa, tak ada seorang pun yang bisa mencegah hal buruk padanya terjadi. Sehebat apapun manusia, tentu tak akan bisa mencegah kehendak yang telah Allah SWT tentukan.

Dengan kata lain, manusia bisa saja bertemu sesuatu yang sangat tidak disukai. Padahal, kita sudah berusaha agar hal itu tidak terjadi. Ini bukan berarti manusia mesti menyerah, sebab bisa saja ada pintu lain yang lebih baik untuk kita buka.

Selain itu, ada pula anjuran untuk melafalkan doa yang ditulis oleh Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya' Ulumiddin. Melalui doa ini, manusia bisa memasrahkan segala yang terjadi pada Allah SWT.

Artinya:

"Ya Allah, setiap pagi saya tak mampu menghindar dari apa yang saya benci, saya pun tak kuasa mendapatkan apa yang saya inginkan. Segala urusan ada di luar kekuasaan saya, diri saya tergadaikan dengan perbuatan saya, maka tidak ada yang lebih miskin dari saya. Jangan Engkau beri kegembiraan musuh di atas penderitaan saya. Jangan Engkau jadikan cobaan saya dalam agama saya. Jangan Engkau jadikan urusan dunia sebagai kesusahan terbesar saya. Jangan Engkau jadikan orang yang tak mengasihani saya sebagai pemimpin saya. Ya Allah yang Maha Hidup dan Mengurus Segala Sesuatu."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.