Sukses

Quraish Shihab: Meneladani 4 Sifat Allah dari Kata Al Barr

Makna keempat dari sifat Allah, Al Barr. Al Barr artinya semua ajaran dan tuntunannya dianugerahkan kepada manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Al Barr adalah salah satu sifat yang dimiliki Allah SWT. Menurut mantan Menteri Agama Quraish Shihab, banyak makna dimiliki dari sifat Allah yang satu ini. Yang pertama adalah kebenaran.

"Mereka yang patut dan taat dinamai Barr. Karena dia membuktikan ketaatannya dengan membenarkan apa yang diperintahkan kepadanya. Dia pun juga menepati janji," ungkap cendikiawan muslim ini. 

Lantas apa yang dijanjikan Allah kepada umatnya? Khususnya janji-janjinya yang baik. Sedangkan janji ancamannya karena kemurahannya tidak Dia tepati. 

Makna kedua dan ketiga dari sifat Allah ini adalah luas dan berbicara tanpa dapat dipahami. 

Quraish Shihab juga menjelaskan makna keempat dari sifat Allah, Al Barr. Al Barr artinya semua ajaran dan tuntunannya dianugerahkan kepada manusia, bahkan semua makhluk di bumi dan alam raya. 

"Jika kita berusaha meneladani sifat Al Barr ini, kita harus mampu menyebarluaskan kebaikan untuk seluruh makhluk Allah di permukaan bumi ini. Jika kita berusaha meneladani sifat Allah ini maka kebajikan, kebaikan tidak hanya kita khususkan kepada orang-orang di dekat kita, seagama atau sebangsa dengan kita. Tetapi hendaknya itu menyuluruh kepada setiap orang yang butuh," ucap Quraish Shihab. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.