Sukses

Idul Fitri Jatuh Hari Jumat, Tetap Jumatan?

Sholat Jumat memiliki kedudukan yang setara dengan sholat Id.

Jakarta Jika sesuai perhitungan kalender, 1 Syawal 1439 H jatuh pada 15 Juni 2018. Artinya, Idul Fitri berlangsung pada hari Jumat.

Pemerintah belum menetapkan kapan jatuhnya Idul Fitri tahun ini. Tetapi, dua ormas Islam Indonesia, Muhammadiyah dan Persatuan Islam melalui metode hisab (perhitungan) menetapkan Idul Fitri jatuh pada Jumat 15 Juni.

Di hari Jumat terdapat Sholat Jumat yang juga dianggap sama dengan Sholat Id. Lantas, apakah tetap harus menjalankan sholat Jumat jika paginya ada Sholat Id?

Dikutip dari laman rumaysho, terdapat sebuah riwayat yang menjelaskan mengenai persoalan ini. Dalil tersebut diriwayatkan Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majah, dari Iyas bin Romlah Asy Syamiy.

"Aku pernah menemani Mu'awiyah bin Abi Sufyan dan ia bertanya pada Zaid bin Arqom, 'Apakah engkau pernah menyaksikan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bertemu dengan dua 'ied (hari Idul Fitri atau Idul Adha bertemu dengan hari Jumat) dalam satu hari?' 'Iya', jawab Zaid. Kemudian Mu'awiyah bertanya lagi, 'Apa yang beliau lakukan ketika itu?' 'Beliau melaksanakan sholat 'ied dan memberi keringanan untuk meninggalkan sholat Jumat,' jawab Zaid lagi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Siapa yang mau shalat Jum’at, maka silakan'."

Asy Syaukani dalam kitab As Sailul Jaror berpendapat dalil ini memiliki syahid atau riwayat penguat. Imam Nawawi dalam kitab Al Majmu' mengatakan sanad dalil ini jayyid (antara shahih dan hasan).

Sementara 'Abdul Haq Asy Syubaili dalam kitab Al Ahkam Ash Shugro berpendapat sanad dalil ini adalah shahih. Sedangkan Syeikh Al Albani dalam Al Ajwibah An Nafi'ah mengatakan dalil ini shahih.

Dengan demikian, meninggalkan sholat Jumat karena sudah melaksanakan sholat Id di hari yang sama dibolehkan. Tetapi, tidak pula dilarang seseorang melaksanakan Jumatan meskipun sudah menjalankan sholat Id.

Apabila seorang Muslim tidak mengerjakan sholat Jumat karena telah melaksanakan sholat Id, dia tetap harus melaksanakan sholat Zuhur. Namun jika memilih sholat Jumat tentu lebih baik.

Sumber: Dream.co.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.