Sukses

5 Tradisi Perayaan Lebaran Paling Unik di Dunia

Masyarakat muslim di Tanah Air memang memiliki tradisi khas yang sulit untuk di cari di negara muslim lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan memang telah berakhir dan Idul Fitri telah selesai dilaksanakan, namun semarak serta kemeriahan hari kemenangan ini masih terasa hingga sekarang. Idul Fitri atau yang biasa dikenal dengan istilah lebaran memang menjadi momen yang sangat berbahagia bagi umat Islam di seluruh dunia. Lebaran juga kerap menjadi sesuatu yang istimewa karena semua umat muslim bisa berkumpul bersama keluarga tercinta.

Dalam menyambut datangnya hari raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia bisa dikatakan sebagai juaranya. Masyarakat muslim di Tanah Air memang memiliki tradisi khas yang sulit untuk di cari di negara muslim lainnya. Misalnya tradisi mudik dari kota besar ke kampung halaman secara besar-besaran, membuat ketupat, serta memasak kuliner wajib seperti opor ayam adalah salah satu kelebihan tradisi di Indonesia.

Umat muslim di berbagai negara tetap punya caranya masing-masing merayakan lebaran. Ada yang menempatkan Idul Fitri tak lebih meriah dibanding Idul Adha. Namun, ada juga negara seperti Indonesia yang memberlakukan libur nasional panjang untuk menandai akhir bulan puasa.

Berikut lima tradisi perayaan lebaran paling unik di dunia, yang khas di setiap negara. Unik di sini artinya seperti kehadiran ketupat atau baju koko yang hanya ada dalam kebiasaan muslim Indonesia.

Tradisi muslim Palestina pelesir ke pantai Israel saat lebaran

Seperti yang kita tahu, Israel dan Palestian memanglah dua negara yang saling bersengketa, hampir tidak ada kata yang pas untuk menggambarkan kekejaman dari negara Israel. Namun, dibalik permusuhan yang abadi antara dua negara di Timur Tengah ini ternyata ada satu cerita unik di dalamnya. Ya, di sana ternyata ada salah satu tradisi unik saat lebaran tiba.

Mayoritas penduduk Israel adalah yahudi dan sangat sedikit yang beragama Islam, tentu karena tak ada Islam maka hari raya Idul Fitri pun tidaklah ada di Israel. Namun satu yang unik, sepanjang libur tiga hari setelah berakhirnya bulan Ramadan, pantai-pantai besar yang ada di Israel akan di penuhi umat muslim Palestina. Ko bisa?

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini