Sukses

Warga Mulai Sesaki Pusat Pakaian Grosir Pasar Butung Wajo

Pengunjung rata-rata berasal dari luar Kota Makassar.

Liputan6.com, Makassar - Pasar Butung yang merupakan pusat pakaian grosir di Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai disesaki pengunjung yang rata-rata berdatangan dari luar daerah Kota Makassar.

Rizal (35), warga Kabupaten Sengkang yang ditemui Liputan6.com,  saat berbelanja di Pasar Butung Jalan Sabutung Kecamatan Wajo, Makassar Sulsel, Senin (6/7/2015), mengaku memilih berbelanja sebelum H-7 , karena guna menghindari sesaknya pengunjung bila mendekati perayaan Lebaran.
Lebaran
"Biasanya kalau H-7 Lebaran itu yang belanja di sini sangat banyak sehingga kita kesulitan jika ingin kesini. Jadi agar belanjanya bisa plong, saya mulai berbelanja hari ini (H-10) bersama keluarga, ini saja sudah agak sesak kita lihat sendiri saja pak," ujar Rizal.

Hal yang sama juga diakui pedagang baju muslimah di Pasar Butung, ‎Nila Maryati (45). Dia menyebutkan penjualan baju-baju Muslimah sejak H+7 puasa sudah sangat tinggi dan terus meningkat jelang Lebaran nantinya.

"Penjualan meningkat di mana rata-rata pembeli grosiran itu dari luar kota Makassar. Namun tetap juga ada pembeli dari masyarakat kota Makassar sendiri, yah hitung-hitung keuntungan rata-rata pedagang mendekati Lebaran itu bisa capai hingga ratusan juta,"kata Nila.

Menurut dia, minat masyarakat lebih memilih membeli pakaian di Pasar Butung, selain karena harga yang ditawarkan lebih murah juga kualitas pakaian yang bersaing dan tak ketinggalan model yang tren saat ini.

"Dibanding mereka ke mal-mal tentu perlu persiapan dana yang lebih. Sehingga mereka ke Pasar Butung disamping pilihan lebih banyak dan kualitas bersaing, di Pasar Butung itu harga lebih murah dan tidak ketinggalan tren kekinian juga," jelas dia.

Mengenai waktu-waktu padat pengunjung, Nila mengatakan biasanya terjadi di H-7 dari Lebaran. "Kalau dari pengalaman sebelumnya pembeli membludak itu sekitar H-7, asli kita kewalahan ladeni permintaan pembeli. Ini saja sudah sangat sesak tapi jika ingin melihat jumlah pengunjung yang lebih besar lagi datang saja di H-7 pasti akan kelihatan ribuan orang disini, "ungkap Nila yang sudah 25 tahun berdagang pakaian grosiran di pasar Butung Makassar ini. (Eka/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.