Sukses

Hatta: SDM Jadi Pilar Utama Peradaban Bangsa

Hatta mengatakan, langkah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bergantung pada kecerdasan manusia dan iptek.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa tampil 1 panggung bersama lawannya, Jusuf Kalla atau JK. Keduanya unjuk gigi dalam debat cawapres bertema Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Dalam pemaparan visi dan misinya Hatta mengatakan, langkah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bergantung pada kecerdasan manusia dan iptek. Dan kemajuan SDM bergantung pada 2 faktor, yakni pendidikan dan kesehatan.

"Indonesia bisa maju jika kita meletakkan SDM sebagai pilar utama membangun peradaban bangsa. Sejauh mana kita dapat menjamin seluruh warga Indonesia untuk meningkatkan pendidikan yang inklusif dan berkualitas sedini mungkin," kata Hatta dalam debat cawapres di ballroom Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (29/6/2014).

"Prabowo dan Hatta dapat menjawab dengan mempermudah akses dan memperluas jangkauan pendidikan," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, iptek bermanfaat untuk membantu bangsa ini mengelola sumber daya alamnya (SDA) sendiri. Dan dengan iptek juga, masyarakat yang kritis dan inovatif dapat terbentuk.

Tak cuma itu, Hatta juga menyinggung pentingnya aspek kesehatan. "Dengan kesehatan, produktivitas masyarakat dapat terjamin. Penting untuk meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan pusat-pusat informasi agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan untuk membangun bangsanya," pungkas Hatta.

Debat Jilid IV antar-Cawapres akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Adu gagasan kali ini bertema Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Debat kali ini akan dipandu oleh moderator Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Bidang Kerja Sama, Dwikorita Karnawati. Prabowo Subianto dan Joko Widodo atau Jokowi turut mendampingi masing-masing cawapres-nya dalam debat jilid IV ini. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini