Sukses

Survei LSI: Jokowi-JK 45%, Prabowo-Hatta 38,7%

Sedangkan, angka swing voters atau pemilih mengambang berkurang menjadi 16,3%.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil survei elektabilitas 2 kandidat capres-cawapres 2014. Dari hasil survei itu, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) masih unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Hasil survei yang kami lakukan menunjukan, pasangan Jokowi-JK memperoleh 45%, sedangkan Prabowo-Hatta meraih 38,7%," kata peneliti LSI Adjie Alfaraby di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (15/6/2014).

Melihat angka yang diperoleh, kedua pasangan mengalami kenaikan elektabilitas. Sedangkan, angka swing voters atau pemilih mengambang berkurang.

"Kita melihat kedua pasangan sudah berhasil mengambil suara swing voter sehingga sekarang angkanya tinggal 16,3%," lanjutnya.

Jika diperhatikan, persaingan antara kedua pasangan ini semakin ketat. Selisih suara antara keduanya pun semakin dekat.

"Kita melihat, angkanya semakin ketat. Sekarang selisihnya tinggal 6,3%. Jadi bisa dikatakan keduanya masih punya peluang," ungkap dia.

Survei LSI ini dilakukan pada 1-9 Juni 2014 dengan metodologi multistagerandom sampling. Survei dilakukan kepada 2.400 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin error survei ini mencapai plus minus 2%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.