Sukses

Proses Panjang Jokowi Jadi Capres

Jokowi membeberkan proses panjang menjadi Capres dari PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Mandat sebagai calon presiden 2014 telah dikantongi Jokowi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mandat itu diakui Jokowi tak didapatnya dengan instan.

Dalam program Menuju RI 1 yang ditayangkan Indosiar, Jumat (14/3/2014), Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo itu membeberkan proses panjang menjadi Capres dari PDIP.

"Proses pencapresan ini proses panjang. Saat itu September di Rakernas PDIP saya diperintahkan Ketua Umum membaca Dedication Life Bung Karno. Saat itu kita belum ngerti, ini proses panjang," ungkap Jokowi.

"Lalu saya diajak Ketua Umum Megawati ke 4 universitas untuk bicara Jakarta. Kemudian bertemu beliau setiap hari. Ini adalah proses panjang dan memang itulah proses politik," imbuhnya.

Lalu, Jokowi juga mengaki diajak Megawati ke Blitar untuk berziarah ke makam Sang Proklamator Bung Karno. "Ke blitar itu adalah ziarah dan mendoakan Bung Karno agar diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya karena beliau adalah bapak bangsa dan proklamator kita."

Meski begitu, Jokowi merahasiakan kapan persisnya ia mendapatkan mandat dari Megawati untuk jadi Capres. "Penetapannya kapan, biar saya dan Bu Mega saja yang tahu," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.