Sukses

Sinopsis Top Gun: Maverick, Kembalinya Tom Cruise Sebagai Pilot Pesawat Tempur

Film Top Gun: Maverick adalah sekuel dari film klasik Top Gun yang dirilis pada tahun 1986.

Liputan6.com, Jakarta Film Top Gun: Maverick adalah sekuel dari film klasik Top Gun yang dirilis pada tahun 1986. Film ini disutradarai oleh Joseph Kosinski dan dibintangi oleh Tom Cruise, yang kembali memerankan peran ikoniknya sebagai Pete Maverick Mitchell. Film ini mengambil latar cerita di era modern dan menghadirkan aksi penerbangan tempur yang spektakuler serta drama yang mendalam, menceritakan perjalanan Maverick dalam menghadapi tantangan baru di Angkatan Laut Amerika Serikat.

Film Top Gun: Maverick dijadwalkan rilis di bioskop-bioskop Amerika Serikat pada 28 April 2022 (CinemaCon) dan 27 Mei 2022 (Amerika Serikat) oleh Paramount Pictures. Di Indonesia, sekuel ini mengudara pada Mei 2022 lalu dan disambut hangat publik. Kini, Top Gun: Maverick bisa disaksikan secara legal via platform streaming.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai sinopsis film Top Gun: Maverick yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sinopsis Film Top Gun: Maverick

Film drama laga ini, Top Gun: Maverick, merupakan sekuel dari film klasik Top Gun (1986) yang dipimpin oleh Tom Cruise. Cerita Top Gun: Maverick mengisahkan tentang para pilot muda yang dilatih oleh Pete Maverick Mitchell (Tom Cruise), seorang pilot senior yang kembali ke pangkalan untuk misi memusnahkan persenjataan nuklir musuh. Kembalinya Maverick sebagai pelatih tidak hanya merupakan perintah, tetapi juga sebuah upaya untuk melindungi pangkalan dari ancaman yang semakin meningkat, termasuk dari sahabat dan saingannya, Laksamana Laut Tom Ice Man Kazansky (Val Kilmer).

Namun, plot Top Gun: Maverick menjadi semakin kompleks dengan munculnya sosok Bradley Rooster Bradshaw (diperankan oleh Miles Teller), anak dari mendiang Goose (alias Lt. Nick Bradshaw), yang memiliki hubungan erat dengan Maverick. Rooster, yang masih mengidap dendam dan menyalahkan Maverick atas kematian ayahnya, menambahkan dimensi emosional yang mendalam dalam cerita ini. Konflik antara Maverick dan Rooster semakin memuncak, namun Maverick mampu membuktikan disiplin dan keahliannya sebagai seorang pilot jet tempur yang ulung.

Dengan alur cerita yang menggugah, Top Gun: Maverick menjanjikan aksi penerbangan yang spektakuler, pertempuran udara yang mendebarkan, dan kisah pribadi yang mengharukan. Film ini tidak hanya melanjutkan warisan Top Gun yang ikonik, tetapi juga mengeksplorasi dinamika hubungan antara mentor dan murid, serta beban emosional dari masa lalu yang terus menghantui.

3 dari 5 halaman

Produksi Film Top Gun: Maverick

Film Top Gun: Maverick yang disutradarai oleh Joseph Kosinski, mulai diproduksi pada 30 Mei 2018 di San Diego, California, dan berlanjut hingga Maret 2019. Proses syuting film ini menggunakan kamera full-frame 6K bersertifikat IMAX, yang memberikan kualitas visual luar biasa. Menurut laporan dari Deadline, pengambilan gambar dilakukan di berbagai lokasi di Amerika Serikat, termasuk California, Washington, dan Maryland.

Awalnya, tanggal rilis Top Gun: Maverick ditetapkan pada 12 Juli 2019, namun mengalami beberapa kali penundaan hingga akhirnya dirilis pada tahun 2022. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat itu membuat beberapa perusahaan OTT mencoba menggoda Paramount Pictures untuk merilis film ini di platform streaming. Namun, Tom Cruise, yang juga berperan sebagai produser, bersikeras agar film ini dirilis eksklusif di bioskop, sebuah keputusan yang terbukti tidak salah.

Kesuksesan Top Gun: Maverick mencatatkan sejarah baru dalam karier Tom Cruise, melampaui pencapaian film sebelumnya, Mission: Impossible - Fallout. Deadline melaporkan bahwa pada 17 Juni 2022, Mission: Impossible - Fallout telah menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi dalam karier Tom Cruise, setelah meraih lebih dari 800 juta dolar AS di seluruh dunia. "Top Gun: Maverick" berhasil melampaui rekor tersebut, membuktikan daya tarik dan keberhasilan besar film ini di box office.

4 dari 5 halaman

Tayang di Platform Streaming

Top Gun: Maverick pertama kali ditayangkan di acara bergengsi Festival Film Cannes 2022. Berdasarkan laporan dari Variety, para hadirin di festival tersebut menyambut film ini dengan sangat antusias, bahkan memberikan standing ovation yang berlangsung sekitar lima menit, menunjukkan apresiasi tinggi terhadap film tersebut. Setelah penayangan perdananya, Top Gun: Maverick kemudian dirilis secara global di bioskop pada berbagai tanggal: 28 April 2022 di CinemaCon dan 27 Mei 2022 di Amerika Serikat, oleh Paramount Pictures.

Di Indonesia, sekuel yang sangat dinantikan ini mulai tayang pada Mei 2022, memberikan kesempatan bagi penggemar lokal untuk menikmati aksi dan drama dalam film ini di layar lebar. Film ini juga memperluas aksesibilitasnya dengan tersedia secara legal melalui layanan streaming Catchplay+ mulai 24 Agustus 2022, memungkinkan lebih banyak penonton untuk menikmati film tersebut di kenyamanan rumah mereka. Penayangan di berbagai platform ini menegaskan komitmen Paramount Pictures dan Tom Cruise untuk menjangkau audiens global, sambil mempertahankan pengalaman sinematik yang khas di bioskop.

5 dari 5 halaman

Para Pemeran Film Top Gun: Maverick

  1. Tom Cruise sebagai Kapten Pete "Maverick" Mitchell, seorang instruktur penerbangan AL AS.
  2. Miles Teller sebagai Bradley "Rooster" Bradshaw, seorang pilot palam pelatihan, dan putra tandem mendiang Maverick, Nick "Goose" Bradshaw.
  3. Jennifer Connelly sebagai bunga cinta Maverick, yang merupakan ibu tunggal dan pemilik bar.
  4. Jon Hamm sebagai Laksamana Madya Beau "Cyclone" Simpson.
  5. Glen Powell sebagai Letnan Jake "Hangman" Seresin.
  6. Lewis Pullman sebagai Letnan Robert "Bob" Floyd.
  7. Ed Harris sebagai Laksamana Muda Chester "Hammer" Cain, yang merupakan atasan Maverick.
  8. Val Kilmer sebagai Laksamana Tom "Iceman" Kazansky, sesama instruktur juga teman dan mantan saingan Maverick.
  9. Monica Barbaro sebagai Letnan Natasha "Phoenix" Trace.
  10. Manny Jacinto sebagai Letnan Billy "Fritz" Avalone.
  11. Charles Parnell sebagai Laksamana Madya Solomon "Warlock" Bates.
  12. Jay Ellis sebagai Letnan Reuben "Payback" Fitch.
  13. Bashir Salahuddin sebagai Bintara tinggi Bernie "Hondo" Coleman.
  14. Danny Ramirez sebagai Letnan Mickey "Fanboy" Garcia.
  15. Jake Picking sebagai Letnan Brigham "Harvard" Lennox.
  16. Raymond Lee sebagai Logan "Yale" Lee.
  17. Jean Louisa Kelly sebagai Sarah Kazansky, istri Iceman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.