Sukses

Resep Asem-asem Daging Kuah Segar, Menu Ramah Kolesterol

Resep asem-asem daging tidak hanya memberikan sensasi segar yang khas, tetapi juga menjadi pilihan olahan daging yang rendah kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Asem-asem daging adalah hidangan khas Indonesia yang memadukan rasa asam, pedas, dan manis dalam setiap suapannya. Resep asem-asem daging tidak hanya memberikan sensasi segar yang khas, tetapi juga menjadi pilihan olahan daging yang rendah kolesterol. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara memasak yang sederhana, asem-asem daging cocok untuk santapan yang menyegarkan dan mengenyangkan. 

Resep asem-asem daging terdiri dari potongan daging yang empuk dengan kuah yang kaya rasa dari asam jawa, manis dari bumbu dan rempah. Tambahan cabai dapat memberikan sentuhan pedas sesuai dengan preferensi masing-masing. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi hangat serta dilengkapi dengan sambal, lalapan, kerupuk, dan acar untuk memperkaya citarasa.

Asem-asem daging juga dapat disajikan dalam berbagai kesempatan, mulai dari makan sehari-hari hingga acara khusus. Kombinasi rasa yang seimbang membuat hidangan ini disukai oleh banyak orang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner Indonesia yang kaya akan cita rasa. Berikut resep asem-asem daging yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Asem-asem Daging

Bahan

  • 500 gram daging sapi, potong dadu kecil
  • 2 sdm Minyak Goreng Jagung MamaSuka
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri, sangrai
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 buah cabai rawit (sesuai kepedasan yang diinginkan)
  • 2 sdm gula merah, serut
  • 2 sdm asam jawa, larutkan dengan air
  • 5 buah belimbing wuluh
  • 3 buah tomat
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Rebus daging sapi dalam panci dengan air secukupnya sampai mendidih. Buang air rebusan dan rebus kembali daging dengan air bersih hingga empuk, lalu tiriskan.
  2. Panaskan Minyak Goreng Jagung MamaSuka dalam wajan, tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, daun salam, serai, dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan potongan daging sapi yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk hingga daging berubah warna.
  4. Tambahkan cabai merah, cabai rawit, dan gula merah serut. Aduk rata dan masak sebentar.
  5. Tuangkan air rebusan daging secukupnya hingga daging terendam. Masak dengan api kecil hingga daging empuk. Jika menggunakan panci presto, masak dengan tekanan tinggi selama 30-40 menit.
  6. Setelah daging empuk, tambahkan larutan asam jawa, belimbing wuluh, dan tomat yang sudah diiris. Aduk rata dan masak sebentar lagi.
  7. Koreksi rasa dengan menambahkan garam sesuai selera.
  8. Asem-asem daging siap disajikan hangat dengan nasi putih atau lalapan sesuai selera.
3 dari 3 halaman

Tips Mengolah Daging Agar Empuk

  1. Bagian daging yang mengandung sedikit lemak dan serat, seperti brisket atau daging bagian paha belakang, cenderung lebih empuk saat dimasak. Pemilihan bagian daging yang tepat dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan.
  2. Saat merebus daging, pastikan menggunakan api kecil dan proses memasaknya dilakukan secara perlahan selama beberapa jam. Proses memasak yang lambat membantu melembutkan serat daging dan menjadikannya lebih empuk.
  3. Beberapa bahan seperti cuka, jus lemon, atau tomat memiliki sifat asam yang dapat membantu memecah serat daging. Tambahkan bahan-bahan ini ke dalam rebusan untuk menghasilkan daging yang lebih empuk dan beraroma.
  4. Jika memungkinkan, gunakan panci presto untuk memasak daging. Panci presto menggunakan tekanan tinggi yang dapat mempercepat proses memasak dan membuat daging menjadi lebih empuk dalam waktu yang lebih singkat.
  5. Potongan daging yang lebih kecil akan memasak lebih cepat dan meresap bumbu dengan baik, sehingga daging akan menjadi lebih empuk dan lezat saat disantap.
  6. Setelah proses memasak selesai, biarkan daging beristirahat sejenak sebelum diiris atau disajikan. Hal ini membantu daging mempertahankan kelembutannya dan menjadikannya lebih enak saat dinikmati.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat mengolah daging dengan lebih baik sehingga mendapatkan hasil akhir yang empuk dan nikmat, terutama saat membuat hidangan asem-asem daging yang lezat. Selamat mencoba!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.