Sukses

4 Cara Cek BPJS Gratis dari Pemerintah, Online dan Offline

Cara cek BPJS gratis dari pemerintah secara online maupun offline.

Liputan6.com, Jakarta Mengurus BPJS Kesehatan adalah langkah penting untuk memastikan akses kesehatan yang memadai bagi setiap warga negara. Salah satu hal yang perlu diketahui adalah cara cek BPJS gratis dari pemerintah, terutama bagi mereka yang memenuhi syarat menerima layanan ini. Dengan mengetahui cara cek BPJS gratis dari pemerintah, peserta dapat memastikan status kepesertaan mereka dan menghindari masalah saat memanfaatkan layanan kesehatan.

Mengetahui cara cek BPJS gratis dari pemerintah juga membantu peserta meminimalisir risiko perubahan status yang tidak diinginkan. Misalnya, saat status kepesertaan berubah menjadi peserta mandiri akibat perubahan kondisi pekerjaan atau pendaftaran mandiri. Informasi ini sangat penting karena status mandiri berarti peserta harus membayar iuran sendiri, berbeda dengan BPJS gratis yang ditanggung oleh pemerintah.

Pentingnya memahami cara cek BPJS gratis dari pemerintah tidak bisa diabaikan. Dengan mengetahui status kepesertaan, peserta dapat memastikan bahwa mereka tetap mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus khawatir tentang pembayaran iuran. Jangan sampai kita lengah dan tidak mengetahui status BPJS Kesehatan kita sendiri. 

Untuk itu, mari simak lebih lanjut rangkuman cek bpjs gratis dari pemerintah secara online maupun offline yang telah Liputan6.com rangkum pada Selasa (18/6).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Cek Status Kepesertaan JKN KIS di Mobile JKN

Mengetahui status kepesertaan JKN-KIS sangat penting untuk memastikan Anda dapat terus memanfaatkan layanan kesehatan yang tersedia. Salah satu cara paling mudah untuk mengecek status keaktifan kepesertaan adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Berikut adalah langkah-langkah yang lebih detail dan lengkap untuk mengecek status kepesertaan JKN-KIS Anda melalui aplikasi ini:

1. Buka Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Mobile JKN yang telah terpasang di smartphone Anda. Pastikan Anda memiliki versi terbaru dari aplikasi ini untuk memastikan semua fitur berfungsi dengan baik.

2. Login Menggunakan NIK atau Nomor Kartu dan Password

Setelah membuka aplikasi, Anda perlu melakukan login. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor kartu JKN-KIS Anda di kolom yang tersedia. Kemudian, masukkan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Jika Anda belum memiliki akun, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi tersebut.

3. Masukkan Captcha

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode captcha yang ditampilkan pada layar. Ketikkan kode tersebut pada kolom yang telah disediakan. Captcha ini berfungsi untuk memastikan bahwa yang mencoba masuk adalah manusia, bukan bot. Setelah itu, klik tombol "Login" untuk melanjutkan.

4. Pilih Menu Peserta

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Di sini, pilih menu "Peserta" untuk melihat informasi lebih lanjut tentang status kepesertaan Anda.

5. Lihat Informasi Status Keaktifan Kepesertaan JKN-KIS

Pada halaman menu peserta, Anda akan menemukan berbagai informasi penting terkait kepesertaan Anda. Halaman ini akan menampilkan status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda beserta data identitas yang terkait. Pastikan semua informasi yang ditampilkan sesuai dengan data Anda untuk menghindari kesalahan atau ketidakaktifan yang tidak terduga.

3 dari 5 halaman

Cara Cek Status Kepesertaan JKN KIS di CHIKA

Cek status kepesertaan JKN-KIS sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tetap dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah. Salah satu cara yang praktis dan cepat untuk mengecek status kepesertaan Anda adalah melalui layanan CHIKA. Layanan ini tersedia di beberapa platform media sosial BPJS Kesehatan seperti Facebook Messenger, Telegram, dan WhatsApp. Berikut adalah panduan lengkap untuk mengecek status kepesertaan JKN-KIS melalui CHIKA:

Layanan CHIKA dapat diakses melalui beberapa aplikasi media sosial BPJS seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400. Berikut langkah-langkah yang lebih detail:

1. Akses Layanan CHIKA melalui Media Sosial

  • Facebook Messenger: Buka aplikasi Facebook Messenger dan cari akun resmi BPJS Kesehatan di facebook/BPJSKesehatanRI/.
  • Telegram: Buka aplikasi Telegram dan cari bot resmi BPJS Kesehatan di @Chika_BPJSKesehatan_bot.
  • WhatsApp: Simpan nomor 08118750400 di kontak telepon Anda, lalu buka aplikasi WhatsApp dan mulai percakapan dengan nomor tersebut.

2. Pilih Menu Cek Status Peserta

Setelah berhasil mengakses layanan CHIKA melalui salah satu platform di atas, pilih menu yang sesuai untuk mengecek status kepesertaan. Menu ini biasanya tersedia dalam daftar pilihan yang diberikan oleh sistem otomatis CHIKA.

3. Masukkan Nomor Peserta atau NIK

Ketik nomor peserta JKN-KIS Anda atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang diminta. Pastikan nomor yang Anda masukkan benar untuk menghindari kesalahan informasi.

4. Masukkan Tanggal Lahir

Ketik tanggal lahir Anda sesuai dengan format yang diminta oleh sistem. Format yang digunakan biasanya hari-bulan-tahun (dd-mm-yyyy).

5. Lihat Informasi Status Keaktifan Kepesertaan JKN-KIS

Setelah Anda memasukkan nomor peserta atau NIK dan tanggal lahir dengan benar, CHIKA akan menampilkan informasi status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda. Informasi ini akan mencakup status aktif atau tidaknya kepesertaan Anda dan data terkait lainnya.

4 dari 5 halaman

Cara Cek Status Kepesertaan JKN KIS di Care Centre 165

Mengetahui status kepesertaan JKN-KIS adalah hal yang krusial untuk memastikan akses layanan kesehatan tetap terjamin. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah melalui BPJS Kesehatan Care Center 165. Layanan ini tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, sehingga Anda bisa mengecek status kepesertaan kapan saja. Berikut adalah panduan lengkap untuk mengecek status kepesertaan JKN-KIS melalui Care Center 165:

1. Menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di Nomor 165

Langkah pertama adalah menghubungi BPJS Kesehatan Care Center melalui telepon di nomor 165. Layanan ini tersedia sepanjang waktu, sehingga Anda dapat menghubungi kapan saja sesuai kebutuhan.

2. Memilih Jenis Layanan 1 (Satu)

Setelah tersambung dengan Care Center, Anda akan mendengar beberapa pilihan layanan. Pilih jenis layanan nomor 1 (satu) untuk melanjutkan ke layanan informasi terkait BPJS Kesehatan.

3. Memilih Layanan Status Kepesertaan

Selanjutnya, Anda akan diberikan beberapa opsi layanan lainnya. Pilih layanan yang berkaitan dengan status kepesertaan untuk mengecek keaktifan JKN-KIS Anda.

4. Masukkan Nomor Peserta atau NIK

Setelah memilih layanan status kepesertaan, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor peserta JKN-KIS atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) Anda. Pastikan Anda memasukkan nomor dengan benar agar informasi yang diberikan akurat.

5. Masukkan Tanggal Lahir

Setelah memasukkan nomor peserta atau NIK, Anda akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir Anda sesuai format yang diminta oleh sistem. Biasanya format yang digunakan adalah hari-bulan-tahun (dd-mm-yyyy).

6. Mendengarkan Informasi Status Keaktifan Kepesertaan JKN-KIS dari VIKA

Setelah semua data dimasukkan dengan benar, sistem otomatis yang dikenal sebagai VIKA (Virtual Assistant BPJS Kesehatan) akan menyampaikan informasi mengenai status keaktifan kepesertaan JKN-KIS Anda. Informasi yang disampaikan meliputi apakah status kepesertaan Anda masih aktif atau tidak, serta data identitas yang terkait.

5 dari 5 halaman

Pengecekan di Kantor Cabang Terdekat

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengecek status BPJS Kesehatan adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BPJS Kesehatan. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Mendatangi Kantor Cabang Terdekat

Langkah pertama adalah mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat di wilayah Anda. Pastikan Anda mengetahui jam operasional kantor tersebut agar tidak datang di luar jam pelayanan.

2. Mengambil Nomor Antrean dan Menunggu

Sesampainya di kantor cabang, carilah mesin antrean dan ambil nomor antrean yang sesuai dengan keperluan Anda. Setelah mendapatkan nomor, tunggulah hingga nomor Anda dipanggil oleh petugas.

3. Menyampaikan Keinginan untuk Mengecek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK

Setelah nomor Anda dipanggil, sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengecek status BPJS Kesehatan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Jelaskan dengan jelas agar petugas dapat membantu Anda dengan cepat dan tepat.

4. Menyebutkan NIK kepada Petugas

Ketika diminta oleh petugas, sebutkan NIK Anda dengan jelas dan benar. Petugas akan memverifikasi informasi yang Anda berikan dan memeriksa data kepesertaan BPJS Kesehatan Anda di sistem mereka.

5. Mendapatkan Informasi Nomor dan Status BPJS Kesehatan

Setelah petugas memeriksa data Anda, mereka akan memberikan informasi mengenai nomor BPJS Kesehatan Anda beserta status keaktifannya. Pastikan untuk memeriksa kembali informasi yang diberikan untuk memastikan semuanya akurat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek status BPJS Kesehatan langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan. Metode ini sangat berguna bagi mereka yang lebih nyaman mendapatkan informasi secara langsung dan bertatap muka dengan petugas. Pastikan selalu membawa dokumen identitas yang diperlukan untuk mempermudah proses pengecekan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.