Sukses

Doa Akhir Tahun Islam Lengkap, Arab, Latin dan Artinya

Bacaan doa akhir tahun Islam dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Liputan6.com, Jakarta Di ambang pergantian tahun, tradisi membaca doa menjadi hal yang tak terpisahkan bagi umat Islam. Doa akhir tahun Islam mengemuka sebagai bentuk introspeksi dan permohonan ampun atas segala kesalahan yang terjadi selama setahun terakhir. Ini bukan sekadar ritual, melainkan momen yang sarat makna karena mengajarkan kita untuk merenungkan perjalanan spiritual dan memohon kepada Allah SWT untuk diampuni atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Namun, doa akhir tahun Islam bukan hanya menjadi awal dari upaya spiritual yang lebih dalam. Saat kita memasuki tahun baru, doa awal tahun menjadi landasan untuk mengawali lembaran baru dengan niat yang lebih baik. Dalam doa akhir tahun Islam ini, umat Islam berharap untuk diberikan perlindungan dari segala keburukan dan petunjuk agar dapat menjalani masa depan dengan lebih baik.

Momen pergantian tahun seakan menjadi titik balik bagi banyak orang, termasuk dalam dimensi spiritual. Doa akhir tahun Islam dan doa awal tahun menjadi jembatan yang menghubungkan antara introspeksi dan harapan baru. Dengan membaca doa-doa tersebut, kita mengisyaratkan tekad untuk memperbaiki diri dan memohon kepada Allah SWT agar memberikan petunjuk dan perlindungan di setiap langkah hidup kita.

Untuk bacaan lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber bacaan doa akhir tahun Islam dalam bahasa Arab, latin dan artinya, Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Akhir Tahun Islam

Tradisi membaca doa akhir tahun dalam agama Islam merupakan momen penting yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW sebagai sarana introspeksi dan permohonan ampun atas segala dosa dan kesalahan yang telah terjadi selama setahun. Dalam hadits, Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca doa akhir tahun sebanyak 3 kali. Doa ini menjadi wujud pengakuan atas perbuatan yang dilakukan sepanjang tahun yang mungkin melanggar larangan-Nya, serta sebagai wujud permohonan ampun atas kesalahan yang disadari atau bahkan belum disadari.

Berikut adalah bacaan doa akhir tahun yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ 'amiltu min 'amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'alâ 'uqûbatî, wa da'autanî ilat taubati min ba'di jarâ'atî 'alâ ma'shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ 'amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa'attanî 'alaihits tsawâba, fa'as'aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha' rajâ'î minka yâ karîm.

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa ini mengandung permohonan ampun atas perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran-Nya dan belum sempat untuk bertaubat. Di samping itu, juga terdapat pengakuan atas kesalahan yang dilakukan dengan sengaja, serta permohonan untuk diberikan petunjuk agar dapat kembali pada jalan yang benar.

Dalam doa akhir tahun ini, umat Islam juga memohon agar Allah SWT menerima perbuatan yang telah diridhai-Nya dan memberikan pahala yang telah dijanjikan-Nya. Doa ini juga mengajarkan untuk tetap berharap dan tidak berputus asa atas rahmat dan ampunan-Nya yang Maha Pemurah.

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Awal Tahun Islam

Setelah menjalani momen introspeksi dan memohon ampun dengan membaca doa akhir tahun, langkah selanjutnya yang diajarkan dalam ajaran Islam adalah membaca doa awal tahun. Doa awal tahun menjadi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan perlindungan dari godaan setan dan bala tentaranya serta pertolongan dalam menghadapi nafsu yang sering menggoda untuk melakukan hal-hal yang buruk. Doa ini juga menjadi ajakan agar setiap aktivitas yang dilakukan dalam tahun baru mendekatkan diri kepada rahmat-Nya.

Berikut adalah bacaan doa awal tahun beserta artinya:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'alâ fadhlikal 'azhîmi wa karîmi jûdikal mu'awwal. Hâdzâ 'âmun jadîdun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ'ih, wal 'auna 'alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû'I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.