Sukses

Resep Nasi Goreng Solaria yang Gurih, Atur Sendiri Isiannya

Banyak orang bahkan mencoba untuk membuat resep nasi goreng Solaria sendiri di rumah guna menghemat biaya, mengingat harga dari menu ini terbilang cukup mahal di restoran Solaria.

Liputan6.com, Jakarta Nasi goreng adalah salah satu hidangan favorit banyak orang di Indonesia, dan nasi goreng ala restoran Solaria menjadi salah satu yang paling populer. Dikenal dengan rasa gurih mantap dan isian seafood yang melimpah, nasi goreng ini telah menjadi incaran banyak orang. Banyak orang bahkan mencoba untuk membuat resep nasi goreng Solaria sendiri di rumah guna menghemat biaya, mengingat harga dari menu ini terbilang cukup mahal di restoran Solaria.

Restoran Solaria dikenal sebagai salah satu tempat makan yang memiliki banyak cabang di berbagai kota. Meskipun menu yang ditawarkan memiliki cita rasa yang lezat, namun bagi sebagian orang, harga yang cukup tinggi. Oleh karena itu, munculnya minat untuk mencoba membuat resep nasi goreng Solaria sendiri di rumah menjadi hal yang wajar.

Salah satu kelebihan dari resep nasi goreng Solaria adalah kemudahannya dalam penyajiannya. Campuran seafoodnya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, sedangkan telurnya dapat diolah menjadi orak-arik, telur goreng, atau telur dadar sesuai dengan preferensi pribadi. Sebaiknya, resep nasi goreng Solaria segera dinikmati selagi hangat. Berikut resep nasi goreng Solaria yang Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahan Resep Nasi Goreng Solaria

  1. 400 g nasi putih dingin
  2. 3 sdm minyak sayur
  3. 2 siung bawang putih, cincang halus
  4. 100 g udang kupas
  5. 100 g cumi-cumi bersih, iris melintang tipis
  6. 5 buah bakso ikan, iris tipis
  7. 1 buah cabe merah, iris tipis
  8. 2 sdm kacang polong beku
  9. 2 sdm wortel, potong kecil
  10. 1 batang daun bawang, iris kasar
  11. 2 butir telur ayam, kocok

Bumbu

  1. 2 sdm kecap ikan
  2. 2 sdm saus tiram
  3. 1/2 sdt merica bubuk
  4. 1 sdt garam

Pelengkap

  1. Acar timun
  2. Kerupuk
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Nasi Goreng Solaria

  1. Aduk-aduk nasi putih agar terurai dan tidak menggumpal.
  2. Panaskan minyak sayur di wajan, tumis bawang putih hingga harum dan kecokelatan.
  3. Masukkan udang, cumi-cumi, dan bakso ikan. Aduk hingga matang.
  4. Tambahkan potongan cabe merah, kacang polong, wortel, dan daun bawang. Aduk hingga bahan-bahan tersebut layu.
  5. Pindahkan campuran tumisan ke sisi wajan yang kosong, lalu tuangkan telur yang sudah dikocok ke sisi yang lainnya. Aduk-aduk cepat hingga telur berbentuk gumpalan kecil.
  6. Campurkan nasi putih dan bumbu ke dalam wajan. Besarkan api, aduk cepat hingga semua bahan tercampur rata dengan bumbu.
  7. Angkat nasi goreng dari wajan, dan sajikan selagi hangat dengan pelengkap acar timun dan kerupuk.
4 dari 4 halaman

Tips Resep Nasi Goreng Solaria

1. Pilih Nasi yang Tepat

Gunakan nasi dingin yang agak kering atau butiran nasinya utuh untuk mendapatkan tekstur nasi goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam. Jika memungkinkan, masukkan nasi ke dalam lemari es semalaman sebelumnya untuk hasil yang lebih baik.

2. Tambahkan Bumbu yang Berkualitas

Untuk menambahkan aroma dan rasa yang khas pada nasi goreng, gunakan kecap atau saus ikan yang berkualitas baik. Jika suka, tambahkan sedikit minyak wijen untuk memberikan sentuhan khas pada rasa nasi goreng.

3. Sesuaikan Rasa Pedas

Nasi goreng ala Solaria biasanya tidak terlalu pedas. Namun, jika Anda menyukai rasa pedas, tambahkan irisan cabe rawit hijau atau merah sesuai selera. Pastikan untuk mengaduk hingga rata agar rasa pedas merata di seluruh hidangan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan nasi goreng yang Anda buat akan memiliki tekstur yang renyah, aroma yang harum, dan rasa yang sesuai dengan preferensi Anda. Selamat mencoba!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.