Sukses

Mengenal Mandiri Internet Bisnis, Begini Cara Registrasinya

Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri adalah Mandiri Internet Bisnis (MIB)

Liputan6.com, Jakarta Bank Mandiri telah lama menjadi salah satu pilar utama dalam industri perbankan Indonesia. Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di negara ini, Bank Mandiri dikenal sebagai bank yang mengutamakan inovasi dan pelayanan berkualitas. Terbukti, dari berbagai produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada nasabah dari berbagai segmen pasar.

Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri adalah Mandiri Internet Bisnis (MIB). MIB merupakan sebuah platform e-banking yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan transaksi finansial dan non-finansial bagi nasabah bisnis. Keunggulan utama dari Mandiri Internet Bisnis adalah kemudahan akses yang ditawarkan kepada nasabah, baik itu perorangan maupun perusahaan, terutama yang masuk dalam kategori perusahaan kecil dan menengah.

Mandiri Internet Bisnis adalah layanan Bank Mandiri yang dapat diakses melalui situs web resmi mib.bankmandiri.co.id. Dengan akses yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja, nasabah dapat mengelola keuangan bisnis mereka dengan efisien dan efektif, meningkatkan produktivitas dan pengendalian atas keuangan perusahaan mereka. Berikut ulasan lebih lanjut tentang Mandiri Internet Bisnis yang Liputan6.com rangkum dari laman bankmandiri.co.id, Kamis (2/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layanan Mandiri Internet Bisnis

Mandiri Internet Bisnis adalah sebuah platform e-banking yang didesain untuk memudahkan Nasabah bisnis dari segmen perorangan hingga perusahaan, khususnya perusahaan kecil dan menengah, dalam melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui aplikasi internet banking. Fitur yang disediakan mencakup informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, administrasi, informasi bisnis, dan aktivitas bisnis.

Salah satu keuntungan utama menggunakan layanan Mandiri Internet Bisnis adalah kemudahan dalam mengatur transaksi keuangan perusahaan. Nasabah dapat dengan cepat dan efisien mengelola pembayaran, transfer dana, dan kegiatan bisnis lainnya melalui platform ini. Selain itu, akses yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui internet membuatnya sangat praktis untuk digunakan.

Selain praktis, layanan ini juga menguntungkan secara finansial. Nasabah tidak perlu membayar biaya bulanan dan dapat mengatur limit harian untuk setiap jenis transaksi sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Hal ini membantu dalam mengontrol pengeluaran dan menjaga keuangan perusahaan tetap terkendali.

Keamanan juga menjadi prioritas dalam Mandiri Internet Bisnis. Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem keamanan SSL yang tinggi, sehingga data dan transaksi Nasabah terjaga dari ancaman cyber. Selain itu, Nasabah diminta untuk mengisi Company ID, User ID, dan password untuk masuk ke dalam layanan, serta menggunakan token untuk bertransaksi, meningkatkan tingkat keamanan transaksi secara keseluruhan.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, Mandiri Internet Bisnis menjadi pilihan yang cerdas bagi Nasabah bisnis yang menginginkan kemudahan, hemat, dan keamanan dalam mengelola keuangan perusahaan mereka.

3 dari 4 halaman

Syarat dan Ketentuan Mandiri Internet Bisnis

Berikut Syarat dan Ketentuan Mandiri Internet Bisnis (MIB) yang harus dipenuhi oleh Nasabah untuk menggunakan layanan ini.

1. Syarat Pendaftaran MIB

  1. Nasabah harus memiliki rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan Bisnis.
  2. Mengisi dan menandatangani formulir Aplikasi MIB di Cabang pengelola rekening serta menyerahkan copy bukti kepemilikan rekening Mandiri Giro atau Mandiri Tabungan Bisnis.
  3. Jika akan digunakan rekening pihak lain, Nasabah harus menyerahkan asli surat kuasa dari pemilik rekening. Jika rekening tersebut akan dibatalkan penggunaannya, Nasabah harus memberitahukannya kepada Bank beserta asli pencabutan dari pemilik rekening.
  4. Membaca, memahami, dan menandatangani Syarat dan Ketentuan MIB.

2. Ketentuan Umum

  1. Nasabah harus mengambil starter pack di Cabang sebelum menggunakan layanan MIB. Jika tidak diambil dalam 3 bulan sejak pendaftaran, pendaftaran menjadi batal.
  2. Nasabah dapat menggunakan layanan MIB untuk memperoleh informasi dan melakukan transaksi perbankan yang telah ditentukan.
  3. Nasabah harus mengoperasikan sendiri Layanan MIB dan tidak boleh menyerahkan pengoperasiannya kepada pihak lain yang tidak berhak. Nasabah bertanggung jawab penuh terhadap penggunaan Company ID, User ID, Password, dan Token.
  4. Bank memiliki hak untuk mengubah atau memodifikasi sistem/software MIB sesuai kebutuhan.

3. Ketentuan Khusus Pengguna Transaksi

  1. Nasabah akan diberikan Password pertama kali oleh Bank dan harus menggantinya dengan Password baru yang hanya diketahui oleh Nasabah.
  2. Nasabah bertanggung jawab atas penunjukan pejabat/petugas dalam pengoperasian MIB.
  3. Transaksi yang dilakukan oleh Nasabah melalui MIB merupakan bukti transaksi yang sah.
  4. Nasabah wajib melaporkan perubahan yang berkaitan dengan penggunaan MIB kepada Bank.
  5. Bank berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari Nasabah dalam beberapa kondisi tertentu seperti saldo tidak mencukupi atau terdapat indikasi tindak pidana.

4. Penghentian Akses Layanan MIB

  1. Layanan MIB akan dihentikan dalam beberapa kondisi seperti permintaan tertulis dari Nasabah, penutupan seluruh rekening yang terkait, atau kesalahan memasukkan Password sebanyak 3 kali berturut-turut.
  2. Untuk mengaktifkan kembali layanan, Nasabah harus menghubungi Mandiri Call 14000 atau Cabang yang melakukan pendaftaran MIB.

Syarat dan Ketentuan ini mengatur berbagai aspek dari penggunaan layanan MIB, mulai dari pendaftaran, penggunaan, hingga penghentian layanan. Nasabah diharapkan memahami dan mematuhi ketentuan-ketentuan tersebut agar dapat menggunakan layanan Mandiri Internet Bisnis secara aman dan efektif.

4 dari 4 halaman

Cara Registrasi Mandiri Bisnis

Registrasi Mandiri Internet Bisnis relatif mudah dan dilakukan melalui kantor cabang Bank Mandiri dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Persiapan Dokumen

Nasabah perorangan perlu menyediakan KTP dan buku tabungan, sementara nasabah perusahaan harus melampirkan KTP, buku tabungan, dan surat kepemilikan perusahaan.

2. Mengisi Form Registrasi

Nasabah diwajibkan untuk mengisi form registrasi aplikasi Mandiri Internet Bisnis. Formulir ini biasanya tersedia di kantor cabang Bank Mandiri.

3. Pendaftaran di Kantor Cabang

Setelah persiapan dokumen dan pengisian form registrasi selesai, Nasabah dapat melakukan pendaftaran langsung di kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

4. Penyerahan Dokumen

Nasabah harus menyerahkan dokumen yang diperlukan seperti KTP, buku tabungan, dan surat kepemilikan perusahaan kepada petugas yang bertugas di kantor cabang.

5. Pemberian Starter Pack

Setelah proses pendaftaran selesai, Nasabah akan diberikan starter pack Mandiri Internet Bisnis. Starter pack ini berisi buku petunjuk penggunaan serta token yang diperlukan untuk transaksi.

6. Pengambilan Token

Token yang merupakan alat keamanan untuk transaksi akan tersedia untuk diambil setelah 14 hari kerja (tergantung lokasi) di kantor cabang tempat Nasabah mendaftar.

7. Penerimaan Company ID, User ID, dan Password

Nasabah juga akan menerima Company ID, user ID, dan password first time login yang dikirimkan melalui email Nasabah.

Setelah proses registrasi selesai, Nasabah dapat melakukan transaksi melalui layanan Mandiri Internet Bisnis dengan mengakses alamat website resmi yang disediakan oleh Bank Mandiri. Langkah-langkah untuk mengakses layanan tersebut melibatkan pengisian Company ID, User, dan password yang telah diberikan pada saat pendaftaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.