Sukses

Profil PT Bank Mandiri, Sejarah Berdiri dan Produk-Produknya

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mandiri merupakan salah satu badan usaha milik negara atau BUMN di Indonesia yang menyediakan berbagai macam produk dan layanan keuangan. Berdiri sejak 2 Oktober 1998, PT Bank Mandiri adalah salah satu bank terbesar di Indonesia dalam hal jumlah aset, pinjaman dan simpanannya.

PT Bank Mandiri merupakan hasil dari program restrukturisasi bank pemerintah Indonesia, yang mana PT Bank Mandiri merupakan gabungan dari empat bank milik negara, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Exim, Bank Dagang Negara dan Bapindo. Berkantor pusat di Jakarta, PT Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang paling dikenal oleh masyarakat.

Menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia, membuat PT Bank Mandiri terus mengembangkan berbagai produk dan layanan keuangan, yang diharapkan dapat membantu berbagai kebutuhan nasabahnya. Mulai dari penawaran berbagai jenis pinjaman, hingga layanan asuransi dan investasi dapat dengan mudah diakses oleh para nasabah.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Bank Mandiri yang Liputan6.com rangkum dari laman bankmandiri.co.id pada Jumat (9/12/2022). Profil PT Bank Mandiri, sejarah berdirinya PT Bank Mandiri serta produk dan layanan PT Bank Mandiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Bank Mandiri

Profil PT Bank Mandiri

PT Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, yang dilebur menjadi PT Bank Mandiri. 

Dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, PT Bank Mandiri tetap meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.

Setelah melalui proses konsolidasi dan integrasi menyeluruh di segala bidang, PT Bank Mandiri berhasil membangun organisasi bank yang solid dan mengimplementasikan core banking system baru yang terintegrasi menggantikan core banking system dari keempat bank legacy sebelumnya yang saling terpisah. 

Sejak didirikan, kinerja Bank Mandiri senantiasa mengalami perbaikan terlihat dari laba yang terus meningkat dari Rp1,18 triliun di tahun 2000 hingga mencapai Rp5,3 triliun di tahun 2004. Bank Mandiri melakukan penawaran saham perdana pada 14 Juli 2003 sebesar 20% atau ekuivalen dengan 4 miliar lembar saham.

Visi : Menjadi partner finansial pilihan utama anda

Misi : Menyediakan solusi perbankan digital yang handal dan simple yang menjadi bagian hidup nasabah

Nilai-nilai Utama :

- Amanah : Memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

- Kompeten : Terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

- Harmonis : Saling peduli dan menghargai perbedaan.

- Loyal : Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

- Adaptif : Terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan.

- Kolaboratif : Membangun kerja sama yang sinergis.

 

Panduan Perilaku :

- Memenuhi janji dan komitmen

- Bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan

- Berpegang teguh kepada nilai moral dan etika

- Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah

- Membantu orang lain belajar

- Menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik

- Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya

- Suka menolong orang lain

- Membangun lingkungan kerja yang kondusif

- Menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara

- Rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar

- Patuh kepada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika

- Cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik

- Terus-menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi

- Bertindak proaktif

- Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi

- Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah

- Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama

 

Tema Program Kerja Budaya :

1. Satu Hati Satu Mandiri

2. Mandirian Tangguh

3. Tumbuh Sehat

4. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

5. Bersama Membangun Negeri

 

Kantor Pusat : Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38. Jakarta 12190 Indonesia

Telp: 14000, +62-21-52997777

Email: mandiricare@bankmandiri.co.id

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Bank Mandiri

Sejarah PT Bank Mandiri

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang selanjutnya disebut PT Bank Mandiri didirikan di Indonesia pada tanggal 2 Oktober 1998 berkantor pusat di Jakarta. berdasarkan Peraturan Pemerintah No.75 tahun 1998 tanggal 1 Oktober 1998. 

Akta pendirian telah disahkan oleh menteri kehakiman berdasarkan Surat Keputusan No. C2- 16561 HT.01.Th98 tanggal 2 Oktober 1998, serta diumumkan pada tambahan No. 6859 dalam berita Negara Republik Indonesia No.97 tanggal 4 Desember 1998. 

Pada bulan Juli 1999 Bank Mandiri didirikan melalui pengalihan hampir seluruh Saham Pemerintah Republik Indonesia yaitu PT. Bank Bumi Daya (Persero), PT. Bank Dagang Negara (Persero), PT. Bank Ekspor Impor Indonesia (Persero), dan PT. Bank Pembangunan Indonesia dan Setoran Tunai Pemerintah.

PT Bank Mandiri merupakan bank hasil restrukturisasi yang dilakukan pemerintah Indonesia pasca krisis moneter tahun 1998. Bank Mandiri merupakan bank milik pemerintah Republik Indonesia yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saham sebesar 60% dimiliki bank pemerintah Republik Indonesia dan 40% sisanya dimiliki publik. 

Bank Mandiri mengklaim sebagai bank terbesar di Indonesia sekaligus sebagai bank BUMN terbesar di Indonesia berdasarkan total asetnya. Total aset yang dimiliki Bank Mandiri sebesar Rp 733.1 triliun pada penutupan tahun 2013. Berdasarkan jumlah pangsa pasarnya per Desember 2013, Bank Mandiri telah menguasai 15.2% dari total pasar di seluruh Indonesia. 

Ini dibuktikan dari jumlah rekening yang terdaftar di Bank Mandiri yang mencapai 14 juta rekening dengan merauk laba bersih sebesar Rp 18.2 triliun. Berdasarkan data penutupan tahun 2013, Bank Mandiri memiliki 2.050 kantor cabang dengan mempekerjakan sebanyak 33.982 pegawai di seluruh Indonesia. 

Sampai dengan tahun 2013, Bank Mandiri telah memiliki 7 kantor cabang luar negeri atau perwakilan, yaitu Cayman Island, Singapura, Hongkong, Shanghai, London-UK, Dili-Timor Leste, Mandiri International Remittance di Kuala Lumpur-Malaysia. Dengan demikian membuktikan bahwa Bank Mandiri merupakan bank yang memiliki visibilitas tinggi.

4 dari 4 halaman

Produk dan Layanan Keuangan PT Bank Mandiri

Produk dan Layanan Keuangan PT Bank Mandiri 

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, PT Bank Mandiri telah menyediakan berbagai pilihan produk dan layanan perbankan terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup para nasabahnya. 

1. Simpanan 

Dapatkan keuntungan dan kenyamanan yang lebih baik dengan berbagai solusi simpanan dari Bank Mandiri.

- Tabungan Bisnis : Menghadirkan layanan yang cepat, mudah dan jaringan yang luas tersebar di Indonesia guna kelancaran transaksi bisnis.

- Deposito Rupiah : Pastikan memilih investasi yang memberi keuntungan, rasa aman, terpercaya dan dapat diandalkan.

- Deposito Valas : Nikmati berbagai pilihan jenis mata uang serta pembayaran bunga yang fleksibel untuk keperluan investasi valas anda.

- Tabungan Payroll - Perusahaan : Rasakan kemudahan menggunakan fasilitas pengajian di Bank Mandiri, serta dapatkan fasilitas keuangan yang bernilai lebih khusus untuk karyawan anda.

- Giro Rupiah : Hadirkan sarana pendukung yang terpercaya untuk mengembangkan usaha anda.

- Giro Valas : Nikmati berbagai keuntungan untuk simpanan valuta asing anda, dengan bertransaksi sesuai yang anda inginkan

 

2. Pinjaman 

Solusi pinjaman dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda

- Mikro : Nikmati kemudahan pembiayaan untuk kebutuhan untuk usaha produktif atau konsumtif bagi pengusaha mikro.

- Usaha Kecil dan Menengah : Hadirkan kemudahan pembiayaan untuk kebutuhan modal kerja dan investasi usaha anda.

- Corporate  : Berbagai solusi pembiayaan yang memberikan kemudahan dan flexibilitas dalam bertransaksi untuk kemajuan Bisnis anda

 

3. Kartu Kredit 

Nikmati berbagai keunggulan dan kemudahan melalui mandiri kartu kredit sesuai kebutuhan anda. Terdapat banyak fitur yang bisa diakses, yaitu :

- Power installment : ubah transaksi jadi cicilan dengan bunga ringan

- Power buy : belanja enteng bisa nyicil 0% di berbagai merchant

- Power bill : bayar tagihan rutin, kini bisa otomatis

- Power cash : tarik dana tunai dengan bunga ringan

- Mandiri protection : perlindungan atas pelunasan tagihan kartu kredit

- Power tap : bayar mudah, dengan sekali tap

 

4. Kartu Debit 

Miliki Kartu Mandiri Debit dan dapatkan kemudahan, kenyamanan serta keamanan dalam bertransaksi di dalam maupun luar negeri dan bertransaksi online. Fitur Mandiri Debit yaitu :

- Transaksi Online atau E-Commerce

- Biaya dan Limit

- Livin'poin

- Tarik Tunai ATM

- Transaksi Luar Negeri

- Notifikasi SMS

- Chip dan Pin

- Promo

 

5. Investasi dan Asuransi 

Percayakan perlindungan diri anda dan keluarga serta investasi dengan berbagai produk investasi dan asuransi kami.

- Reksadana : Nikmati berbagai macam investasi reksadana kami, sesuai kebutuhan anda

- ORI dan Sukuk Ritel : Nikmati berinvestasi dengan obligasi negara

- Asuransi - AXA Mandiri : Nikmati berbagai pilihan asuransi dari Axa Mandiri sesuai dengan kebutuhan anda

- Asuransi Kesehatan - Mandiri In Health : Nikmati manfaat dari perlindungan jiwa bagi anda dan keluarga tercinta

- Asuransi Umum - Mandiri AXA General Insurance : PT Mandiri AXA General Insurance memberikan beragam solusi perlindungan kerugian aset dan layanan asuransi umum bagi Nasabah dan mitra bisnis

 

6. E-Banking 

Mandiri e-banking memungkinkan anda bertransaksi dengan mudah kapan saja dan dimana saja

- Livin' by Mandiri : Sahabat finansial yang menemani kapan pun dan dimanapun nasabah berada. Living a lively life with Livin' by Mandiri.

- Mandiri e-money : Nikmati kemudahan dan kenyamanan hidup dengan satu kartu untuk berbagai transaksi harian anda.

- LinkAja : Nikmati layanan fitur pembayaran yang lengkap dari aplikasi buah karya sinergi perusahaan kebanggaan bangsa Indonesia

- Livin' Usaha : Nikmati keuntungan dan kemudahan transaksi dengan QRIS Bank Mandiri.

 

7. Pengiriman Uang 

Layanan pengiriman dan penerimaan uang secara mudah dan aman di seluruh dunia

- Outgoing Transfer : Kemudahan dan keamanan pengiriman uang ke seluruh dunia

- Incoming Transfer : Penerimaan uang dari luar negeri secara cepat dan aman

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS