Sukses

Bak Film ‘Mission Impossible’, Aksi Pencuri Bertopeng Wajah Nyata Ini Apes

Aksi pencurian pakai topeng ala film laga.

Liputan6.com, Jakarta Kisah unik aksi seorang pencuri yang memakai topeng wajah nyata layaknya adegan film Mission Impossible menarik perhatian dunia maya. Namun, kelakuan apesnya membuatnya berakhir tragis di tangan polisi.

Pada 6 Maret 2024, laporan perampokan mendarat di meja polisi Shanghai. Dalam kejadian itu, empat unit hunian di sebuah kompleks perumahan ditembus melalui jendela, dengan kerugian mencapai lebih dari 100.000 yuan atau setara dengan Rp 222 juta.

Petugas melakukan pengecekan pada rekaman kamera pengawas dan menemukan sosok pria berpenampilan lanjut usia yang mencurigakan, lengkap dengan masker silikon yang membuatnya nyaris tak dikenali. Namun, sang pencuri luput dari rekaman saat meninggalkan kompleks.

Melalui petunjuk yang ditinggalkan di salah satu flat yang disatroni, penyelidik berhasil mengaitkan jejak tersebut dengan rekam jejak kriminal dalam database mereka. Kejadian pencurian ini bak di film laga, berikut Liputan6.com merangkum aksi pencurian unik melansir dari South China Morning Post, Kamis (4/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Polisi Lacak Pencuri Bertopeng Wajah Realistis

Hanya dalam waktu kurang dari 24 jam, polisi berhasil melacak keberadaan pria tersebut di sebuah hotel yang terletak 60 km dari lokasi kejahatan. Barang curian beserta peralatan pencurian dan topeng silikon yang sangat realistis berhasil diamankan.

Hasilnya, sosok pencuri teridentifikasi sebagai seorang pria berusia 40-an, sebuah kesimpulan yang mengejutkan mengingat sosok di rekaman pengawasan sangat bertolak belakang dengan penampilan sebenarnya.

Polisi enggan memberikan detail mengenai metode yang mereka gunakan untuk melacak keberadaan Tong. Namun, di media sosial, banyak spekulasi muncul bahwa kartu SIM yang terdaftar atas namanya menjadi kunci utama dalam pelacakan tersebut.

Tiongkok telah menerapkan kebijakan pendaftaran nama asli untuk nomor telepon dan kartu SIM sejak tahun 2016. Selama pandemi Covid-19, pemerintah Tiongkok juga menggunakan kode rencana perjalanan untuk mengontrol pergerakan orang di ruang publik, yang juga dapat melacak lokasi seseorang melalui koneksi telepon seluler.

3 dari 3 halaman

Berlaga Ala Film Mission Impossible

Kisah kejadian ini mengingatkan banyak orang akan adegan-adegan seru dalam franchise film aksi mata-mata Hollywood, Mission: Impossible. Dalam film-film tersebut, karakter utama yang diperankan oleh Tom Cruise sering menggunakan topeng dan penyamaran untuk menyelesaikan misi-misi sulitnya.

Namun, perlu dicatat bahwa topeng yang digunakan oleh Tong jauh dari sempurna jika dibandingkan dengan kualitas topeng yang digunakan dalam film-film Mission: Impossible. Tong mengaku membeli topeng tersebut secara online dengan harga yang relatif murah.

Pria tersebut, yang diketahui bernama Tong, mengaku mencoba menggunakan topeng tersebut untuk menipu kamera pengintai. Namun, nasib keras menunggunya karena dia ditangkap dengan cepat oleh pihak berwajib.

Meskipun menimbulkan rasa lega atas penangkapan sang pencuri, kisah ini juga mengundang tawa dan hiburan bagi banyak pengguna media sosial yang menyaksikan kejadian tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.