Sukses

9 Tips Lebaran untuk Orang Introvert, Agar Tetap Nyaman di Tengah Keriuhan Hari Raya

Tips lebaran untuk para introvert dapat membantu orang-orang dengan energi sosial terbatas ini merasa lebih nyaman di hari raya.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran adalah momen yang penuh keceriaan dan kebersamaan bagi sebagian besar orang, di mana keluarga dan kerabat berkumpul untuk merayakan bersama. Namun, bagi individu dengan kepribadian introvert, momen ini dapat menimbulkan perasaan kewalahan interaksi sosial yang intens. Tips lebaran untuk para introvert dapat membantu orang-orang dengan energi sosial terbatas ini merasa lebih nyaman di hari raya. 

Sebagian besar introvert cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri atau dalam lingkaran kecil yang lebih terkontrol. Mereka lebih memilih fokus pada pikiran, perasaan, dan suasana hati internal mereka, dibandingkan dengan mencari stimulasi eksternal melalui interaksi sosial yang luas.

Tips lebaran untuk para introvert tidak hanya akan membantu individu introvert merasa lebih nyaman dan terjaga kesejahteraannya, tetapi juga memungkinkan mereka untuk tetap menikmati momen Lebaran dengan keluarga dan kerabat terdekat tanpa merasa terlalu terbebani oleh tingkat interaksi sosial yang tinggi. Berikut tips lebaran untuk para introvert yang Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ambil Jeda

Tips lebaran untuk para introvert yang pertama adalah mengambil jeda. Jika merasa kewalahan dengan banyaknya pertemuan dan aktivitas sosial, penting untuk mengambil jeda sejenak. Manfaatkan waktu untuk diri sendiri dengan mendapatkan ruang pribadi di rumah, seperti ruang belakang yang jarang digunakan. Hindari menggunakan ruangan yang sering digunakan orang lain, seperti kamar mandi, untuk menghindari gangguan.

Agar dapat mengisi ulang energi secara optimal, penting untuk menjadwalkan waktu untuk menyendiri di antara satu acara dengan acara lainnya. Manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan meditasi. Dengan cara ini, kita dapat tetap merasa nyaman dan terjaga kesejahteraannya selama momen Lebaran yang penuh dengan interaksi sosial.

2. Lakukan Aktivitas untuk Bisa Menyendiri

Meskipun aktivitas seperti mencuci piring atau membersihkan rumah terkadang dianggap membosankan, hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mengisi jeda dan mengembalikan energi selama momen Lebaran. Saat anggota keluarga sedang sibuk dengan aktivitas lain, manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan tugas-tugas rumah yang perlu dilakukan. Ini tidak hanya membantu mengurangi tekanan sosial, tetapi juga membuat orang lain menghargai tanggung jawab yang kita tunjukkan.

3. Memilah Jadwal

Sangat wajar jika sulit untuk menghadiri semua undangan dan acara sosial selama Lebaran. Untuk itu, penting untuk memilah jadwal dan mengatur prioritas. Pilihlah acara-acara yang memang penting dan ingin dihadiri, seperti berkunjung ke keluarga yang jarang ditemui, namun lewati acara yang tidak terlalu penting atau tidak nyaman. Analisislah biaya dan manfaat dari setiap acara, sehingga dapat memilih dengan bijak waktu yang akan dihabiskan untuk bersosialisasi.

3 dari 4 halaman

4. Pergi ke Acara Secara Terpisah

Jika merasa terbebani dengan kegiatan bersama keluarga yang terus-menerus, coba untuk pergi ke acara secara terpisah. Sampaikan dengan jelas kepada keluarga bahwa kita akan bergabung dengan mereka di lokasi yang sudah ditentukan. Jelaskan dengan baik bahwa ini adalah cara agar kita dapat bertemu semua orang tanpa merasa terlalu terbebani oleh interaksi sosial yang terlalu intens.

5. Lakukan Percakapan Ringan 

tips lebaran untuk para introvert selanjutnya adalah menjalin komunikasi dengan percakapan ringan yang tidak terlalu menguras energi. Bawa makanan atau minuman buatan sendiri untuk membuka percakapan ringan dengan orang-orang di sekitar. Fokuslah pada membangun hubungan yang lebih mendalam dengan berbicara satu lawan satu daripada terlibat dalam percakapan grup yang mungkin terasa berat bagi introvert.

6. Meninggalkan Acara Lebih Awal

Tidak ada yang mengharuskan seseorang untuk tinggal di acara hingga selesai. Datanglah ke acara, nikmati sejenak, bertemu dengan tuan rumah dan beberapa orang lain, lalu pergi dengan cara yang sopan dan hormat. Jika ada perasaan cemas atau canggung terkait keputusan untuk meninggalkan acara lebih awal, jangan ragu untuk menjelaskan alasannya kepada tuan rumah. 

Sampaikan dengan jelas bahwa kita senang bisa hadir, namun memiliki keterbatasan waktu. Buatlah rencana pertemuan pribadi di kemudian hari jika orang lain ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama.

4 dari 4 halaman

7. Mengubah Cara Berbelanja

Hiruk-pikuk liburan dan berbelanja oleh-oleh dapat menjadi faktor stres bagi introvert. Untuk menghemat energi, pertimbangkan untuk berbelanja secara online atau pilih waktu yang relatif sepi saat pergi ke toko fisik. Misalnya, kunjungi toko pada pagi hari di akhir pekan atau sore hari di hari kerja untuk menghindari keramaian yang berlebihan.

8. Berbicara dengan Jujur

Jangan ragu untuk berbicara dengan jujur jika ada situasi yang membuat Anda tidak nyaman. Misalnya, jika Anda tidak ingin bergabung dengan sesi foto keluarga atau terlibat dalam aktivitas tertentu, sampaikan secara sopan dan jelas keinginan Anda. Dengan berbicara dengan jujur, Anda dapat menghindari situasi yang tidak nyaman dan menjaga kesejahteraan mental Anda selama momen Lebaran.

9. Berbicara dengan Orang yang Dipercayai

Manfaatkan waktu untuk berbicara dengan orang-orang yang Anda percayai, seperti pasangan atau teman dekat, selama momen Lebaran. Berbagi pikiran, perasaan, dan pengalaman sebagai seorang introvert dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin Anda rasakan. 

Mereka dapat memberikan dukungan emosional, memahami situasi Anda, dan memberikan tempat yang aman untuk membagikan segala hal yang Anda rasakan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi rasa kesepian yang mungkin dirasakan oleh introvert selama momen berkumpul dengan banyak orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.