Sukses

Viral Desain Rumah Punya Banyak Kamar bagi Puluhan Keluarga, Cocok Buat Momen Mudik

Rumah berdesain jadul ini ternyata punya banyak kamar di dalamnya, yang bisa dihuni oleh puluhan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang membangun rumah untuk ajang pamer. Bagus atau tidaknya ditentukan oleh masing-masing pemilik, bukan tetangga atau orang lain yang lewat. Salah satu penilaian itu bisa dilihat dari fungsinya. Seperti penampakan sebuah rumah yang tampak sederhana, tetapi begitu luas saat masuk ke dalamnya. 

Rumah unik itu diperlihatkan dalam laman TikTok @melgitze, yang langsung viral mencuri perhatian netizen. Meski tampak sederhana dari luar, rumah tersebut punya manfaat yang besar. Yaitu, bisa menampung puluhan keluarga di dalamnya.

"Puluhan keluarga dalam 1 rumah ini," tulis pemilik akun dalam video, dikutip Liputan6.com dari akun TikTok @melgitze, Rabu (21/2/2024).

Belum diketahui pasti lokasi rumah dalam video tersebut, namun hunian itu dikatakan berada di sebuah kampung. Rumah tersebut tampak mempunyai halaman yang luas dan memiliki desain jadul alias zaman dulu. Ketika masuk ke dalam rumah, warganet akan dikagetkan dengan ruangannya yang luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa menampung puluhan keluarga yang mudik

Dalam video yang berdurasi hampir dua menit itu terlihat ruang tamu yang begitu luas. Terdapat barang-barang antik dan juga sofa di sana. Rumah ini memiliki banyak kamar. Ada empat kamar di lantai satu dengan ukuran yang terbilang kecil. Meski begitu, kamar-kamar tersebut bisa untuk tidur satu keluarga.

Lanjut ke lantai dua yang terdapat tiga kamar. Kamar di lantai atas itu ukurannya lebih besar dari yang ada di lantai bawah. Karena ukurannya yang besar, satu kamar di lantai dua itu bisa dihuni oleh dua keluarga sekaligus. Uniknya, semua kamar rata-rata memiliki AC.

Selain itu, pemilik akun juga sempat memperlihatkan penampakan kamar mandi. Desainnya juga masih mempertahankan tempo dulu, seperti terdapat sumur dan tempat mencuci baju yang luas. Di bagian belakang rumah itu juga masih ada ruang tamu, satu kamar lagi dan dapur.

Halaman belakang rumah pun tak kalah luas, karena biasa digunakan untuk tempat kumpul keluarga. Bertepatan dengan perayaan Imlek, di halaman belakang didirikan tenda hajatan kecil untuk melindungi meja dan kursi yang sudah disiapkan.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video viral rumah dengan banyak kamar ini sudah ditonton oleh 3,2 juta pengguna TikTok. Menurut pemilik akun, rumah itu memang hanya dipakai untuk kumpul keluarga saat mudik di acara-acara besar, seperti perayaan Imlek. Melihat video unik ini, warganet memberikan beragam komentarnya. 

"Jadul tapi bersih dan terawat, adem bgt liatnya," tulis akun @muti__aa.

"Duh bagus sekali rumah china tempo dulu, jadi inget pengen pulkam," tulis akun @dayuvvgv30q.

"Keknya ini cuma rumah singga di kampung untuk keluarga dari kota deh," tulis akun @jyt__.

"Tp ini bkn buat permanen kn? Hanya pada pulkam pas Imlek," tulis akun @taythetay93.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@melgitze

Rumah di kampung

♬ Warm instrumental music(1448025) - Tsukishima Kanade

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.