Sukses

16 Obat Panas Dalam Alami yang Ampuh, Redakan Rasa Tidak Nyaman di Tenggorokan

Meski obat panas dalam dapat dengan mudah ditemukan dipasaran, ada alternatif obat alami yang juga dapat dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Panas dalam sebetulnya bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala gangguan kesehatan. Istilah panas dalam berasal dari ilmu kedokteran tradisional Tiongkok yang percaya bahwa keseimbangan suhu tubuh manusia mirip dengan konsep Yin dan Yang. Ketidakseimbangan suhu tubuh, terutama kelebihan panas, dapat menyebabkan gejala panas dalam

Gejala panas dalam meliputi rasa tidak nyaman atau radang tenggorokan, terutama saat menelan makanan atau minuman. Sensasi panas atau terbakar juga dapat dirasakan, terkadang disertai dengan perasaan kering atau gatal di tenggorokan. Meski obat panas dalam dapat dengan mudah ditemukan dipasaran, ada alternatif obat alami yang juga dapat dicoba.

Penyebab panas dalam adalah peradangan di tenggorokan yang dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, iritasi, atau reaksi alergi terhadap zat tertentu. Peningkatan konsumsi makanan pedas atau berminyak, merokok, atau paparan asap kendaraan juga dapat memperburuk gejala. Obat panas dalam alami dapay meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan dengan aman dan efektif. Berikut alternatif obat panas dalam alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kumur Air Garam

Berkumur dengan larutan garam merupakan cara alami yang efektif untuk meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 20-30 detik. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang efektif.

2. Ampas Teh Celup

Sariawan merupakan salah satu gejala panas dalam. Kompres sariawan dengan menggunakan kantong teh celup yang sudah diseduh dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Daun teh memiliki sifat antiinflamasi alami yang bermanfaat dalam mengatasi panas dalam. Kompres area yang sakit selama 15-20 menit, tiga kali sehari.

3. Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi dapat menyebabkan beberapa gejala panas dalam seperti tenggorokan kering dan bibir pecah-pecah. Pastikan untuk minum cukup air putih setiap hari, minimal 2 liter atau sekitar sepuluh gelas untuk menggantikan cairan yang hilang dalam tubuh.

4. Madu

Madu murni telah terbukti efektif dalam meredakan masalah tenggorokan. Disarankan untuk menggunakan madu murni karena madu kemasan sering mengandung gula tambahan yang dapat memperparah kondisi tenggorokan. Madu dapat diminum langsung atau dicampur dengan teh, air hangat, atau larutan khusus dengan jahe dan lemon untuk meredakan panas dalam. Kandungan antibakteri ringan dalam madu dapat membantu meredakan rasa sakit di tenggorokan dan menjaga kelembapan bibir.

3 dari 5 halaman

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dengan es batu yang dibungkus kain lembut steril atau dengan mencelupkan kain bersih ke air dingin dapat membantu meredakan nyeri dan sariawan di tenggorokan serta area mulut lainnya yang terkena panas dalam.

6. Delima

Buah delima mengandung nutrisi penting seperti antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan yang memicu gejala panas dalam. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah delima serta sifat meredakan peradangan pada bijinya membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi panas dalam.

7. Pisang

Pisang memiliki tekstur lembut yang memberikan sensasi nyaman dan menenangkan saat dikonsumsi. Kandungan potasium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam pisang dipercaya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan terkait panas dalam.

8. Air Jahe

Air jahe memiliki senyawa antibakteri yang dapat membantu meredakan rasa nyeri di tenggorokan. Mengonsumsi air jahe secara teratur dapat digunakan sebagai obat panas dalam dengan efektif.

4 dari 5 halaman

9. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan astringent yang membantu melawan infeksi yang menyebabkan panas dalam. Minum teh chamomile secara teratur dapat membantu sebagai obat panas dalam dan memberikan efek menenangkan.

10. Air Kelapa

Air kelapa mengandung elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh dan mendinginkan sistem pencernaan. Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meredakan gejala nyeri dan panas dalam tenggorokan.

11. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu meredakan gejala panas dalam. Campuran air perasan lemon dengan air panas dan tambahan madu dapat memberikan efek menenangkan pada tenggorokan dan menjaga kelembaban membran mukosa.

12. Kentang

Kentang mengandung potasium, magnesium, vitamin B, dan nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan serat dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Kentang dapat dimasak menjadi kentang tumbuk untuk memudahkan konsumsi dan memberikan kenyamanan saat dimakan.

5 dari 5 halaman

13. Wortel

Wortel kaya akan beta karoten dan vitamin C, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyebab panas dalam. Namun, tekstur wortel yang keras dapat mengganggu saat makan dan memperparah gejala sakit tenggorokan. Wortel dapat dimasak menjadi sup halus atau puree untuk membantu meredakan panas dalam.

14. Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang dapat menangkal berbagai bakteri penyebab penyakit. Ini dapat menjadi solusi untuk masalah panas dalam, flu, dan batuk. Cuka apel dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya bersama segelas air hangat, atau dengan tambahan madu untuk meningkatkan rasanya.

15. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu meredakan radang tenggorokan secara alami. Anda dapat menumbuk dan merebus kunyit untuk mendapatkan sarinya. Minumlah ramuan herbal tersebut sekali sehari, atau Anda dapat mencampurkan madu dan perasan air lemon untuk hasil yang lebih optimal.

16. Sari Akar Licorice

Licorice atau akar manis, merupakan tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat, termasuk sebagai obat panas dalam alami. Minuman herbal dari sari akar licorice membantu mengencerkan sekresi lendir dan mengurangi peradangan pada tenggorokan, sehingga membuat tenggorokan terasa lebih lega.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.