Sukses

Bromance Adalah Persahabatan Pria Tanpa Ketertarikan Seksual, Simak Ciri-Ciri dan Manfaatnya

Bromance adalah persahabatan pria yang erat tanpa adanya ketertarikan seksual di antara.

Liputan6.com, Jakarta Bromance adalah hubungan persahabatan pria yang erat tanpa adanya ketertarikan seksual di antara mereka. Dalam bromance, persahabatan di antara pria biasanya sangat solid dan tidak kalah pentingnya dengan persahabatan antara wanita. Hubungan bromance seringkali ditandai dengan kepercayaan yang mendalam, saling mendukung dan keintiman emosional yang kuat.

Bromance adalah bentuk hubungan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental pria, karena mereka memiliki teman yang dapat mereka percayai untuk berbagi masalah dan rasa emosional. Selain itu, hubungan bromance juga dapat membantu meningkatkan self-esteem dan merasa lebih termotivasi dalam mencapai tujuan mereka.

Atribut dari bromance antara pria sendiri juga sangatlah unik. Mereka biasanya memiliki ketertarikan yang sama, seperti hobi, olahraga, atau kesukaan akan film dan musik. Mereka juga seringkali saling mendukung dalam hal karir dan merayakan kesuksesan masing-masing. Kejujuran dan kepercayaan menjadi salah satu nilai utama dalam hubungan bromance ini. 

Perlu diketahui juga, bahwa bromance adalah hubungan persahabatan yang sangat erat, di mana melibatkan kedekatan emosional dan kepercayaan yang mendalam antara dua orang pria. Walaupun mungkin terdengar seperti istilah yang baru, bromance sebenarnya telah ada sejak lama dan menjadi semakin populer di kalangan pria dewasa saat ini.

Berikut ini manfaat bromance yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/2/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti dan Sejarah Bromance

Persahabatan memiliki peran penting dalam kehidupan kita dan mendapatkan deskripsi baru seperti "Bromance," istilah populer untuk mendeskripsikan hubungan persahabatan dekat antara lelaki. Kata ini mungkin telah kamu kenal melalui serial drama, film, atau anime, karena Bromance menjadi elemen penting yang menarik penggemar untuk menonton karya tersebut.

Bromance sebagaimana diuraikan oleh Michael De Angelis dalam bukunya "Reading the Bromance: Homosocial Relationships in Film and Television," pertama kali muncul di kalangan luas saat editor majalah Skateboard, David Carnie, menggunakannya pada tahun 1990-an. Penggunaan istilah ini semakin meluas setelah rilis film "The 40-Year-Old Virgin" yang disutradarai oleh Judd Apatow pada tahun 2005.

Bromance adalah hubungan persahabatan yang erat, non-seksual dan kaya akan emosi antara dua lelaki. Terdiri dari kata "brother" dan "romance," istilah ini menyoroti kedalaman persahabatan tanpa menyiratkan unsur romantis atau seksual. Bromance fokus pada aspek emosional dan persahabatan yang dialami oleh teman lelaki dan tidak termasuk dalam kategori LGBT. Dalam pandangan Bromance, kedua individu membentuk ikatan kuat yang didasari oleh saling percaya dan dukungan emosional. Seperti persahabatan pada umumnya, Bromance tumbuh dari minat bersama dan kegiatan yang dilakukan bersama. Hubungan ini memungkinkan individu untuk secara terbuka mengekspresikan perhatian satu sama lain, sering kali ditandai dengan humor, gurauan, dan rasa persaudaraan yang kuat.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Pertemanan Bromance yang Sehat

Sama seperti hubungan pada umumnya, bromance yang sehat membutuhkan ciri-ciri khusus untuk menciptakan hubungan yang suportif dan saling menguntungkan satu sama lain. Berikut beberapa ciri-ciri dari bromance yang sehat:

Kejujuran

Pria cenderung menyembunyikan perasaan mereka, terutama di hadapan sesama pria. Namun, jika Anda atau pria yang dikenal dapat mengungkapkan perasaan dan kekhawatiran dengan nyaman pada pria lain, itu menandakan keberadaan bromance. Dalam hubungan ini, kejujuran tidak hanya ditekankan, tetapi juga harus ada rasa saling percaya satu sama lain sehingga mereka dapat berbagi rahasia terdalam.

Dapat Diandalkan

Bromance yang sehat memerlukan tingkat keterandalan yang tinggi. Hal ini tercermin dalam kemampuan untuk saling mengandalkan, seperti menepati janji satu sama lain. Membatalkan janji dan perubahan pikiran yang sering dapat merusak hubungan bromance. Kepercayaan yang kuat dapat tumbuh ketika keterandalan dijaga dengan baik.

Kesetiaan

Kesetiaan adalah elemen kunci dalam semua hubungan, termasuk bromance. Bromance yang dibangun di atas dasar kepercayaan memudahkan kedua pihak untuk saling berbagi tanpa rasa takut. Kesetiaan menciptakan fondasi yang kokoh untuk hubungan persahabatan yang berlangsung lama.

Ketertarikan yang Sama

Untuk menjaga bromance agar langgeng, penting bagi Anda dan sahabat memiliki hobi atau ketertarikan yang sama. Meskipun perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, keberadaan ketertarikan bersama memperkaya persahabatan. Bromance sering kali berawal dari kesamaan ketertarikan atau aktivitas yang dinikmati bersama.

Sifat Saling Melindungi

Bromance yang sehat dibangun atas perasaan ingin melindungi satu sama lain. Ini mencakup perlindungan dalam segala aspek, termasuk konfrontasi fisik. Bagi pasangan wanita yang memiliki pasangan dengan bromance, merasa bahagia dan mendukung merupakan sikap yang tepat. Tidak ada alasan untuk cemburu karena bromance adalah hubungan non-seksual dan platonis yang sangat wajar.

4 dari 4 halaman

Manfaat

Penghilang Stres

Memiliki sahabat dekat tanpa adanya hubungan asmara yang bisa Anda ajak berbagi, merupakan salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres. Menurut sebuah penelitian, memiliki seorang sahabat saat kondisi kesehatan mental sedang tidak baik bisa membantu menurunkan kortisol, yaitu hormon yang mempengaruhi tingkat stres. Adanya teman sangat baik untuk kesehatan mental seseorang, apalagi seorang teman dekat yang menjadi bromance Anda.

Wadah untuk Menjadi Diri Sendiri

Disadari atau tidak, masyarakat cenderung menuntut kaum pria untuk bertindak seolah mereka selalu baik-baik saja, bahkan ketika fakta menunjukkan sebaliknya. Dengan bromance, Anda bisa menjadi diri Anda sendiri di hadapan pria lain yang benar-benar peduli pada Anda. Anda bisa menunjukkan emosi yang terpendam dan sisi rapuh pada diri yang selalu disembunyikan dari orang lain. Dengan sahabat dekat, Anda bebas mengungkapkan pikiran tanpa khawatir atau takut akan dipandang sebagai pria yang tidak maskulin. Bisa menjadi diri sendiri tanpa adanya tekanan dari pihak lain, bisa meningkatkan kepercayaan diri yang mana sangat baik untuk kesehatan mental.

Baik untuk Kesehatan Fisik

Bromance bisa tercipta kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Tidak terkecuali di pusat kebugaran tempat Anda berolahraga secara rutin. Inilah mengapa bromance disebut baik untuk meningkatkan kesehatan fisik. Jika Anda memiliki teman untuk berolahraga, maka Anda akan lebih termotivasi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Memiliki Seseorang yang Diandalkan Selain Pasangan

Tidak peduli seberapa dekat Anda dengan pasangan, ada hal-hal yang tidak bisa Anda bagikan dengan mereka. Anda pasti tidak ingin menunjukkan sisi lemah dan rapuh di hadapan pasangan. Di sinilah bromance memiliki peran penting. Sahabat pria akan membuat Anda merasa aman dan nyaman secara emosional, sehingga Anda tidak segan untuk menunjukkan kerapuhan di depan mereka. Mereka juga akan saling menguatkan dan memberikan nasihat terbaik.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Seiring bertambahnya usia, memiliki sekelompok teman dekat menjadi sangat penting. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang memiliki lingkaran teman yang mendukung secara emosional, akan menurunkan risiko demensia dan komplikasi kesehatan lainnya yang biasa menyerang lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.