Sukses

LPDP 2024 Tahap Pertama Telah Dibuka, Simak Persyaratan dan Program Beasiswanya

LPDP 2024 adalah beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang mempunyai impian, melanjutkan pendidikan ke jenjang magister baik di dalam negeri dan luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) merupakan salah satu program beasiswa terbesar di Indonesia, di mana menyediakan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan, baik itu di dalam maupun luar negeri.

Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya dengan beasiswa LPDP 2024, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan umum meliputi status sebagai warga negara Indonesia, lulusan perguruan tinggi yang telah terakreditasi, serta memiliki IPK minimal 3,00.

Untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024, mahasiswa harus mengikuti proses seleksi yang ketat. Proses seleksi ini meliputi tahap pendaftaran online, seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, serta wawancara.

Selain itu, untuk mendapatkan beasiswa LPDP 2024, mahasiswa juga diharuskan memiliki rencana studi yang jelas, termasuk universitas dan program studi yang akan diikuti, serta alasan memilih program studi tersebut. Dengan adanya beasiswa LPDP, diharapkan dapat membantu mendukung pendidikan tinggi di Indonesia dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Berikut ini syarat dan cara mendaftar beasiswa LPDP 2024 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/1/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal LPDP 2024 dan Jadwalnya

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah secara resmi membuka kembali program beasiswa untuk tahun 2024, memberikan peluang berharga bagi masyarakat Indonesia yang tengah mencari dukungan keuangan, untuk melanjutkan pendidikan mereka. Beasiswa ini khususnya cocok untuk individu yang bermimpi untuk melanjutkan studi ke tingkat magister, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pendaftaran untuk beasiswa LPDP 2024 telah dimulai sejak tanggal 11 Januari 2024 dan dapat diakses, melalui situs resmi LPDP atau langsung melalui tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Proses pendaftaran akan berlangsung hingga tanggal 12 Februari 2024 untuk tahap pertama, serta tahap kedua akan dibuka pada periode 19 Juni hingga 18 Juli 2024.

Masyarakat Indonesia yang berminat, dapat mengambil langkah pertama menuju perolehan beasiswa dengan mendaftar secara daring atau online. Untuk memotivasi calon pendaftar, akun media sosial resmi @LPDP_RI di Instagram menuliskan, “Beasiswa LPDP 2024 Dibuka! Semangaaat pagi para pejuang! Jadikan hari ini sebagai titik bersejarah untukmu, LPDPrens! Beranikan diri untuk ambil langkah pertama menuju masa depan yang lebih baik.”

Jadwal pendaftaran beasiswa LPDP 2024 dibagi menjadi tiga tahap, di mana tahap 1 dimulai dari Januari hingga Juni 2024, sementara tahap 2 akan berlangsung dari Juni hingga November 2024. Beasiswa prioritas tahap 1 yang mencakup 12 jenis beasiswa, telah dibuka sejak Januari dan akan ditutup pada Juni 2024. Selain memberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa reguler, LPDP juga menawarkan beasiswa perguruan tinggi utama dunia, beasiswa afirmasi dan beasiswa khusus untuk anggota Polri, TNI dan PNS.

3 dari 4 halaman

Cara Mendaftar dan Syaratnya

Pendaftaran Beasiswa LPDP dapat dilakukan dengan mudah melalui langkah-langkah berikut:

1. Akses laman pendaftaran Beasiswa LPDP melalui tautan https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.Pilih opsi “Beasiswa LPDP.”

2. Jika belum memiliki akun, klik opsi “Belum punya akun? Buat akun disini.”

3. Ikuti langkah-langkah yang muncul, termasuk mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai.

4. Setelah mengisi formulir, klik ‘buat akun.’Pastikan tidak membuat lebih dari satu akun, karena akan diverifikasi melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK).

5. Isi form pendaftaran dengan informasi yang benar dan sesuai dengan keadaan.

6. Lampirkan dokumen pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, pas foto terbaru, surat keterangan sehat, surat rekomendasi, surat usulan (jika berstatus PNS, CPNS, atau anggota POLRI), LoA (Letter of Acceptance), esai komitmen kembali ke Indonesia dan sertifikat bahasa (IELTS atau TOEFL).

7. Unggah ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir dan diterjemahkan.

8. Siapkan diri untuk menjalani beberapa tahap seleksi, termasuk Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik dan Seleksi Substansi.

Syarat Umum Beasiswa LPDP:

Untuk memastikan kelayakan dalam mendaftar Beasiswa LPDP, perhatikan syarat umum berikut:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor.
  3. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister atau doktor.
  4. Tidak sedang mendaftar atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding, selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  5. Memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, pada masing-masing program beasiswa.
  7. Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.
  8. Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.
  9. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi dan rencana kontribusi di Indonesia.
  10. Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL) sesuai dengan persyaratan masing-masing program.
  11. Dengan memenuhi semua syarat di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjadi penerima Beasiswa LPDP yang bergengsi.
4 dari 4 halaman

Program Beasiswa yang Dibuka pada 2024

Program Umum

  1. Beasiswa Reguler
  2. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia
  3. Beasiswa Parsial

Program Afirmasi

  1. Beasiswa Penyandang Disabilitas
  2. Beasiswa Putra-putri Papua
  3. Beasiswa Daerah Afirmasi
  4. Beasiswa Prasejahtera

Program Targeted

  1. Beasiswa PNS, TNI, POLRI
  2. Beasiswa Kewirausahaan
  3. Beasiswa Pendidikan Kader Ulama
  4. Beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis
  5. Beasiswa Doktor Talenta Riset dan Inovasi Nasional
  6. Beasiswa Prioritas LPDP - NTU Program MBA
  7. Beasiswa Prioritas LPDP - NTU Program Doktor
  8. Beasiswa Prioritas LPDP - Campus France Program Master
  9. Beasiswa Prioritas LPDP - UC Davis Program Doktor
  10. Beasiswa Prioritas LPDP - UNSW Program Doktor
  11. Beasiswa Prioritas Diktiristek-LPDP-OKP Program Master
  12. Beasiswa Proritas LPDP - NUS Program Master Bidang Kewirausahaan

Program Double Degree/Joint Degree

Info selengkapnya Kunjungi https://lpdp.kemenkeu.go.id/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.