Sukses

66 Socrates Quotes yang Bijak dan Penuh Arti, Tingkatkan Kualitas Diri

Socrates quotes

Liputan6.com, Jakarta Socrates adalah seorang filsuf Yunani kuno yang dikenal dengan kutipan-kutipan bijaknya, di mana memuat pesan-pesan mendalam tentang kehidupan. Socrates quotes tidak hanya menginspirasi dan memberikan motivasi, tetapi juga mengajarkan kita untuk merenungkan makna hidup secara lebih mendalam.

Salah satu Socrates quotes yang terkenal adalah, "The only true wisdom is in knowing you know nothing." Kutipan ini mengajarkan kita untuk tetap rendah hati dan terbuka terhadap pengetahuan baru, serta tidak terlalu percaya pada apa yang kita anggap sudah benar.

Selain itu, Socrates juga pernah mengatakan, "An unexamined life is not worth living." Socrates quotes ini mengajak kita untuk selalu merenungkan diri dan melakukan introspeksi terhadap hidup kita, agar kita dapat hidup dengan tujuan yang lebih bermakna.

Kutipan bijak lainnya yang tidak kalah penting adalah, "To find yourself, think for yourself." Kata-kata ini mengajarkan kita untuk tidak mudah terpengaruh oleh pemikiran orang lain, melainkan juga membangun pemikiran kita sendiri serta mencari jati diri kita sendiri.

Berikut ini kumpulan Socrates quotes yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/1/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Socrates Quotes dan Artinya, Bikin Bijak

1. "The only true wisdom is in knowing you know nothing." - "Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak tahu apa-apa."

2. "An unexamined life is not worth living." - "Hidup yang tidak diperiksa tidak layak untuk dijalani."

3. "True knowledge exists in knowing that you know nothing." - "Pengetahuan sejati ada dalam mengetahui bahwa Anda tidak tahu apa-apa."

4. "He is richest who is content with the least, for content is the wealth of nature." - "Dia adalah orang terkaya yang puas dengan sedikit, karena kepuasan adalah kekayaan alam."

5. "The secret of change is to focus all of your energy, not on fighting the old, but on building the new." - "Rahasia perubahan adalah fokus semua energi Anda, bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru."

6. "To find yourself, think for yourself." - "Untuk menemukan diri Anda sendiri, berpikirlah untuk diri Anda sendiri."

7. "Understanding a question is half an answer." - "Memahami sebuah pertanyaan adalah setengah jawaban."

8. "The only good is knowledge and the only evil is ignorance." - "Kebaikan satu-satunya adalah pengetahuan dan kejahatan satu-satunya adalah ketidaktahuan."

9. "Wonder is the beginning of wisdom." - "Kepandaian dimulai dari keajaiban."

10. "To fear death, my friends, is only to think ourselves wise, without being wise, for it is to think that we know what we do not know. For anything that men can tell, death may be the greatest good that can happen to them." - "Takut akan kematian, teman-temanku, hanya berarti memikirkan diri kita bijaksana, tanpa sebenarnya bijaksana, karena itu berarti kita mengira kita tahu apa yang tidak kita ketahui. Bagi siapapun mendengar, kematian mungkin adalah kebaikan terbesar yang bisa terjadi pada mereka."

11. "By all means, marry. If you get a good wife, you’ll become happy. If you get a bad one, you’ll become a philosopher."

"Dengan segala cara, menikahilah. Jika Anda mendapatkan istri yang baik, Anda akan menjadi bahagia. Jika Anda mendapatkan istri yang buruk, Anda akan menjadi seorang filsuf."

12. "Strong minds discuss ideas, average minds discuss events, weak minds discuss people."

"Pikiran-pikiran yang kuat membahas ide, pikiran rata-rata membahas peristiwa, pikiran yang lemah membahas orang."

13. "The only true wisdom is knowing that you know nothing."

"Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah menyadari bahwa Anda tidak tahu apa-apa."

14. "I am not an Athenian or a Greek, but a citizen of the world."

"Saya bukan orang Athena atau Yunani, tetapi warga dunia."

15. "The secret of change is to focus all of your energy not on fighting the old, but on building the new."

"Rahasia dari perubahan adalah fokus semua energi Anda bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru."

16. "Education is the kindling of a flame, not the filling of a vessel."

"Pendidikan adalah menyalakan api, bukan mengisi wadah."

17. "Envy is the ulcer of the soul."

"Iri adalah sifat yang merusak jiwa."

18. "The only good is knowledge and the only evil is ignorance."

"Satu-satunya kebaikan adalah pengetahuan dan satu-satunya kejahatan adalah kebodohan."

19. "Our prayers should be for blessings in general, for God knows best what is good for us."

"Doa kita seharusnya untuk berkat secara umum, karena Allah yang paling tahu apa yang baik untuk kita."

20. "The shortest and surest way to live with honor in the world is to be in reality what we would appear to be."

"Cara paling singkat dan pasti untuk hidup dengan martabat di dunia adalah menjadi sesungguhnya apa yang kita ingin munculkan."

21. "The only true wisdom is in knowing you know nothing." - "Satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak tahu apa-apa."

22. "An unexamined life is not worth living." - "Hidup yang tidak diperiksa tidak layak untuk dijalani."

23. "To find yourself, think for yourself." - "Untuk menemukan diri Anda, berpikirlah sendiri."

24. "I cannot teach anybody anything. I can only make them think." - "Saya tidak bisa mengajari seseorang apa pun. Saya hanya dapat membuat mereka berpikir."

25. "Wisdom begins in wonder." - "Kebijaksanaan dimulai dari keajaiban."

26. "He who is not contented with what he has, would not be contented with what he would like to have." - "Orang yang tidak puas dengan apa yang dimilikinya, tidak akan puas dengan apa yang ingin ia miliki."

27. "Be kind, for everyone you meet is fighting a hard battle." - "Bersikaplah baik, karena setiap orang yang Anda temui sedang menjalani perjuangan yang sulit."

 

3 dari 4 halaman

Socrates Quotes yang Singkat, Penuh Arti

1. "Kehidupan yang tidak diperiksa tidak layak untuk dijalani."

2. "Katakanlah yang benar, jangan peduli apapun yang terjadi."

3. "Tahu apa yang tidak kamu ketahui adalah awal dari kebijaksanaan."

4. "Diam itu lebih baik dari pada mengucapkan kata-kata yang sia-sia."

5. "Aku hanya tahu bahwa aku tidak tahu apa-apa."

6. "Hidup yang tidak diperbesar oleh cinta itu bukanlah sebuah hidup."

7. "Mengetahui apa yang benar adalah mengutamakan kebahagiaan."

8. "Kebijaksanaan mulai dengan ketakutan akan Tuhan."

9. "Kebenaran bukanlah milik siapapun, kecuali bagi orang yang mencarinya."

10. "Kita yang berpendidikan harus melakukan tugas-tugas yang sulit dan tampaknya tidak mungkin."

11. "Cinta adalah keinginan untuk kebaikan."

12. "Orang yang mengetahui benar dari salah adalah lebih kuat dari mereka yang kuat dari lemah."

13. "Jangan menjadi seseorang yang nantinya menyesalinya."

14. "Yang hidup mencari kehormatan, yang mati mencari ketenangan."

15. "Rahasia kebahagiaan bukanlah dalam kepemilikan, tetapi dalam memberikannya."

16. "Ketetapan hati itu berarti menjaga keseimbangan pikiran, jiwamu dan tubuhmu."

4 dari 4 halaman

Socrates Quotes, Tingkatkan Kualitas Diri

1. "The only true wisdom is in knowing you know nothing." - "Hanya kebijaksanaan yang sejati adalah dengan mengetahui bahwa kamu tidak tahu apa-apa."

2. "An unexamined life is not worth living." - "Sebuah kehidupan yang tidak diperiksa tidak layak untuk dijalani."

3. "Be kind, for everyone you meet is fighting a hard battle." - "Bersikaplah baik, karena setiap orang yang kamu temui sedang berjuang dalam pertempuran yang keras."

4. "To find yourself, think for yourself." - "Untuk menemukan dirimu sendiri, pikirkanlah dengan dirimu sendiri."

5. "The secret of change is to focus all of your energy, not on fighting the old, but on building the new." - "Rahasia perubahan adalah fokus semua energimu, bukan untuk melawan yang lama, tetapi untuk membangun yang baru."

6. "When the debate is lost, slander becomes the tool of the loser." - "Ketika debat sudah kalah, fitnah menjadi alat bagi orang yang kalah."

7. "By all means, marry. If you get a good wife, you'll become happy; if you get a bad one, you'll become a philosopher." - "Dengan segala cara, menikahlah. Jika kamu mendapatkan istri yang baik, kamu akan menjadi bahagia; jika kamu mendapatkan istri yang buruk, kamu akan menjadi seorang filsuf."

8. "He who is not contented with what he has, would not be contented with what he would like to have." - "Orang yang tidak puas dengan apa yang dia miliki, tidak akan puas dengan apa yang dia inginkan."

9. "The greatest way to live with honor in this world is to be what we pretend to be." - "Cara terbesar untuk hidup dengan kehormatan di dunia ini adalah menjadi apa yang kita pura-pura menjadi."

10. "I cannot teach anybody anything. I can only make them think." - "Saya tidak dapat mengajarkan apapun kepada siapapun. Saya hanya bisa membuat mereka berpikir."

11. "Worthless people live only to eat and drink; people of worth eat and drink only to live." - "Orang yang tidak berguna hanya hidup untuk makan dan minum; orang berharga makan dan minum hanya untuk hidup."

12. "Strong minds discuss ideas, average minds discuss events, weak minds discuss people." - "Pikiran yang kuat membahas ide-ide, pikiran sedang membahas peristiwa, pikiran yang lemah membahas orang."

13. "The envious person grows lean with the fatness of their neighbor." - "Orang yang iri menjadi kurus dengan kegemukan tetangganya."

14. "The hour of departure has arrived, and we go our ways - I to die, and you to live. Which is better God only knows." - "Saat keberangkatan telah tiba, dan kita pergi ke jalan masing-masing - aku untuk mati, dan kau untuk hidup. Yang mana yang lebih baik, hanya Tuhan yang tahu."

15. "Understanding a question is halfway to understanding the answer." - "Memahami pertanyaan adalah separuh dari memahami jawabannya."

16. "Wonder is the beginning of wisdom." - "Kesimpulan adalah awal dari kebijaksanaan."

17. "The unexamined life is not worth living." - "Kehidupan yang tidak pernah diperiksa tidak layak untuk hidup."

18. "The way to gain a good reputation is to endeavor to be what you desire to appear." - "Cara untuk mendapatkan reputasi yang baik adalah berusaha menjadi apa yang kamu ingin terlihat."

19. "The only true wisdom is in knowing you know nothing." - "Hanya kebijaksanaan yang sejati adalah dengan mengetahui bahwa kamu tidak tahu apa-apa."

20. "To find yourself, think for yourself." - "Untuk menemukan dirimu sendiri, pikirkanlah dengan dirimu sendiri."

21. "The unexamined life is not worth living." (Hidup tanpa introspeksi tidak layak untuk dijalani.)

22. "True knowledge exists in knowing that you know nothing." (Pengetahuan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak tahu apa-apa.)

23. "An honest man is always a child." (Seorang yang jujur selalu seperti anak kecil.)

24. "The only true wisdom is in knowing you know nothing." (Hanya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa Anda tidak tahu apa-apa.)

25. "To find yourself, think for yourself." (Untuk menemukan diri Anda sendiri, pikirkanlah untuk diri sendiri.)

26. "Employ your time in improving yourself by other men's writings so that you shall come easily by what others have labored hard for." (Manfaatkan waktu Anda untuk meningkatkan diri dengan membaca tulisan-tulisan orang lain sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan apa yang telah dipelajari orang lain dengan susah payah.)

27. "Be as you wish to seem." (Jadilah seperti yang Anda inginkan terlihat.)

28. "He is richest who is content with the least, for content is the wealth of nature." (Orang yang paling kaya adalah orang yang puas dengan sedikit, karena kepuasan adalah kekayaan alam.)

29. "I cannot teach anybody anything. I can only make them think." (Saya tidak bisa mengajari seseorang apa pun. Saya hanya dapat membuat mereka berpikir.)

30. "By all means, marry. If you get a good wife, you’ll become happy; if you get a bad one, you’ll become a philosopher." (Mari menikah. Jika Anda mendapatkan istri yang baik, Anda akan bahagia; jika Anda mendapatkan istri yang buruk, Anda akan menjadi seorang filsuf.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.