Sukses

Kiki Fatmala Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Perjuangannya Melawan Kanker Paru-Paru

Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat (1/12/2023) karena komplikasi akibat kanker.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari industri hiburan Tanah Air. Artis senior Kiki Fatmala meninggal dunia di usia 56 tahun pada Jumat (1/12/2023) karena komplikasi akibat kanker. Kabar tersebut disampaikan oleh keluarga Kiki Fatmala lewat media sosial Instagram.

Ozy Syahputra yang merupakan sahabat dekat Kiki Fatmala juga sampaikan berita duka ini. 30 tahun bersahabat, bintang sinetron Si Manis Jembatan Ancol itu tentunya sangat kehilangan sosok Kiki Fatmala.

Terhitung sudah 2 tahun Kiki Fatmala berjuang melawan penyaki yang dideritanya. Dalam unggahan di instagram pribadinya dia pernah mengaku, Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 sejak 19 November 2021.

Beragam upaya dilakukan Kiki Fatmala agar sembuh dari kanker. Bahkan Kiki pernah ungkap bahwa ia sudah mempersiapkan makam dan warisan dalam masa ia menjalani pengobatan kanker.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang fakta perjuangan Kiki Fatmala melawan penyakit kanker paru, Jumat (1/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Awal Didiagnois Kanker Paru-Paru

Dalam unggahan video pada Kamis (21/4/2022), Kiki menceritakan mengenai awal dirinya mengetahui jika mengidap kanker paru-paru. Kiki Fatmala pun baru mengetahui jika dirinya mengidap kanker paru stadium 4 pada 19 November 2021.

"19 November 2021 hari dimana semuanya berubah. Itu adalah hari di mana saya didiagnosis menderita Kanker Paru-Paru Stadium IV. Saya menyadari bahwa tidak ada yang akan pernah sama dan bahwa Hidup Terbagi menjadi 2 bagian : Sebelum dan Setelah ini" tulisnya.

3 dari 7 halaman

2. Jalani Pengobatan di Singapura

Setelah didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4, Kiki Fatmala kemudian menjalani pengobatan di Singapura. Usai 5 bulan menjalani pengobatan, Kiki Fatmala kemudian ungkap kabar tersebut kepada publik, tepatnya pada April 2022.

Selama 5 bulan terakhir, Kiki Fatmala dengan gigih berjuang menjalani rangkaian perawatan termasuk biopsi, SABR (Sterotactic Ablative Body Radiotherapy) guna menghentikan penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hingga kemoterapi.

4 dari 7 halaman

3. Jalani 5 Kali Radiasi untuk Kecilkan Ukuran Kanker

Dalam video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV pada Jumat (13/5/2022), Kiki Fatmala ungkap jika ukuran kankernya sebesar ponsel dan menutupi saluran pernapasan. Oleh karena itu dokter merekomendasikan metode pengobatan kemoterapi, namun Kiki Fatmala sempat menolak.

“Aku cuma banyak mengucap syukur karena pagi-pagi aku masih bisa napas. Bangun pagi, yang kata dokter, kanker aku tuh besarnya sudah sebesar handphone ada di belakang, yang hampir menutupi saluran pernapasan,” jelasnya.

Didampingi suami, sebelum dikemoterapi, tubuh aktris kelahiran Jakarta, 26 Oktober 1969, itu diradiasi berkali-kali untuk mengecilkan ukuran kanker di tubuh Kiki yang ukurannya sebesar ponsel.

“Pertama kali di Singapura tuh, aku diradiasi. Jadi yang (semula) sebesar handphone kanker aku di belakang itu dikecilin dulu. Setelah 5 kali radiasi baru kemoterapi dilakukan pertama kali,” Kiki Fatmala membeberkan. Setelah enam sesi kemoterapi rambutnya tidak rontok.

“Waktu kemoterapi pertama, rambut aku enggak rontok sama sekali. Aduh, aku bersyukur banget. Biasanya kata orang, tidur saja di bantal rambut pada copot. Waktu mandi, rambut banyak yang rontok tapi rambut aku enggak,” ujarnya.

5 dari 7 halaman

4. 6 Kali Kemoterapi dan Status Kankernya Nonaktif

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV pada Jumat (13/5/2022), Kiki Fatmala menceritakan bagaimana kondisi paru-parunya setelah menjalani Pap-Scan. Pap-scan adalah pemeriksaan medis untuk menunjukkan seberapa bagus organ tubuh bekerja dan penampakannya kini.

“Dokter bilang sih setelah 6 kali kemoterapi, hasilnya sudah bagus. Ini sudah tidak bisa lebih bagus dari ini lagi. Jadi kankernya, istilah kedokterannya, sudah tidur. Nonaktif, sudah enggak ganas lagi,” kata Kiki Fatmala.

Meski telah jalani 6 kali kemoterapi dan kankernya sudah nonaktif, Kiki Fatmala masih ke rumah sakit tiga minggu sekali. Artis kelahiran 26 Oktober 1969 ini telaten menjalani beragam pemeriksaan untuk memastikan sel kanker di tubuhnya nonaktif.

“Makanya aku sekarang masih tetap pakai namanya imunologi. Jadi setiap per tiga minggu diinfus lagi. Itu aku pakai sekarang per tiga minggu,” pungkasnya.

6 dari 7 halaman

5. Rutin Olahraga

Ditemui pada November 2022 lalu, Kiki Fatmala ungkap syukur mendapat dukungan dalam melawan kanker. Melansir dari berbagai sumber, Kiki kembali rutin menjalani olahraga dan menerapkan pola hidup yang baik usai kembali sehat. Namun olahraganya harus lebih rileks dan tidak boleh capek.

"Enggak tau, setiap ngomongin sakit aku kayak mau nangis. Aku sangat bersyukur sekarang bisa ada di sini, seperti ini, itu karena pertolongan Tuhan," ucapan Kiki Fatmala Kamis (10/11/2022) lalu.

7 dari 7 halaman

6. Meninggal Dunia karena Komplikasi Akibat Kanker

Kiki Fatmala meninggal dunia karena komplikasi akibat kanker pada Jumat (1/12/2023). Kabar tersebut tentunya mengejutkan banyak pihak, karena dalam unggahannya sebulan terakhir, Kiki Fatmala tampak bugar.

“Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang, Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun kaena komplikasi akibat kanker,” tulis pihak keluarga Kiki Fatmala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.