Sukses

Jenis-Jenis Pukulan dalam Olahraga Tinju dan Gerakannya untuk Pemula

Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju ada beragam dengan fungsinya masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju perlu dipahami oleh para pencinta olahraga pertarungan ini. Tinju adalah salah satu bentuk seni bela diri yang menampilkan pertarungan antara dua individu dengan badan berat serupa.

Tinju adalah olahraga pertarungan yang dilakukan di ring persegi antara dua orang dengan memukul satu sama lain mengenakan sarung tangan khusus. Olahraga tinju biasanya terdiri dari ronde maksimum 12 dengan durasi 3 menit setiap rondenya. Seorang Wasit akan mengawasi sepanjang pertarungan. Adapun peralatan yang digunakan dalam tinju ialah sarung tangan pelindung khusus (hand wrap), pelindung gigi, dan pelindung kemaluan atau groin protector.

Petarung atau petinju umumnya akan berupaya memukul lawannya guna mencetak angka dan meraih kemenangan. Melatih dan menyempurnakan pukulan menjadi kunci keberhasilan bagi para petinju. Dalam olahraga tinju, pukulan adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki seorang petinju.

Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju ada beragam dengan fungsinya masing-masing. Ada yang sifatnya tiba-tiba, dengan jangkauan pendek dan cepat, serta mengarah ke bagian wajah lawan. Ada pula yang memanfaatkan siku dengan gerakan memutar.

Pukulan-pukulan tersebut dilakukan untuk menguji pertahanan lawan, mengalihkan fokus lawan, membangun serangan, hingga merespons pukulan lawan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/11/2023) tentang jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Jab

Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju yang pertama adalah jab. Jab termasuk ke dalam jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju yang paling dasar dan penting untuk seorang petinju. Jab merupakan pukulan yang sifatnya cepat dan mengarah lurus ke bagian wajah musuh. Jab  tidak membutuhkan gerakan berat dari petinju. Di samping itu, pukulan jenis ini juga hampir tak menyisakan ruang bagi musuh untuk melancarkan serangan balik.

Saat melakukan pukulan jab dengan salah satu tangan, petinju dapat menaikkan bahu depannya guna menjaga rahang dari potensi pukulan musuh dan membiarkan tangan lainnya tetap berada di dekat wajah. Usai pukulan dilontarkan, petinju dapat kembali meletakkan tangan ke posisi semula guna menjaga wajah dan rahang.

Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju satu ini dinilai mampu meminimalisasi celah bagi lawan untuk balik menyerang. Pukulan jab umumnya digunakan untuk memperkirakan jarak antara petinju dengan lawan, menguji pertahanan lawan, mengganggu fokus lawan, dan menyiapkan pukulan yang lebih berat serta kuat.

3 dari 5 halaman

2. Hook

Hook merupakan salah satu jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju yang perlu kamu kenali. Hook merupakan pukulan setengah memutar yang digunakan untuk menyerang bagian sisi wajah atau kepala lawan. Pukulan ini dilakukan dengan kondisi siku terlipat dan tangan mengepal yang menghadap ke arah bawah.

Ketika melakukan hook, batang tubuh dan pinggul petinju umumnya diputar searah jarum jam. Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju ini juga diklaim sebagai salah satu jenis pukulan yang paling efektif digunakan dalam olahraga tinju.

Terdapat pula variasi pukulan hook yang berfokus untuk menyerang tubuh bagian bawah lawan. Teknik ini lebih sering disebut sebagai rip untuk membedakannya dari hook jenis tradisional.

4 dari 5 halaman

3. Cross

Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju selanjutnya adalah cross, yaitu alternatif pukulan lurus yang sifatnya kuat dan lugas, serta dilemparkan dari tangan bagian belakang. Ketika melakukan cross, petinju akan melemparkan punggung tangannya dari arah rahang, lalu mendorong bahu belakang ke depan hingga mencapai dagu.

Dalam pukulan cross, berat akan dipindahkan dari kaki belakang ke kaki depan. Dengan demikian, tumpuan pijakan berada pada salah satu kaki. Jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju ini juga disebut memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding jab.

Untuk semakin meningkatkan kekuatan dan kecepatan pada cross, petinju dapat melakukan gerakan setengah melangkah. Adapun, pukulan jenis cross umumnya digunakan sebagai serangan balik untuk melawan pukulan jab.

5 dari 5 halaman

4. Uppercut

Uppercut merupakan jenis-jenis pukulan dalam olahraga tinju yang sangat penting dipelajari oleh petinju. Uppercut adalah pukulan vertikal dari bagian bawah yang mengarah naik ke wajah lawan.  Pukulan ini bertujuan untuk mengangkat tubuh lawan dan membuatnya menjadi tidak seimbang.

Kombinasi pukulan uppercut kanan dan hook kiri umumnya jadi hal yang mematikan dalam olahraga tinju. Uppercut berguna untuk mengangkat dagu lawan ke posisi rentan, sementara hook bermanfaat untuk menjatuhkan lawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.