Sukses

Ciri-Ciri Percaya Diri Nih, Mana yang Pengen Kamu Dapetin?

Bukan rahasia lagi kalo percaya diri jadi salah satu sifat yang paling penting buat kehidupan. Percaya diri jadi kunci utama buat ngejalanin segala aktivitas.

Liputan6.com, Jakarta Udah bukan rahasia lagi kalo percaya diri jadi salah satu sifat yang paling penting buat kehidupan. Mereka yang punya sifat ini akan cenderung lebih bahagia, sukses, dan produktif dalam segala aspek kehidupannya. Sayangnya, nggak semua orang dilahirin dengan percaya diri. Dalam beberapa situasi, kita bisa ngerasa percaya diri, tapi di situasi lain, jadi nggak percaya diri. Padahal percaya diri jadi kunci utama buat ngejalanin segala aktivitas. Untungnya, kepercayaan diri juga bisa dipelajarin.

Nih, hal-hal penting yang bisa kamu pelajarin buat manfaatin potensi diri.

Dampak Nggak Percaya Diri

Rasa percaya diri, bahkan kalo sampe bikin minder dan nggak pede pastinya punya dampak negatif buat kehidupanmu. Salah satunya bikin gampang cemas dan stres, karena kamu pasti jadi nggak yakin buat megang tanggung jawab dan aktivitas kayak biasa. Malah, buruknya lagi, kurang percaya diri bisa ngehambat produktivitas mu secara profesional. Nggak mau kan jadi stuck?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Kalo Percaya Diri

Kalo punya rasa percaya diri pasti bakal ngerasain manfaat baik dari sifatnya. Dengan rasa percaya diri yang dimiliki, akan mudah buat seseorang make kemampuan dan kompetensi yang dimiliki Jadi, semua rencana dalam hidup bisa dijalanin. Misalnya ada kesempatan dalam peningkatan karier, mudah bergaul dan berteman dengan banyak orang, serta mampu mengekspresikan dirinya dengan baik. Jadi, rasa percaya diri penting untuk buat mengurangi rasa minder dan takut ketika melakukan suatu hal baru.

Ciri-Ciri Percaya Diri pada Seseorang

Buat ningkatin rasa percaya dirimu, coba deh implementasiin hal-hal ini:

1. Fokus Mecahin Masalahnya

Masalah yang kamu alamin kadang jadi hambatan buat mencapai keberhasilan. Tapi,kalo punya rasa percaya diri dan berpikir positif, kamu bakal bisa nemuin solusi atau jalan keluar.

2. Pake Bahasa Positif Buat Inspirasi

Milih bahasa yang positif jadi ciri sikap percaya diri berikutnya. Bahasa yang positif berarti perkataan dan bentuk interaksi apapun yang sopan dan membangun. Selain itu, bahasa positif juga bisa dipake buat afirmasi diri dari pencapaian-pencapaianmu.

3. Bahasa Tubuh Juga Harus Positif

Bahasa tubuh jadi hal menonjol yang diperhatikan orang lain waktu komunikasi. Makanya, bahasa tubuh yang positif akan bikin lawan bicara merasa nyaman dan senang. Tapi, bahasa tubuh yang negatif bisa memunculkan rasa kecewa pada lawan bicara.

4. Refleksi Diri Biar Lebih Baik Lagi

Sikap perilaku percaya diri bukan semata-mata tentang cara berinteraksi dengan orang lain, tapi mencakup hubungan batin dengan diri sendiri juga. Makanya, introspeksi diri jadi salah satu cara penting untuk perbaikan diri. Dengan menilai kelemahan diri secara jujur, kamu bakal paham akan kemampuan apa saja yang perlu kamu kembangin. Habis itu, bisa deh mengubah kelemahan jadi kekuatan.

5. Ikutan Ngumpul Gaul Bareng Orang yang Percaya Diri

Lingkungan bisa jadi pengaruh besar buat ngebentuk kepercayaan diri seseorang. Makanya, orang yang percaya diri biasanya akan bisa lebih berani kalau mereka didukung juga sama lingkungan yang suportif dan satu tujuan.

6. Nggak Perlu Takut dan Overthinking

Rasa takut dan overthinking emang jadi musuh besar buat numbuhin rasa percaya diri. Karena rasa takut yang berlebihan itu malah bisa bikin seseorang jadi nggak berani berinteraksi dengan orang lain atau bahkan jadi takut melakukan sesuatu karena udah takut gagal duluan.

7. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Nggak cuma sehat mentalnya. Rasa percaya diri juga bisa tumbuh dengan lebih gampang kalau kita juga sehat fisiknya. Dengan olahraga yang teratur, nutrisi yang tepat, dan istirahat yang cukup, pasti bakal lebih nyaman dengan dirimu sendiri.

Nah, udah paham dong sekarang sama tips biar jadi lebih percaya diri. Bahkan kamu juga tau manfaat dan dampak dari nggak percaya diri. Mulai sekarang, jangan ragu lagi buat terus membangun potensi yang dimiliki. Semoga sukses dan selalu pede di manapun kamu berada!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.